Sabtu, 19 Januari 2019 WIB

Ganti Presiden dan BBM Naik Hiasi Ceramah Maulid Nabi Muhammad di Jakarta

Oleh : Abuzakir Ahmad | Senin, 07 Januari 2019 | 15:37 WIB


(Foto: PJ/ Zaki) Habib Zain (kiri) dan Habib Assegaf (tengah) pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di Kampung Kapitan Rt 09/RW 04 Jalan Pahlawan Revolusi Duren Sawit Jakarta Timur Jumat ( 4/1)

POROSJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tidak lepas dari menceritakan kisah-kisah perjuangan Nabi Muhammad hingga diangkat menjadi Rasul pilihan Allah. Namun pada awal tahun 2019, jelang Pilpres, semua orang tertuju pada suasana pesta demokrasi. Tak heran penceramah pun terjebak dalam politik hingga menyelipkan kalimat "Ganti Presiden".

Acara yang berlagsung di Kampung Kapitan RT 09/RW 04, Jalan Pahlawan Revolusi, Duren Sawit Jakarta Timur (kediaman Alek Kosasih) pada Jumat (5/1/2019) itu, menghadirkan Al Habib Segap Bin Umar selaku pimpinan Majelis Dzikir Mahabbatussholihin. Penceramah Al Habib Abdul Qadir Bin Alwy Asegaf, KH. Wahab Hamzah dan Al Habib Zain Bin Umar.

Hadir pula Drs H. Mujib, Sag (guru pembimbing), Drs. H. Suherman (ketua panitia), Alek Kosasih (penasehat), tokoh masyarakat dan para Habib.

Al Habib Zain Bin Umar dalam ceramah menyampaikan, seperti yang dikatakan oleh Sayidina Abubakar r.a ketika Sayidina Muhammad yang wangi dalam hidupnya dan wangi setelah wafat. Itu yang membuat suatu kampung bisa wangi karena berkumpulnya orang-orang pada saat Maulid Nabi yang diperingati setiap tahun.

"Mudah-mudahan mati kite, hidup kite nama kite menjadi harum karena wewangian baginda Muhammad Saw," kata Habib Zain dalam dialog Betawi.

Menurutnya, Nabi Muhammad adalah orang yang sangat tegas, beliau berdakwah penuh tantangan dan ujian. Dicela, bahkan ingin dibunuh. Juga terusir dari kampungnya, tempat kelahirannya Kota Mekah.

Suasana Maulid Nabi Muhammad Saw di di Kampung Kapitan Rt 09/RW 04 Jalan Pahlawan Revolusi Duren Sawit Jakarta Timur Jumat ( 4/1)  (Foto : PJ/Zaki)

Begitu beratnya perjuangan Nabi saat itu. Lalu Allah memberikan obat atau petunjuk kepada Nabi agar bisa mencontoh perjuangan Nabi-Nabi sebelumnya. Diceritakan, bagaimana Nabi Musa melawan Fir'aun, Nabi Luth melawan ummatnya dan lain-lainnya.

Artinya, cerita para Nabi-Nabi didalam dakwah terhadap ummatnya adalah untuk menambahkan, mengkokohkan dihati ummat Nabi Muhammad untuk memiliki semangat juang didalam medakwahkan "Lailahaillah Muhhamdarrasulullah".

"Beliau adalah sebaik-baiknya Nabi dan Rasul. Tidak ada yang lebih baik dari Nabi dan Rasul, melainkan baginda Nabi Muhammad Saw. Bahkan beliau berkata, Aku adalah pemimpin ummat manusia kelak. Semua bendera para Nabi dan Rasul berada dibawah bendera Rasulullah, "katanya.

Mengenang bagaimana perjuangan Nabi Muhammad itu membuat kaum Muslimin lebih semangat dalam berjuang, bagaimana Nabi Muhammad tidak peduli ketika mendapat risalah, ketika harus mendakwahkan.

