Jumat, 07 Agustus 2020 WIB

Warga Jakarta Ini Undang Anggota Dewan Saat Nikahkan Putrinya, Ternyata ?

Oleh : Abuzakir Ahmad | Selasa, 15 Oktober 2019 | 10:12 WIB


Foto : PJ/Zack Foto bersama Pandi (kiri) dan Radiono (kanan) pada Pesta pernikahan Ani dan Andri di Jalan Madrasah 1 Gansel, Cilandak Jakarta Selatan, Minggu (11/10).

POROSJAKARTA.COM, CILANDAK - Salah seorang warga Gandaria Selatan yang juga pengurus Ranting PDIP adakan pesta pernikahan putri pertamanya, Ani Setiani Gege dengan seorang perjaka bernama Andri Chandra Mubarok, berlokasi di Jalan Madrasah I Gandaria Selatan, Cilandak, Minggu (13/10/2019).

Pendi, orang tua Ani, sapaan akrab putrinya punya alasan, mengapa hajatan ini dibuat dilingkungan masyarakat RT 07 RW 03 Gansel atau dirumah mempelai wanita. Kata dia, karena suasananya berbeda dengan suasana dalam gedung. Jika dirumah, jamnya atau waktunya tidak terbatas dan mempererat jalinan silaturrahmi dilingkungan itu sendiri.

Sementara dalam gedung waktunya terbatas. Artinya, Pendi sebagai kader PDIP tetap mengedepankan hubungan kekeluargaan, silaturrahmi, bersinergi dengan masyarakat tanpa menghilangkan kultar dan budaya. Maksudnya, dia ingin mempertahankan tradisi, hidup gotong royong. Sekarang ini kebiasaan itu semakin tergerus dengan perkembangan teknologi.

Sebenarnya, ada beberapa rekan yang menawarkan Pendi untuk mengadakan acara digedung dan tempat ibadah. Tapi seteleh dia pikir  baik di gedung maupun tempat ibadah waktunya sangat terbatas.

"Yang jelas, semuanya tergantung individu masing-masing. Mau yang praktis atau dalam suasana kekeluargaan, silaturrahmi," katanya.

Pendi saat diwawancara wartawan pada Pesta pernikahan Ani dan Andri di Jalan Madrasah 1 Gansel, Cilandak Jakarta Selatan, Minggu (11/10).

Disisi lain, dia juga ingin mengetahui, sejauh mana mereka, yang terpilih di Dapil, punya kepedulian terhadap warganya. Kalau mereka merasa dekat dengan konstituennya, masyarakat, dengan Dapilnya, maka mereka berusaha menghadiri undangan.

"Kami berterima kasih pada teman-teman Aleg PDIP dan lainnya yang mengirimkan karangan bunga," katanya.

Dia bersyukur, walau hanya karangan bunga, hal itu menjadi kepedulian anggota dewan yang terpilih di Dapilnya, seperti Eriko Sotarduga (Anggota DPR), Gembong Warsono (Anggota DPRD DKI) dan Blok M Square. Kalau pun tidak ada yang datang, tentu mereka ada agenda lain. Yang jelas, mereka mengabarkan ketidakhadirannya.

Sekedar diketahui, Pendi, Sekertaris Ranting PDIP Gandaria Selatan dan merupakan tim pemenangan Jokowi-Maruf wilayah Gandaria Selatan, pada Pilpres beberapa waktu lalu.

Andri adalah anak pasangan M. Nuh dan Elma Elisabet Maniku, keluarga ini berasal dari Jakarta. Sedangkan Ani, putri pasangan Pendi dan A'ah, keluarga ini berdarah Jawa-Sunda.

Antara Andri dan Ani, sebenarnya sudah saling mengenal sejak mereka duduk dibangku SMA di Jakarta. Setelah menempuh pendidikan SI, datanglah Pria yang bernama Andri meminang putri pertama dari dua bersaudara.

Jadi, sebagai orang tua, melihat keberanian Andri, maka Pendi langsung mengiyakan untuk menyunting putri yang telah dibesarkan. Hal inilah tanggung jawab orang tua kepada putri pertama dari dua bersaudara itu.

"Pesan saya, berharap mereka menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Anak berguna bagi bangsa dan negaranya. Kemudian mendapatkan anak yang saleh dan saleha. Cinta dan saling sayang menyayangi sesama," pungkas Pendi.

Sementara itu, tokoh masyarakat Blok M Radiono, mengatakan agar masyarakat  mempertahankan kebiasaan saling silaturrahmi. Bila diamati, suasana seperti ini tidak terlalu berlebihan. Namun balik lagi pada inividu dan tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi.

