Minggu, 15 September 2019 WIB

Binmas Noken Polri Hadir di Tengah Para Korban Banjir Sentani

Oleh : Mike Wangge | Minggu, 24 Maret 2019 | 07:15 WIB


(Foto: PJ/ Mike Wangge) Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sedang mengalungi tas Noken oleh Kasatgas Binmas Noken Polri Kombes Pol Dr Eko Rudi Sudarto dalam kunjungan Kapolri di Sentani Sabtu (23/3/2019).

POROSJAKARTA.COM, SETANI - Satu Minggu lamanya banjir bandang menerjang Santani dan Kota Jayapura menyebabkan 112 korban jiwa meninggal dunia, 94 korban masih dinyatakan hilang, dan 11.556 korban masih berada di tempat pengungsian  yang tersebar  di 28 titik di Sentani dan Jayapura.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada hari Sabtu (23/3/2019) hadir di tengah para korban banjir yang ditampung di Kantor Bupati Kabupaten Jayapura, Sentani. Ia meninjau sambil memberikan penghiburan bersama Satgas Binmas Noken Polri yang sejak hari pertama sudah hadir di tengah-tengah para korban.

Satgas Binmas Noken Polri bahkan menggelar kegiatan trauma healing kepada para korban. Dalam kegiatan tersebut  Satgas Binmas Noken Polri menghibur anak-anak korban banjir dengan mengajak mereka bercerita dan mendongeng agar mereka bisa menghilangkan trauma akibat bencana itu.

Kegiatan trauma healing itu dipimpin langsung oleh Kepala Satgas Binmas Noken Polri, Kombes Pol Eko Rudi Sudarto. Dalam kesempatan itu Kombes Pol. Eko Rudi Sudarto  memberikan bantuan alat tulis dan buku bacaan untuk anak-anak korban bencana.

“Binmas Noken Polri merasa tersentuh untuk membantu saudara-saudara yang terkena musibah. Semoga bantuan trauma healing ini, dapat meringankan beban untuk semua para korban," jelas Kasatgas Binmas Noken Polri Kombes Pol Eko Rudi Sudarto.

 

Simpati PKRI

Sementara itu Ketua PKRI (Persatuan Perintis Kermerdekaan Republik Indonesia), Stevanus Wetipo, yang ditemui di tempat pengungsian Sabtu (23)3)2019) kemarin menyatakan seluruh jajaran PKRI di Papua menyampaikan rasa simpati atas program trauma healing yang diberikan oleh Binmas Noken Polri ini untuk memulihkan trauma yang dialami para korban terutama anak-anak.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapokri karena Binmas Noken Polri merupakan solusi bagi masyarakat Papua untuk menyatakan bahwa negara hadir  dalam setiap kesulitan yang dihadapi masyarakat di Papua.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolri. Berkat Kebijakan Bapak, NOKEN sebagai simbol kehidupan Papua mulai berkibar dan semarak bagi martabat dan masa depan Papua," kata Stevanus Wetipo.

Dia menyatakan hal itu sambil menjelaskan kembali tentang peresmian kegiatan Binmas Noken Polri  yang dilakukan di Monumen tokoh pejuang Pepera, Kepala Suku besar Lembah Baliem, Silo Soekarno Doga di kampung adat Hulo Gatnem, 35 kilometer dari Wamena Ibukota Jayawijaya Papua pada Kamis (14/3/2019) lalu.

