Jumat, 27 Nopember 2020 WIB

Kemenkes: RI Dapat Kepastian Ketersediaan Vaksin Corona 9,1 Juta Orang di 2020

Oleh : Mansyur Barus | Senin, 19 Oktober 2020 | 15:59 WIB


Achmad Yurianto

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (KemenkesAchmad Yurianto mengatakan pemerintah sudah mendapatkan kepastian dari perusahaan vaksin China, Sinovac, Sinopharm, dan Cansino. Nantinya pada November hingga Desember 2020  akan ada 9,1 juta orang yang dapat divaksinasi di Indonesia.

Yuri mengatakan Sinovac memberikan komitmen kepada Indonesia untuk dapat membeli vaksin dalam bentuk jadi sebanyak 2 kali pengiriman. Pertama pada bulan November 2020 akan dikirimkan 1,5 juta dan di bulan Desember 2020 dikirim 1,5 juta vaksin. Vaksin Sinovac dibutuhkan 2 kali dosis sehingga total yang bisa divaksinasi adalah 1,5 juta orang.

"Kalau kita lihat karakteristik Sinovac, maka pembeliannya dual use. Jadi 1 orang di suntik vaksin dasar dan 14 hari kemudian booster, maka angka 2 kali 1,5 juta ini bisa digunakan untuk menyuntik 1,5 juta orang 2 kali pengiriman," kata Yuri, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kemenkes RI, Senin (19/10/2020).

Yuri mengatakan saat ini tim inspeksi dari BPOM, Kemenag dan MUI berkunjung ke China untuk meminta sharing data terkait proses pembuatan dan kehalalan vaksin tersebut. Selain itu, pemerintah juga meminta sharing data terkait hasil uji klinis fase 3 yang telah selesai dilakukan di Brazil, China, dan negara lainnya

"BPOM bersama MUI dan Kemenag juga melakukan inspeksi terhadap proses pembuatannya terkait sertifikat kehalalannya, ini yang dilakukan di Sinovac dan sedang berproses," kata Yuri.

Selain itu, di China, pemerintah juga bertemu dengan perusahaan vaksin Sinopharm. Yuri mengatakan Sinopharm berkomitmen untuk menjual vaksin ke RI sebanyak 15 juta dosis pada bulan Desember 2020.

Jika pemakaian 1 orang 2 dosis, maka vaksin Shinopharm dapat digunakan untuk 7,5 juta orang. Lebih lanjut, pemerintah juga bertemu dengan perusahaan pemproduksi vaksin Cansino, yang berkomitmen menyediakan 100 ribu dosis bagi pemerintah Indonesia.

Yuri menyebut vaksin Cansino dipakai 1 dosis. Dengan demikian total pada November-Desember 2020 akan ada 9,1 juta penduduk RI yang bisa divaksinasi.

"Sementara Cansino single dose, hanya 1 kali suntik, karena platformnya beda. Antara Sinovac dan Sinopharm ini menggunakan virus yang tidak di aktifkan, inactivated virus. Sementara Cansino adalah format yang lain sehingga dengan single dose, kesanggupannya adalah menyediakan 100 ribu dosis," ucap Yuri.

"Sehingga kalau ditotal pada bulan November dan Desember 2020 kita sudah mendapatkan kepastian ketersediaan untuk digunakan vaksinasi bagi 9,1 juta, 9 juta 100 ribu orang," ungkap Yuri.

Akan tetapi, kepastian ketersediaan vaksin akan tergantung izin emergency use authority yang akan dikeluarkan BPOM dan rekomendasi kehalalan dari MUI dan Kemenag. Yuri menargetkan pada akhir Oktober 2020 pemerintah sudah mendapat kepastian terkait kajian aspek keamanan vaksin tersebut.

"Semuanya ini akan selesai kira-kira di akhir bulan Oktober 2020 ini, setidak-tidaknya minggu pertama bulan November 2020 kita harapkan. Kita sudah mendapatkan kepastian tentang keamanan dalam terminologi kita. Aman dalam aspek manfaat dan akibat yang dikeluarkan oleh BPOM dan aman dalam aspek kehalalan yang dikeluarkan Kemenag dan MUI," kata Yuri.

Lebih lanjut, Yuri mengatakan kebutuhan vaksin untuk masyarakat Indonesia diperkirakan 160 juta orang untuk mencapai herd immunity. Hal itu mengacu angka ideal 70 persen penduduk yang diperkirakan akan mencapai kekebalan imunitas atau herd immunity.

"Dasar ini lah yang kmudian kita pakai bahwa perhitungan kita hanya mencapai herd immunity artinya 160 juta orang. Apabila menggunakan platform di Sinovac karena ini yang akan di produksi di Bio Farma, maka kita butuhkan dual dose. Jadi kebutuhan vaksinnya adalah sekitar 2 kali 160 juta adalah 320 juta," ungkap Yuri. mb.


Komentar


Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Maradona Meninggal, Koran Seluruh Dunia Beri Penghormatan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dunia sepak bola tengah berduka setelah kepergian sang legenda, Diego Maradona, dalam..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Kronologi Meninggalnya Diego Maradona

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA  - Diego Maradona  meninggal dunia dan membuat publik sepakbola terkejut. Berikut..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Maradona Meninggal, Messi dan Ronaldo Kompak Ucap “Eterno” Dalam Pesan Duka

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – “Eterno”. Abadi. Satu kata itu kompak diungkapkan Lionel..
Jakarta Timur - 16 jam yang lalu

Pendaftaran Calon Ketua Umum Lamahu Dibuka Tanggal 27-29 November

POROSJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Pendaftaran calon Ketua Umum Paguyuban Lamahu Gorontalo Rantau mulai dibuka Jumat, 27..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Jika Vaksin COVID-19 Tersedia, Bukti Vaksinasi Wajib Bagi Penumpang Air Lines

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pelancong yang menggunakan mode trasportasi via udara, terutama penerbangan internasional..
Jakarta Pusat - 3 hari yang lalu

Kisaran Harga 3 Kandidat Vaksin Covid-19 yang Sedang Uji Coba Fase 3

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Para ahli dan perusahaan farmasi di berbagai dunia berupaya membuat vaksin virus corona..
Metro - 4 hari yang lalu

Ada Isu Diskualifikasi Calon Sekda Marullah, GPMI Jakarta Raya Pasang Badan

POROSJAKARTA.COM, BALAIKOTA - Calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali mendapat dukungan..
Metro - 4 hari yang lalu

TB Hasanuddin: Masyarakat Bebas Sampaikan Aspirasi Asal Sesuai Dengan Format Kebangsaan Yang Disepakati

POROSJAKARTA.COM, SENAYAN - Politisi PDI Perjuangan Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menyampaikan di era demokrasi..
Jakarta Barat - 4 hari yang lalu

FKBN DKI Jakarta Berbagi Kasih di Panti Jompo Werdha Wisma Mulia

POROSJAKARTA.COM, – Forum Kader Bela Negara (FKBN) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos)..
Jakarta Timur - 6 hari yang lalu

Pilkada Kabupaten Supiori Makin Dekat, Pililah Paslon Yang Bersih

POROSJAKARTA.COM – Tinggal beberapa hari lagi Pilkada Kabupaten Supiori Provinsi Papua segera digelar pada 9..
Lihat Semua

Close





Close
Close