Sabtu, 15 Mei 2021 WIB

Pilkada Supiori, Tegakkan Demokrasi Lewat Pelaksanaan Pilkada Yang Jujur dan Adil

Oleh : Merwyn Golan | Mike Wangge | Minggu, 15 Nopember 2020 | 10:54 WIB


(Foto: Ist) Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen

POROSJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Sudah menjadi pemandangan umum dan biasa bahwa setiap Pilkada di seluruh Indonesia sering diwarnai saling jegal-menjegal di antara peserta dengan memanfaatkan perangkat pilkada yang ada. Kekuasaan lokal dimanfatkan sedemikian rupa untuk meloloskan pasangan pilihannya sambil menjegal yang lain. 


Fenomena ini sepertinya belum pudar dari pandangan keseharian kita dalam pilkada seluruh Indonesia sampai dengan tahun 2020 ini. Bagaimana dengan pilkada nun jauh di Kabupaten Supiori, Provinsi Papua yang segera akan dilaksanakan pada Desember 2020 ini?

Fenomena ini tetap ada dan membayangi para peserta berikut pendukungnya. Itulah yang menimbulkan “kegamangan” yang luar biasa pada peserta. Sebagian merasa terzolimi oleh kesewenangan kekeuasaan lokal untuk menjegal calon yang mungkin sementara dianggap sebagai “musuh”. Penjegalan bisa lewat keabsahan peserta, kecurangan dalam penghitungan suara, dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen Maran kepada Porosjakarta.com di markas FKMPP Mess Cendrawasih Tanah Abang Jakarta Minggu, (15/11/2020).

Dia mengatakan fenomena jegal-menjegal antar-peserta pilkada masih mewarnai di seluruh Indonesia. Tidak luput pilkada di seluruh Tanah Papua. Bahkan dikatakan Benny, di Tanah Papua fenomena ini terasa jauh lebih kental dibanding daerah-daerah lainnya.

“Saya ingin menekankan kepada semua pihak bahwa kekuasaan lokal bukanlah alat untuk menekan lawan tanding dalam sebuah pesta demokrasi pilkada seperti di Kabupaten Supiori ini. Saya ingin agar Pemerintah Daerah bisa menjamin bahwa pelaksaan pilkada akan berlangsung jujur dan memberikan rasa keandilan untuk semua peserta pilkada,” jelas Benny Marthen Maran.

Biarkan mereka bertarung secara fair. Tetapi untuk menjamin hal itu butuh seorang pemimpin lokal yang terus belajar menegakkan demokrasi untuk menjadi seorang negarawan imbuhnya.

Dalam pilkada Kabupaten Supiori sudah ditetapkan lima pasangan calon yang akan maju bertarung dalam pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 yang akan datang. Kelima pasangan calon tersebut sudah ditetapkan berdasarkan nomor urut melalui rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Supiori pada September 2020 lalu.

Kelima Pasangan calon tersebut dengan nomor urut masing –masing nomor urut 1 calon bupati Obeth Rumabar, S.Pak.M.Pd dan calon wakil bupati Daud Imanuel Olaf Marisan, S.Pd.M.Pd. Nomor Urut 2 yaitu pasangan calon Bupati Ruth Naomi Rumkabu,S.Pd , dan calon wakil bupati Piet Karel Pariaribo, SH. Nomor Urut 3. calon bupati Jacobus Kawer ,S.P, dan calon wakil bupati Salmon Rumbekwan ,S.Sos.M.MA. Nomor urut 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati calon bupati Ronny Sylvado Gustaf Mammoribo, S.STP.M.Si. Nomor urut 5 pasangan calon bupati Drs. Yan Imbab, dan calon wakil Bupati Nichodemus Ronsumbre .

Disebutkan bahwa rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Supiori tahun 2020 di hadiri Bupati Kabupaten Supiori Drs.Jules F Warikar, Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma, SE , Ketua Bawaslu beserta anggota , Perwakilan dari Kodim 1708 Biak Numfor dan Supiori.

Benny Marthen Maran mengimbau kepada semua petugas pilkada baik KPUD Kabupaten Supiori, KPUD Provinsi Papua, Bawaslu, petugas keamanan, termasuk Pemerintah Daerah setempat harus bisa menjamin bahwa pilkada Kabupaten Supiori berlangsung dalam iklim demokrasi yang baik dengan menekankan kejujuran dan keadilan.

Dia mengatakan semua pihak harus bisa menjamin bahwa kelima peserta boleh bertarung secara bebas dalam iklim demokrasi yang sehat.

“Biarkan mereka bertarung secara bersih, agar masyarakat dapat memilah-milah mana pemimp;;in yang bersih, jujur, dan berpihak pada kepentingan umum seluruh masyarakat,” sebut Benny Marthen Maran. * [PJ/Mike Wangge]


Komentar


Nusantara - 1 minggu yang lalu

Kades Cikbar, Hj. Yuyun:  Lansia Jalani Vaksinasi Covid-19, Beraktivitas Tetap Terapkan Prokes

POROSJAKARTA.COM, CIKAMPEK -  Di hari kedua Vaksinasi Covid-19 Kepala Desa Cikampek Barat Hj. Yuyun..
Khas - 1 minggu yang lalu

Dukung Go Green, Pilih Deterjen Ramah Lingkungan

POROSJAKARTA.COM -Setiap memilih produk kebutuhan rumah tangga, seorang ibu pasti akan mempertimbangkan fungsi,..
1 minggu yang lalu

Jaga Kehamilan, Nagita Hanya Makan Mie Instan Berbahan Alami

POROSJAKARTA.COM - Di konten Youtube “Jajarans” RANS Entertainment mengunggah aksi pasangan Raffi Ahmad..
Bodetabek - 1 minggu yang lalu

Membangun Sinergi untuk Indonesia Bertulang Sehat dan Kuat

POROSJAKARTA.COM, TANGSEL - Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) melakukan pelantikan dewan pengurus..
Seleberita - 1 minggu yang lalu

“Mulai Hari Ini”, God Bless Genap 48 Tahun

POROSJAKARTA,COM, JAKARTA - Tanggal 4 & 5 Mei 1973 hanyalah sebuah titik awal bagi God Bless. Saat ketika secara..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

DPP LANA Bergerak Membangun Sinergitas Bersama Pemerintah  

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Tidak ada istilah menyerah dan kata lelah berkontribusi bagi bangsa dan negara,..
Jakarta Utara - 1 minggu yang lalu

Donor Darah di Bulan Ramadhan Merupakan Sikap Mulia

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - INTI DKI JKT (IDJ) bekerjasama dengan Alumni Candra Naya, GADDI (Gerakan Aksi Donor..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

PT Sarana Yeoman Sembada Gugat 21,8 Miliar Lie Tie Hok, Alim A Boi, Dkk

POROSJAKARTA.COM, BATAM - Persoalan dipailitkannya PT Sarana Yeoman Sembada memasuki babak baru dengan..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Ben Pilar Diduga Langgar Etika dan Abuse of Power

POROSJAKARTA.COM, TANGSEL - Tiga hari sejak dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang..
Jakarta Selatan - 2 minggu yang lalu

Perkuat SPBE Melalui Kolaborasi Satu Data Indonesia

POROSJAKARTA.COM, KEBAYORAN.BARU - Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close