Sabtu, 07 Desember 2019 WIB

Butuh Pembaruan, HIMABA RI Gandeng Indra Sjafri Dirikan Akademi Sepak Bola

Oleh : Abuzakir Ahmad | Minggu, 21 Juli 2019 | 19:05 WIB


(Foto: PJ/Zaki) Windu Priyo Wibowo (kedua kanan) bersama Indra Sjafri (ketiga kanan) didampingi Dewan Pembina HIMABA RI Ahmad Sehu Ibrahim (Kiri) dan pengurus HIMABA RI.

POROSJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Pelatih Sepak Bola U23 Indra Sjafri rupanya sangat bersemangat membicarakan bahaya narkoba dikalangan generasi muda, apalagi mereka pemain sepak bola. Bahkan untuk menghindari barang haram ini selalu diterapkan pada pemain.

Sebagai pelatih Timnas, tentu sudah tahu, dimana AFC, FIFA pada setiap pertandingan itu harus membuat regulasi, yakni semua atlet harus mentaati aturan untuk tidak ada yang alkohol, tidak ada yang narkoba dan juga tidak ada yang doping.

"Itu selalu kita lakukan dalam setiap pertandingan. Kita ambil sample tiga pemain, seperti tes dopping dan sebagainya," ujar Indra pada porosjakarta.com disebuah Mall di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Mantan pelatih Timnas U19 era Evan Dimas Darmono, Maldini Pali dan Ilham Udin Armaiyn ini menurutnya, orang kena narkoba itu dipengaruhi banyak faktor. Misalnya, faktor memang sudah kecanduan, faktor hanya ikut-ikutan dan faktor hanya mencoba-coba.

Jadi, kata dia, apapun yang menjadi permasalahan, balik lagi bagaimana kehiduoan dalam rumah tangga. Oleh karena itu keluarga, orang tua selalu memberikan pengawasan kepada anak-anak.
Pengawasan itu tidak hanya mengatakan narkoba itu bahaya, tetapi harus membuat anak-anaknya betul-betul selamat dari lingkungan itu. Juga membuat anaknya punya harapan masa depan.

Diakui, sebagai pelatih, sepak bola itu bisa dijadikan  wadah untuk memberikan tempat kepada mereka, para pemain. Disamping hidup sehat, juga diketahui sebagai ajang perjuangan para generasi muda untuk mendapatkakan lapangan pekerjaan serta terhindar dari pengaruh pergaulan negatif.

"Sepak bola sekarang sudah bisa dijadikan lahan untuk pekerjaan. Sebab itu, generasi muda, pelajar mulai dari tingkat SMP, SMA bisa menjadikan sepak bola sebagai profesi cerah kedepan," katanya.

Terkait  dengan HIMABA RI, Indra sudah memahami, terutama anak-anak yang sudah terkena dengan narkoba. Makanya dia berkeinginan atau memiliki ide, generasi muda diberikan wadah pelatihan sepak bola.

Wadah itu seperti mendirikan  Akademi Sepak Bola. Sekolah ini sebagai ruang pelatihan, disamping anak didik sehat, juga meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkat bakat dan karir kedepan.
"Kita tidak tahu, diantara mereka, murid itu akan muncul pemain-pemain yang bisa memperkuat Timnas kedepan," ungkapnya.

Rencananya, Akademi Sepak Bola ini akan didirikan, Indra menyerahkan kepada Ketua Umum HIMABA RI, Windu Priyo Wibowo. Tapi yang jelas,  Indra mensuport, memberikan ide- ide. Apapun namanya, untuk masyarakat, anak-anak muda dia pasti mensuport selagi itu positif.

"Bagaimana pun bangsa Indonesia yang hebat dengan generasi yang hebat. Generasi kedepan harus lebih hebat dari generasi sekarang," tandas Indra.

Sementara itu, Ketua Umum HIMABA RI Windu Priyo Wibowo, yang didampingi Dewan Pembina HIMABA RI Ahmad Sehu Ibrahim, bersyukur bisa adakan pertemuan dengan Indra Sjafri ditengah kesibukannya melatih Timnas.