Dalam kisah, pada kelahiran Nabi, Abu Lahab dikabarkan oleh Toyebah, saudarinya Siti Aminah telah melahirkan anak laki-laki yang bernama Muhammad. Abu Lahab pun langsung membebaskan budaknya, Toyebbah itu karena memberikan kabar gembira tentang kelahiran Nabi.

Tidak ada yang berharga bagi seorang budak kecuali merdeka, sekali pun dia memiliki harta berlimpah. Tetapi kalau masih budak, masih hina dimata masyarakat dan dimata sosial.

Sebelum Nabi berumur 40 tahun, Nabi memiliki kehidupan dibangsa tersebut disukai, dicintai, dihormati, bahkan mendapat gelar Al Amin. Tapi Ketika umur 40 tahun dan diutus oleh Allah, Nabi tidak peduli itu semua.

Allah menyuruh Nabi untuk memberitakan kepada mereka tentang ajaran yang hak, maka Nabi Muhammad sampaikan. Nabi mengajak keluarganya, sahabatnya, ummatnya untuk berada di jalan Allah. Walau pun dimusuhi termasuk pamannya sendiri, Abu Lahab yang menyayangi dan mencintai Nabi sebelum diutus.

Imam Bukhari menceritakan, Sayidina Abbas bermimpi jumpa Abu Lahab setelah wafat. Dalam mimpi itu Sayidina Abbas menyakan apa yang Allah berikan kepada Abu Lahab. Abu Lahab menjawab, dia disiksa setiap hari, kecuali hari Senin dirinya diringankan siksaannya. Yaitu air yang jernih keluar dari dua jemarinya dan dia meminumnya. Ditanya sebabnya, karena Abu Lahab gembira ketika mendengar kabar kelahiran Nabi Muhammad.

Abu Lahab sangat jahat kepada Nabi ketika Nabi diutus. Lalu Allah memberitahukan, seperti yang terdapat dalam Surat Al-Lahْab "tabbat yadā abī lahabiw wa tabb" Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia.

"Ini menjadi pelajaran buat kita, bagaimana Abu Lahab sangat jahat. Nabi tidak peduli menyampaikan hak sekalipun kepada pamannya yang saat itu mencintai beliau. Nabi tidak peduli lo siapa. Kalau hak adalah hak dan bathil adalah bathil. Hak dan Bathil tidak akan pernah bersatu, "terangnya.

Nabi menyampaikan yang hak kepada kaum kafir Qurais, saat itu Nabi seorang diri. Beliau masih ada kakeknya tapi kakeknya sudah tiada. Ada pamannya Abu Thalib yang gigih membela Nabi Muhammad. Tapi Abu Thalib tidak bisa menjamin keselamatan Nabi Mohammad Saw.

Kata Habib Zain, mengangkat kisah-kisah perjuangan Nabi Muhammad itu sangat penting karena kaum Muslimin memiliki tugas mulia dalam menghadapi akhir zaman ini.

Sabda Nabi "Segeralah kamu beramal saleh karena akan terjadi satu ujian yang sangat berat atas kalian. Seperti sepenggalan malam yang gelap-gulita, tidak bisa bedakan mana yang hak dan mana yang bathil, mana ulama yang benar dan yang buruk.

Pagi beriman dan sore harinya kafir atau murtad, keluar dari Islam. Ini zaman sekarang, bisa dilihat hanya karena sembako orang tersebut keluar dari Islam dan itu banyak.

Allah berfirman "Kalian ini adalah  sebaik-baikknya ummat yang dikeluarkan kepada ummat manusia, untuk ummat manusia yang memiliki tugas kamu "beramar ma'ruf nahi munkar". Mengajak manusia kejalan yang baik. "nahi munkar" mencegah pada manusia yang munkar.

Semua tidak pandang sebelah mata, apa pun bangsa, sukunya, warna kulitnya,  kalau beriman kepada Allah dan Rasulnya maka memiliki kewajiban untuk "beramar ma'ruf nahi munkar" .

