Kamis, 24 September 2020 WIB

Konsumsi Imunomodulator Cegah Virus

Oleh : Iast Gunawan | Sabtu, 09 Mei 2020 | 15:32 WIB



Porosjakarta.com . Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai macam penyakit.

Apalagi di tengah masa kritis virus corona Covid-19 yang sedang melanda dunia ini. Tentunya, mengetahui cara cegah infeksi virus menjadi sangat penting dan harus diprioritaskan! Cegah infeksi virus dengan imunomodulator Cara cegah infeksi virus tentu sangat beragam.

Salah satu cara cegah infeksi virus yang paling populer adalah mengonsumsi imunodulator. Imunomodulator adalah zat yang bisa memperbaiki fungsi sistem imun tubuh, sehingga mampu melawan berbagai macam infeksi. Menurut seorang ahli, suplemen yang bersifat imunomodulator sangatlah penting dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dalam menghadapi virus corona Covid 19.

Beberapa hasil uji klinik membuktikan kalau imunomodulator aman digunakan untuk cegah infeksi virus. Tidak hanya itu, mengonsumsi suplemen imunomodulator dalam jangka panjang pun dianggap aman. Ditambah lagi, imunomodulator tidak menyebabkan sitokin pro-inflamasi interleukin-6 (penyebab demam karena berdampak pada bagian otak yang mengatur suhu tubuh).

Carilah imunomodulator yang sudah lulus uji klinis di Indonesia, demi keamanannya saat dikonsumsi. Cara cegah infeksi virus lainnya yang mudah dilakukan Sebenarnya, Anda bisa cegah infeksi virus seperti pilek atau flu, dengan cara yang sangat sederhana dan menjalani kebiasaan hidup bersih.

Berikut ini langkah yang terdengar sederhana, tapi begitu penting untuk menghalau infeksi virus.

1. Rajin mencuci tangan Selain dengan imunomodulator, cara cegah infeksi virus yang paling utama ialah rajin cuci tangan. Sebab, kebanyakan virus akan hinggap di tangan Anda, sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernapasan. Kementerian Kesehatan RI maupun lembaga kesehatan publik Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun merekomendasikan cara mencuci tangan yang benar ini: Basahi tangan dengan air mengalir Cuci tangan dengan sabun Gosokkan sabun ke seluruh bagian tangan, termasuk telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari, termasuk bagian bawah kuku selama 20 detik Bilas dengan air bersih mengalir dan keringkan dengan handuk bersih Pastikan Anda sudah mencuci tangan sebelum atau sesudah makan. Kemudian, jangan pernah menyentuh luka terbuka dengan tangan yang belum tercuci bersih. Selain itu, hindari menyentuh wajah sebelum Anda benar-benar yakin kalau tangan sudah bersih.

2. Menggunakan hand sanitizer Memang, mencuci tangan dianggap lebih ampuh untuk cegah infeksi virus, dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Namun, tidak selamanya air bersih dan sabun tersedia di mana-mana. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membawa hand sanitizer saat bepergian ke luar rumah sebagai antisipasi. Gosokkan seluruh gel hand sanitizer ke tangan, dan tunggu sampai tangan Anda mengering.

3. Menjaga pola hidup sehat Cegah infeksi virus dengan olahraga. Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, menjaga jam tidur yang cukup, hingga menghilangkan stres dari pikiran adalah cara cegah infeksi virus yang sangat ampuh. Sebab, menerapkan pola hidup sehat bisa memperkuat fungsi sistem imun tubuh.

4. Berhenti merokok Cegah infeksi virus dengan stop merokok. Cara cegah infeksi virus selanjutnya adalah berhenti merokok. Sebab, merokok akan membuat sistem imun tubuh lemah, sehingga infeksi virus lebih mudah menyerang. Faktanya, hampir tidak ada bagian tubuh (luar dan dalam) yang tidak terkena dampak buruk dari rokok. Apakah Anda menyadarinya?

5. Minum air putih Menjaga hidrasi tubuh dengan rutin minum air putih, bisa menjadi cara cegah infeksi virus yang efektif. Sebab, dengan menjaga hidrasi tubuh, sistem imun akan bekerja sebagaimana mestinya, sehingga infeksi virus dapat dicegah.

6. Tidak berbagi penggunaan peralatan makan Menghindari berbagi atau sharing tempat makan dan minum dengan orang lain, juga bisa cegah infeksi virus, lho. Sebab, bisa saja orang yang Anda pinjami tempat makan atau minum itu sedang sakit, sehingga kuman-kuman dari tubuhnya menempel di peralatan pribadi Anda itu.

7. Menjaga jarak fisik Jaga jarak, atau istilah populernya, physical distancing, menjadi cara cegah infeksi virus yang terdengar sepele, tapi sebenarnya berdampak besar. Terutama jika Anda mengetahui ada orang yang sakit di sekitar. Segeralah menjauh, supaya virusnya tidak menular ke dalam tubuh Anda.

8. Rajin membersihkan permukaan benda Bagaimana cara mengetahui adanya kontaminasi virus pada benda-benda yang sering Anda sentuh? Tentu sulit untuk memastikannya. Maka dari itu, rajin membersihkan permukaan adalah cara yang ampuh untuk cegah infeksi virus. Terutama di transportasi umum, seperti di kereta misalnya. Sandaran atau pegangan yang ada di dalam kereta, sudah disentuh oleh banyak sekali penumpangnya. Demi kesehatan, bersihkan dulu permukaan apapun sebelum Anda menyentuhnya.

Catatan

Mengonsumsi imunomodulator dan melakukan berbagai cara cegah infeksi virus di atas, bisa membantu Anda dalam membentengi tubuh dari penyakit. Salah satu imunomodulator yang teruji klinis dan terpercaya adalah Stimuno. Di tengah masa kritis virus corona ini, lebih waspadalah terhadap berbagai macam penyakit yang mengintai. Sayangi tubuh dan kesehatan Anda, dengan menjalani gaya hidup sehat!


Komentar


Jakarta Pusat - 16 jam yang lalu

Sri Mulyani Pastikan RI Resesi, Apa yang Bakal Terjadi?

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada..
Jakarta Pusat - 17 jam yang lalu

Erick Thohir Ingatkan Vaksin Tak Hilangkan Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengingatkan bahwa dengan..
Jakarta Pusat - 1 hari yang lalu

22 September Di DKI Tambah 1.236 Kasus Positif Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih mengalami penambahan di beberapa..
Jurnalis Warga - 5 hari yang lalu

Mengapa Angka Kematian Covid-19 Singapura Paling Rendah di Dunia?

POROSJAKARTA.COM, SINGAPURA - Singapura memiliki jumlah kematian kasus virus korona terendah secara global,..
Jakarta Pusat - 5 hari yang lalu

Sejumlah Perkantoran Tutup Sementara

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir menyatakan sejumlah..
Jakarta Pusat - 5 hari yang lalu

Kemenkes Jadi Klaster Penularan Covid-19 Tertinggi di Jakarta

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI menjadi klaster penyebaran Covid-19 tertinggi di wilayah DKI..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Hadirkan Jusuf Kalla, Universitas Bangka Belitung Sukses Gelar Webinar Nasional Dampak Covid19

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Untuk kedua kalinya Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Bangka Belitung kembali..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

Istri Saefullah Minta Tak Kirimi Karangan Bunga, Ini Alasannya

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Keluarga almarhum Saefullah meminta kerabat tak mengirimi karangan bunga..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

Sekda DKI Saefullah Meninggal Karena Covid-19

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia karena Covid-19...
Lihat Semua

Close





Close
Close