Kata Windu, Indra secara pribadi mendukung program-program kerja HIMABA RI dalam kaitannya turut berperan serta aktif melaksanakan Undang Undang Narkotika No 35 Tahun 2009, yaitu melaksanakan P4GN.

Sebagai pelatih, Indra berupaya, bagaimana menciptakan generasi muda Indonesia khususnya hidup sehat tanpa narkoba dengan mengikuti kegiatan kegiatan olah raga. Ini yang dibutuhkan masyarakat karena bangsa ini butuh pembaruan.

Adapun pembicaraan HIMABA RI  dengan Indra, Windu mohon doa restu pada masyarakat, dimana  HIMABA RI yang berbadan hukum Yayasan HIMABA RI akan membuat Akademi Sepak Bola.
Sekolah Sepak Bola ini tujuannya untuk menciptakan masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa, menjadi generasi yang produktif yang sehat tanpa narkoba.

Seperti yang disampaikan Indra, sepak bola ini sudah bisa menjadi sebuah wadah. Melakukan sebuah kegiatan industri sepak bola sehingga masyakat bisa mempunyai penghasilan yang baik.

"Ini bukan untuk HIMABA RI, tapi untuk seluruh masyarakat Indonesia, khsusnya pencinta sepak bola. Kita kenal, bagaimana prestasi dan hasil karya-karya, strategi Indra Sjafri sehingga mengantarkan Timnas  yang sangat membanggakan," katanya.

Berikut alasan Windu menggandeng Indra Sjafri, karena Indra adalah tokoh peduli terhadap olahraga sepak bola. Peduli terhadap generasi muda yang berprestasi tanpa narkoba.

"Beliau peduli narkoba yang sangat memprihatinkan. Antara semangat, pengabdian, perhatian kita menyelamatkan Indonesia ini dari masaalah narkoba," pungkas Windu.  [PJ/Abuzakir Ahmad]


Komentar


Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

KONI Jakarta Timur Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Pelatih

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga di masa yang akan datang, KONI Kotamadya..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Resmikan Kantor Hendropriyono, Bamsoet: Peran Swasta Diperlukan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan diperlukan peran serta pihak swasta yang besar..
Nusantara - 1 minggu yang lalu

Universitas Ciputra Surabaya Jadi Tuan Rumah Konferensi Para Programmer

POROSJAKARTA.COM, Surabaya - Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia dan..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Next Summit 2019: Prof. Rokhmin Dahuri Nilai Kapitalis Penyebab Kesenjangan Miskin dan Kaya

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pakar kemaritiman Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri menjadi salah satu pembicara dalam Next..
Bisnis - 1 minggu yang lalu

Kemenkop dan UKM Apresiasi Peran BPR Perkuat Modal UMKM

POROSJAKARTA.COM, LAMPUNG - Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati menegaskan..
Jakarta Timur - 2 minggu yang lalu

Menkopulhukam, Mahfud MD Minta MOI Ikut Perangi Hoaks, Radikalisme dan Intoleransi

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopulhukam), Mahfud MD meminta..
Jak Info - 2 minggu yang lalu

Pemprov DKI Jakarta melakukan serangkaian pencegahan untuk antisipasi datangnya genangan air yang tinggi.

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA. Beberapa hari ini, sudah kelihatan musim hujan tengah datang di Jakarta. Pemprov DKI..
Jakarta Selatan - 2 minggu yang lalu

Kadiv Humas Polri Pimpin Upacara Pelantikan Karopenmas Polri

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA. Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen (Pol) Muhammad Iqbal memimpin langsung upacara..
Jakarta Barat - 2 minggu yang lalu

Menurunnya Jumlah Suara Pada Pemilu Lalu, Tokoh Adat Papua Bertekad Bertemu Ketua Fraksi Partai Demokrat di Jakarta

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Menurunnya secara siknifikan suara dan kuarsi DPRD Partai Demokrat di seluruh..
Metro - 3 minggu yang lalu

Ini Sosok Penabrak Grabwheel di Senayan

Porosjakarta.com, Senayan - Tabrakan yang menyebabkan pengendara Grabwheel tewas akhirnya terungkap siapa sosok yang..
Lihat Semua

Close

Lihat Semua


Indeks


Close
Close