Jumat, 27 Nopember 2020 WIB

Pilkada Supiori, Tegakkan Demokrasi Lewat Pelaksanaan Pilkada Yang Jujur dan Adil

Oleh : Merwyn Golan | Mike Wangge | Minggu, 15 Nopember 2020 | 10:54 WIB


(Foto: Ist) Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen

POROSJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Sudah menjadi pemandangan umum dan biasa bahwa setiap Pilkada di seluruh Indonesia sering diwarnai saling jegal-menjegal di antara peserta dengan memanfaatkan perangkat pilkada yang ada. Kekuasaan lokal dimanfatkan sedemikian rupa untuk meloloskan pasangan pilihannya sambil menjegal yang lain. 


Fenomena ini sepertinya belum pudar dari pandangan keseharian kita dalam pilkada seluruh Indonesia sampai dengan tahun 2020 ini. Bagaimana dengan pilkada nun jauh di Kabupaten Supiori, Provinsi Papua yang segera akan dilaksanakan pada Desember 2020 ini?

Fenomena ini tetap ada dan membayangi para peserta berikut pendukungnya. Itulah yang menimbulkan “kegamangan” yang luar biasa pada peserta. Sebagian merasa terzolimi oleh kesewenangan kekeuasaan lokal untuk menjegal calon yang mungkin sementara dianggap sebagai “musuh”. Penjegalan bisa lewat keabsahan peserta, kecurangan dalam penghitungan suara, dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen Maran kepada Porosjakarta.com di markas FKMPP Mess Cendrawasih Tanah Abang Jakarta Minggu, (15/11/2020).

Dia mengatakan fenomena jegal-menjegal antar-peserta pilkada masih mewarnai di seluruh Indonesia. Tidak luput pilkada di seluruh Tanah Papua. Bahkan dikatakan Benny, di Tanah Papua fenomena ini terasa jauh lebih kental dibanding daerah-daerah lainnya.

“Saya ingin menekankan kepada semua pihak bahwa kekuasaan lokal bukanlah alat untuk menekan lawan tanding dalam sebuah pesta demokrasi pilkada seperti di Kabupaten Supiori ini. Saya ingin agar Pemerintah Daerah bisa menjamin bahwa pelaksaan pilkada akan berlangsung jujur dan memberikan rasa keandilan untuk semua peserta pilkada,” jelas Benny Marthen Maran.

Biarkan mereka bertarung secara fair. Tetapi untuk menjamin hal itu butuh seorang pemimpin lokal yang terus belajar menegakkan demokrasi untuk menjadi seorang negarawan imbuhnya.

Dalam pilkada Kabupaten Supiori sudah ditetapkan lima pasangan calon yang akan maju bertarung dalam pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 yang akan datang. Kelima pasangan calon tersebut sudah ditetapkan berdasarkan nomor urut melalui rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Supiori pada September 2020 lalu.

Kelima Pasangan calon tersebut dengan nomor urut masing –masing nomor urut 1 calon bupati Obeth Rumabar, S.Pak.M.Pd dan calon wakil bupati Daud Imanuel Olaf Marisan, S.Pd.M.Pd. Nomor Urut 2 yaitu pasangan calon Bupati Ruth Naomi Rumkabu,S.Pd , dan calon wakil bupati Piet Karel Pariaribo, SH. Nomor Urut 3. calon bupati Jacobus Kawer ,S.P, dan calon wakil bupati Salmon Rumbekwan ,S.Sos.M.MA. Nomor urut 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati calon bupati Ronny Sylvado Gustaf Mammoribo, S.STP.M.Si. Nomor urut 5 pasangan calon bupati Drs. Yan Imbab, dan calon wakil Bupati Nichodemus Ronsumbre .

Disebutkan bahwa rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Supiori tahun 2020 di hadiri Bupati Kabupaten Supiori Drs.Jules F Warikar, Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma, SE , Ketua Bawaslu beserta anggota , Perwakilan dari Kodim 1708 Biak Numfor dan Supiori.

Benny Marthen Maran mengimbau kepada semua petugas pilkada baik KPUD Kabupaten Supiori, KPUD Provinsi Papua, Bawaslu, petugas keamanan, termasuk Pemerintah Daerah setempat harus bisa menjamin bahwa pilkada Kabupaten Supiori berlangsung dalam iklim demokrasi yang baik dengan menekankan kejujuran dan keadilan.

Dia mengatakan semua pihak harus bisa menjamin bahwa kelima peserta boleh bertarung secara bebas dalam iklim demokrasi yang sehat.

“Biarkan mereka bertarung secara bersih, agar masyarakat dapat memilah-milah mana pemimp;;in yang bersih, jujur, dan berpihak pada kepentingan umum seluruh masyarakat,” sebut Benny Marthen Maran. * [PJ/Mike Wangge]


Komentar


Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Maradona Meninggal, Koran Seluruh Dunia Beri Penghormatan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dunia sepak bola tengah berduka setelah kepergian sang legenda, Diego Maradona, dalam..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Kronologi Meninggalnya Diego Maradona

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA  - Diego Maradona  meninggal dunia dan membuat publik sepakbola terkejut. Berikut..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Maradona Meninggal, Messi dan Ronaldo Kompak Ucap “Eterno” Dalam Pesan Duka

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – “Eterno”. Abadi. Satu kata itu kompak diungkapkan Lionel..
Jakarta Timur - 16 jam yang lalu

Pendaftaran Calon Ketua Umum Lamahu Dibuka Tanggal 27-29 November

POROSJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Pendaftaran calon Ketua Umum Paguyuban Lamahu Gorontalo Rantau mulai dibuka Jumat, 27..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Jika Vaksin COVID-19 Tersedia, Bukti Vaksinasi Wajib Bagi Penumpang Air Lines

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pelancong yang menggunakan mode trasportasi via udara, terutama penerbangan internasional..
Jakarta Pusat - 3 hari yang lalu

Kisaran Harga 3 Kandidat Vaksin Covid-19 yang Sedang Uji Coba Fase 3

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Para ahli dan perusahaan farmasi di berbagai dunia berupaya membuat vaksin virus corona..
Metro - 4 hari yang lalu

Ada Isu Diskualifikasi Calon Sekda Marullah, GPMI Jakarta Raya Pasang Badan

POROSJAKARTA.COM, BALAIKOTA - Calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali mendapat dukungan..
Metro - 4 hari yang lalu

TB Hasanuddin: Masyarakat Bebas Sampaikan Aspirasi Asal Sesuai Dengan Format Kebangsaan Yang Disepakati

POROSJAKARTA.COM, SENAYAN - Politisi PDI Perjuangan Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menyampaikan di era demokrasi..
Jakarta Barat - 4 hari yang lalu

FKBN DKI Jakarta Berbagi Kasih di Panti Jompo Werdha Wisma Mulia

POROSJAKARTA.COM, – Forum Kader Bela Negara (FKBN) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos)..
Jakarta Timur - 6 hari yang lalu

Pilkada Kabupaten Supiori Makin Dekat, Pililah Paslon Yang Bersih

POROSJAKARTA.COM – Tinggal beberapa hari lagi Pilkada Kabupaten Supiori Provinsi Papua segera digelar pada 9..
Lihat Semua

Close





Close
Close