"Semua orang memiliki tugas "amar ma'ruf nahi munkar". lalu bagaimana kita memiliki "nahi munkar kalau kita punya hati lemah," ungkapnya.

Makanya kaum Muslimin diharuskan mendengar kisah-kisah perjuangan Nabi Muhammad, sehingga hati ini kokoh melihat bagaimana perjuangan Nabi Muhammad untuk menyelamatkan perjuangan ummatnya dari kegelapan menuju terang menderang. Dari durhaka menuju ridha Allah SWT itu penuh dengan ujian dan ummatnya harus bisa seperti itu.

Dan hendaklah kalian harus ada yang mengajak manusia kejalan yang baik, beramal baik "nahi munkar". Mereka yang mengajak manusia kejalan yang baik adalah mereka orang-orang yang menang, orang-orang yang berjaya.

Artinya, jangan pernah mengaku, seperti bagaimana KH. Abdul Kadir mengutif dari Al Imam Bosiri, dengan kemuliaan baginda Nabi Muhammad maka ummatnya menjadi mulia. Tapi orang harus tahu juga, untuk menjadi mulia tentu betul-betul "beramar maruf nahi munkar" dengan memiliki tarekatnya Rasul Saw. Mengikuti tarekat para sahabat, "Ahlul Bait" bukan berdiam diri.

Makanya orang pada suka heran, kenapa di Indonesia banyak sekali bala, musibah. Padahal Indonesia negeri yang mayoritas  penduduk Muslim, penduduk Muslim terbesar didunia. Tapi, semua musibah ada. Tidak ada musibah yang terjadi pada  zaman dahulu.

"Allah tidak akan membinasakan suatu kampung, kecuali penduduknya orang orang beriman. Kalau penduduknya disuatu wilayah, suatu desa, negeri orang-orang dhalim pantas kalau Allah kirim, "ujarnya.

Semua musibah ada di Indonesia seperti tanah longsor, letusan gunung berapi, tsunami, badai, angin puting beliung dan lain-lainnya. Bahkan penyakit flu babi yang dulunya sedikit, sekarang banyak. Belum lagi musibah dari ekonominya, BBM naik, listrik naik semuanya naik.

"Mudah-mudahan 2019 Ganti? Presiden. Ah tidak kompak. 2019 Ganti ? Presiden," sahut hadirin majelis yang sebagian besar anak remaja. "Udah itu Sandi kuat 2 berarti," ujar Habib Zain.

Disamping itu, penceramah KH. Wahab Hamzah dari Ciganjur menyampaikan,  peringatan Maulud Nabi Muhammad sangat penting ini adalah pelurusan aqidah Islamiah. Sebab, jika muncul Nabi-Nabi palsu maka orang tidak akan mengimaninya, kecuali pada Nabi Muhammad Saw.

Dia mengajak kaum Muslimin untuk meneguhkan, menguatkan aqidah dengan bersalawat kepada baginda Nabi Muhammad Saw, dimana dan kapan pun berada,

"Masih ada Habib kita dibelakang. Saya akhiri yang saya sampaikan hari ini dengan satu pesan. Jangan lupa 17 April Ganti Presiden, "pungkas Wahab.

Penasehat, Alex Kosasih saat diwawancarai media (Foto: PJ/Zaki)

Sementara itu, Ketua Panitia Alek Kosasih mengatakan, sangat mengapresiasi atas partisipasi warga sekitar dan Majelis Dzikir Mahabbatussholihin. Juga partisipasi para anggota Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) sehingga acara tersebut  berjalan lancar.

Intinya, adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad ini, ummatnya bisa memetik hikmah dari perjuangan Nabi untuk menjalankan apa yang diperintahkan Allah.