Hadir dalam kesempatan peresmian itu Kepala Suku Lembah Baliem Alex Silo Soekarno Doga yang adalah putra dari tokoh pejuang Pepera, Silo Soekarno Doga, keluarga para perintis Pepera, tokoh agama, dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Santuan Tugas (Kasatgas) Binmas Noken Polri yang juga Divisi Hubungan Internasional Polri, Kombes Pol Dr Eko Rudi Sudarto menjelaskan bahwa Binmas Noken Polri yang dibentuk oleh Kapolri Tito Karnavian dan mulai dioperasikan pada April 2018 ini tidak lain adalah cara  Polri dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Melalui Binmas Noken Polri  pendekatan dilakukan lewat pertanian untuk menyejahterakan masyarakat. Antara lain  adalah menstimulasi dan mendorong masyarakat untuk bisa beternak babi atau wam (sebutan akrab di Papua) dengan produktivitas tinggi, lebah madu, sapi, ayam pedaging, kopi, dan sayur mayur. Untuk sapi pertama adalah bibit sapi, pembuatan kandang dan ilmu pengetahuan bagaimana meningkatkan produktivitas sapinya. Untuk kopi, karena kopi Wamena termasuk kopi terbaik di dunia maka perlu didorong untuk mengembangkannya dengan menggunakan teknologi yang tepat guna serta membuka lahan-lahan tidur demi kesejahteraan masyarakat.

Semoga Binmas Noken Polri menjadi garda terdepan yang bisa mewujudkan  bahwa Negara memang sungguh hadir dalam setiap jengkal kehidupan manusia terutama masyarakat pedalaman.  [PJ/Mike Wangge]

 


Komentar


Arena - 5 hari yang lalu

Rizky Darmawan, Tak Pernah Meremehkan Lawan, Emas PON XX Papua Tetap Dalam Impian

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pesona gadis cantik di layar Hp dalam genggaman tangganya seperti tak pernah lepas dari..
1 minggu yang lalu

Kembali ke Jalur Musik, Rani Ve Aransemen Ulang Lagu Karya 2D “Masih Ada”

POROSJAKARTA.COM- Kembali ke industri musik tanah air, setelah sempat menyibukkan diri di dunia bisnis, membuat Rani..
Arena - 1 minggu yang lalu

Panitia POMNAS Gulat Siap Sukseskan Pelaksanaan POMNAS 2019

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Panitia POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) khusus cabang olahraga gulat..
Jakarta Selatan - 1 minggu yang lalu

Semakin Diminati Masyarakat, MeMiles Gelar “Gebyar MeMiles 100 Miliar Menuju 1 Triliun”

POROSJAKARTA.COM, TEBET - Bisnis berbasis aplikasi bernama MeMiles, yang didirikan sejak April silam, semakin..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Pengkot Pertina Jakarta Timur Dikukuhkan, Erwin Tobing Ketua

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pengurus Pertina (Persatuan Tinju Seluruh Indonesia) Kota Jakarta Timur dikukuhkan oleh..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Babak Baru Klaim Tanah Yayasan Taman Ismail Marzuki

POROSJAKARTA.COM, BEKASI - Pengadilan Negeri Kota Bekasi menggelar Sidang 'Pemeriksaan Setempat ' Obyek Perkara dalam..
Arena - 2 minggu yang lalu

Blusukan Ke Malang, Ketua Umum KONI DKI, Djamhuron, Memuji Dua Dedengkot Gulat Nasional

POROSJAKARTA.COM, MALANG - Tidak hanya Presiden RI Joko Widodo yang melakukan blusukan ke berbagai pelosok Tanah Air...
Jakarta Timur - 2 minggu yang lalu

Bisnis Aplikasi Advertising MeMiles Targetkan Sejuta Viewer Dalam Sebulan

POROSJAKARTA.COM, HALIM PK - Dalam waktu yang relatif singkat, bisnis berbasis aplikasi yang diberi nama MeMiles kian..
Jakarta Timur - 2 minggu yang lalu

SDN Makasar 01 Pagi Jakarta, Rayakan Tahun Baru Islam dengan Pawai

POROSJAKARTA.COM, MAKASAR -  Pelajar  SDN Makasar 01 Pagi Jakarta Timur ikut memeriahkan pawai..
Arena - 2 minggu yang lalu

Suport Tim Gulat DKI, Ketua Umum KONI DKI, Djamhuron Datang ke Malang

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Djamhuron P. Wibowo menyempatkan diri datang ke markas..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close