Kamis, 24 September 2020 WIB

Napak Tilas Sejarah Digelar PDI Perjuangan Jakarta Timur

Oleh : Iast Gunawan | Minggu, 10 Nopember 2019 | 01:07 WIB



POROSJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2019, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Jakarta Timur menggelar Napak Tilas Sejarah dalam bentuk Parade Sepeda Motor, Minggu (10/11/2019). Napak Tilas ini mengambil titik star di Kantor DPC PDI Perjuangan di Duren Sawit, Jakarta Timur dan berakhir di Monumen Kebulatan Tekad dan Rumah Sejarah di Kecamatan Rengas Dengklok Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

"Kegiatan Napak Tilas Sejarah tahun ini dalam bentuk Parade Sepeda motor, diikuti oleh 300 Sepeda Motor atau kurang lebih 600 Orang yang terdiri dari Masyarakat Umum, Pengurus, Sayap, Badan, simpatisan dan kader PDI Perjuangan Se Jakarta Timur," kata Dwi Rio Sambodo, Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi A.

Dikatakan Rio, dipilihnya Rengas Dengklok, karena pada tanggal 16 Agustus 1945 di Rengas Dengklok adalah tempat dibuatnya draft naskah Proklamasi Kemerdekaan RI. "Di tempat ini para pemuda seperti Soekarni, Chairul Saleh, Wikana dkk merundingkan gagasan untuk memproklamirkan Indonesia Merdeka bersama Tokoh Bangsa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta,"paparnya, seraya mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa Rengas Dengklok menjadi tempat yang sangat bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia, sudah selayaknya DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur menjadikan Rengas Dengklok sebgai tempat untuk Merefleksikan sejarah akan berdirinya Negara Republik Indonesia yang sangat majemuk, berbeda adat istiadat serta perbedaan agama sebagai bagian dari gerakan JASMERAH (jangan pernah meninggalkan sejarah).

Menurut Rio, napak tilas ke Rengas Dengklok memiliki banyak arti bagi generasi saat ini. Apalagi ditengah dinamika politik sekarang yang menjurus kepada perpecahan bangsa. Hal yang lebih mengerikan lagi, kata Rio, adalah hancurnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Untuk itu, DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur dalam gelaran acara Napak Tilas Hari Pahlawan melakukan aksi Parade Motor Rengas Dengklok dalam rangka mengkonsolidasikan kekuatan partai menuju soliditas dalam mengawal keutuhan bangsa yang diwujudkan dalam cita-cita Proklamasi Indonesia Merdeka," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan Napak Tilas Sejarah tersebut bakal menyampaikan pesan-pesan kebangsaan sekaligus sikap terhadap dinamika politik yg terjadi saat ini, antara lain; Pertama, menjadikan Momentum Hari Pahlawan sebagai media untuk mengkampanyekan semangat Nasionalisme dan Patriotisme Bangsa demi menjaga Cita-Cita Proklamasi dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua, DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur berupaya untuk mengajak seluruh komponen Bangsa untuk membumikan Pancasila secara terus menerus, menjadikan Pancasila sebagai Jalan Hidup berbangsa serta melawan segala bentuk Isme yang merongrong Pancasila (Seperti Terorisme, separatisme, Khilafah, Intoleran dan Anti Kebhinekaan) dan Ketiga, DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur mengajak seluruh jajaran pengurus dan simpatisan PDI Perjuangan serta masyarakat luas untuk memiliki sikap kepedulian terhadap monumen-monumen bersejarah Seperti Tugu Kebulatan Tekad, Rumah Sejarah Rengas Dengklok dan banyak tempat bersejarah lainnya yang ada di Jakarta.[*]

 


Komentar


Jakarta Pusat - 17 jam yang lalu

Sri Mulyani Pastikan RI Resesi, Apa yang Bakal Terjadi?

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada..
Jakarta Pusat - 18 jam yang lalu

Erick Thohir Ingatkan Vaksin Tak Hilangkan Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengingatkan bahwa dengan..
Jakarta Pusat - 1 hari yang lalu

22 September Di DKI Tambah 1.236 Kasus Positif Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih mengalami penambahan di beberapa..
Jurnalis Warga - 5 hari yang lalu

Mengapa Angka Kematian Covid-19 Singapura Paling Rendah di Dunia?

POROSJAKARTA.COM, SINGAPURA - Singapura memiliki jumlah kematian kasus virus korona terendah secara global,..
Jakarta Pusat - 5 hari yang lalu

Sejumlah Perkantoran Tutup Sementara

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir menyatakan sejumlah..
Jakarta Pusat - 5 hari yang lalu

Kemenkes Jadi Klaster Penularan Covid-19 Tertinggi di Jakarta

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI menjadi klaster penyebaran Covid-19 tertinggi di wilayah DKI..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Hadirkan Jusuf Kalla, Universitas Bangka Belitung Sukses Gelar Webinar Nasional Dampak Covid19

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Untuk kedua kalinya Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Bangka Belitung kembali..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

Istri Saefullah Minta Tak Kirimi Karangan Bunga, Ini Alasannya

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Keluarga almarhum Saefullah meminta kerabat tak mengirimi karangan bunga..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

Sekda DKI Saefullah Meninggal Karena Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia karena Covid-19...
Lihat Semua

Close





Close
Close