Juga mempererat ukhuwa Islamiah karena sebagai manusia tentu akan kembali kepada sang khalik, Allah. Seperti dirinya diusianya yang tidak muda lagi tentu akan selalu berbuat baik kepada sesama.

Pada peringatan kelahiran Nabi Muhammad ini kaum Muslim lebih meningkatkan ibadah kepada Allah, Sholat lima waktu serta "beramar ma'ruf nahi munkar", seperti yang disampaikan oleh penceramah.

"Sholat itu wajib. Sholat itu adalah tiang agama. Jika terbiasa mengerjakannya maka jiwa akan tenang. Tapi sebaliknya, jika ditinggalkan akan meruntuhkan keimanan kita, "ujar Alek.

Sebenarnya, di Majelis Usmania ini tiap malam Jum'at ada santunan 60-an anak yatim dan kaum dhuafa. Santunan tersebut ditangani langsung oleh adiknya. Haji Asep Suherman dan guru pembimbing oleh Ustad Haji Mujib.

"Alhamdulillah. Ini amanah orang tua yang kita jalankan. Kita usahakan meyantuni anak yatim, dhuafa, janda- janda. Yakin saja dengan cara kita menyantuni membuat usaha kita lancar," tandas Alek. [PJ/Abuzakir Ahmad]


Komentar


Jakarta Pusat - 1 hari yang lalu

Jika Gagal Revisi PP, Perangkat Desa Bakal Polisikan Presiden

POROSJAKARTA.COM, MENTENG – Sudir Santoso selaku kuasa hukum Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) akan..
Jakarta Pusat - 1 hari yang lalu

Astari Indah Vernideani Juara Miss Tourism Internasional 2018-2019

POROSJAKARTA.COM, GAMBIR - Masyarakat Indonesia tentu merasa bangga atas torehan gemilang yang diraih oleh Putri..
Jakarta Timur - 2 hari yang lalu

Pejabat Militer Asli Papua Sangat Dibutuhkan di Pedalaman Papua

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Sudah saatnya Jabatan-jabatan strategis militer di Papua diutamakan dijabat oleh prajurit..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Pertamina, PTBA dan Air Products Sepakati Bentuk Joint Venture Clean Energy

POROSJAKARTA.COM, TANAH ABANG - PT Pertamina (Persero), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan "Air Product and Chemicals Inc"..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Yusuf Makuta : Kedatangan Jokowi ke Gorontalo Dapat Mendongkrak Suara PDIP

POROSJAKARTA.COM, KEMAYORAN - Pileg dan Pilpres makin dekat, tentu saja kampanye dan konsolidasi partai atau caleg..
Film - 3 hari yang lalu

Film “Cinta Anak Negeri” Sajikan Pesan Moral Persatuan dan Toleransi

POROSJAKARTA.COM, MANGGA BESAR– Sambut pesta demokrasi pada 17 April mendatang, Padma Film Produdction dan..
Jakarta Utara - 3 hari yang lalu

Reses di Lodan Ancol, Steven Setiabudi Musa Infokan Pada Warga Jumlah Penerima Lansia Akan Ditambah

POROSJAKARTA.COM - ANCOL - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Steven Setiabudi Musa,..
Khas - 3 hari yang lalu

KBRI Suva Sambangi Camp TKI di Nadi, Fiji

POROSJAKARTA.COM - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Kepulauan Fiji di Suva,..
Jakarta Utara - 3 hari yang lalu

Reses di Pademangan Timur, Steven Setiabudi Musa Ingatkan Warga Agar Manfaatkan Fasilitas Pemerintah

POROSJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Steven Setiabudi Musa,..
Jakarta Utara - 4 hari yang lalu

Ibu Ida, Warga Warakas Tersenyum, Himpitan Ekonomi Mendapat Jawaban Positif dari Anggota DPRD DKI Steven Setiabudi Musa

POROSJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK -  Salah satu warga Warakas, Ibu Ida (34) boleh bernapas lega. Permasalahan..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close