Genta Sekertaris PAC Cilandak.

Kalau dilihat pernikahan itu bukan hanya sebatas mempersatukan keduanya. Namun bisa mempersatukan kerabat dari keluarga neneknya, kakeknya. Dengan siapa saja, bisa bertemu dipesta yang didukung oleh suasana lingkungan sekitar.

"Jadi yang pasti, orang datang kesini (pesta) tujuan positif, mendoakan kedua mempelai. Intinya, kalau diundang saya tetap datang dimana pun lokasinya," ujar Radiono.

Lain dengan Saidina Ali, Ketua RT 07 RW 03 Kelurahan Gandaria Selatan, menceritakan, hubungan Pendi dan masyarakat sekitar sangat baik, apalagi orangnya berkecipung di partai PDIP dan aktif sekali pada Pemilu lalu.

Pendi yang sudah lama, sejak kecil  menjadi warganya ini mudah bergaul dengan siapa saja. Makanya tidak heran, ketika Pendi menikahkan putri pertama, warga pun banyak yang datang dari pagi hingga malam hari.

"Jadi, pesta anaknya Pak Pendi menggambarkan suasana silaturrahmi. Saling kenal antar warga. Mudah-mudahan kedua mempelai ini menjadi keluarga sakina mawaddah warohma, sampai kakek dan nenek," ujar Saidina singkat.

Disamping itu, Genta, Sekertaris PAC PDIP Cilandak mengatakan, suasana pesta dilingkungan RT/RW itu dinilainya, sebuah pesta yang penuh dengan suasana kesederhanaan. Ini mencerminkan kedekatan warga, saling berinteraksi mengikat persaudaraan antar sesama.

Yang jelas, rekannya Pendi masuk dalam struktural ranting Gansel . PAC Cilandak terbagi dalam 5 kelurahan yakni, Pondok Labu, Cilandak Barat, Gandaria Selatan, Cipete Selatan dan Lebak bulus.

Selama ini yang dirasakan adalah suasana kebersamaan, gotong royong, bermasyarakat. Nah, ini yang manjadi contoh. Ini suasana silaturrahminya cukup baik. Hajatan dirumah sendiri.

"Kita tidak membicarakan yang lain. Ini balik lagi ke individu. Siapapun yang mengundang, ya kita hormati. Walaupun undangan itu hanya lewat lisan tetap dihormati. Kebersamaan itu yang utama," ujar Genta. *(PJ/Abuzakir Ahmad)


Komentar


Jakarta Pusat - 23 jam yang lalu

Hari Rabu Tercatat 357 Orang Positif Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA -Tim Gugus Covid-19 DKI Jakarta melaporkan adanya 357 kasus baru pasien positif..
Jakarta Utara - 1 hari yang lalu

Steven Musa : Konstituen Senang Mendapat Perhatian Saat Pandemi Sekarang Ini

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa (SSM), 5 Agustus 2020..
Nusantara - 1 hari yang lalu

Tahun Depan Imunisasi, Bio Farma Mampu Produksi 250 Juta Vaksin Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Ketua Pelaksana Komite Penanganan..
Jakarta Utara - 1 hari yang lalu

Steven Musa Reses Kedua Di Tengah Pandemi Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi B, Steven Setiabudi Musa (SSM) saat pandemi..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Satgas Covid-19 : Jangan Tanya Kapan Pandemi Berakhir

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pandemi corona yang sudah berlangsung cukup hampir 6 bulan, membuat banyak pihak..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Ketua DPRD DKI: Anggota F-PKS Dany Anwar Meninggal Akibat COVID-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA -  Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS, Dany Anwar dikabarkan meninggal dunia..
Jakarta Selatan - 2 hari yang lalu

Diduga Terlibat Kasus Djoko Tjandra, Berapa Kekayaan Jaksa Pinangki?

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Setelah sebelumnya menyeret sejumlah oknum perwira tinggi Polri, kasus Djoko Tjandra..
Jakarta Pusat - 3 hari yang lalu

Dishub DKI: Jam Operasional Angkutan Umum Kembali Normal Mulai 3 Agustus

POROSJAKARTA.COM,  JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan jam..
Jakarta Pusat - 3 hari yang lalu

Pelanggaran Ganjil Genap Tak Ditilang Sampai Rabu

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak akan menerapkan sanksi tilang pada tiga..
Jakarta Pusat - 4 hari yang lalu

WHO : Pandemi Kemungkinan Bertahan Lama, Dampaknya Terasa Tahunan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA -  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Sabtu 1 Agustus 2020 memperingatkan..
Lihat Semua

Close





Close
Close