Jumat, 27 Nopember 2020 WIB

Pulihkan Ekonomi Dimasa Pandemi, Penjualan Produk MLM Dongkrak Pemasukn Negara 14,7 Triliun

Oleh : Fuad Rohimi | Minggu, 15 Nopember 2020 | 21:31 WIB


Menteri Perdagangan Agus Suparmanto /ist

 POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan asosiasi di bidang penjualan langsung dan lembaga pemerintah terkait untuk meningkatkan edukasi dan literasi tentang usaha penjualan langsung dengan skema Multi Level Marketing (MLM) agar citra usaha mereka menjadi lebih baik, sehingga mampu memberikan income signifikan kepada pemerintah.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan, di masa pandemi COVID-19 ini, sektor usaha MLM memberikan kontribusi berarti terhadap perekonomian nasional. Kementerian Perdagangan berkomitmen mendukung sektor usaha ini agar perekonomian terus berjalan dan kembali pulih.

Hasil survei Kementerian Perdagangan menunjukkan, MLM berguna sebagai sarana usaha bagi para pelajar dan mahasiswa. Namun, hasil survei juga menunjukkan adanya sejumlah kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha penjualan langsung.

“Untuk itu, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan asosiasi di bidang penjualan langsung dan lembaga pemerintah terkait untuk secara aktif memajukan industri penjualan langsung dengan meningkatkan edukasi dan literasi tentang usaha penjualan langsung atau MLM agar citra usaha penjualan langsung di mata masyarakat dapat menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan penjualan,” ujar Agus Suparmanto dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Di masa sulit ini, MLM justru mampu menjadi salah satu sektor usaha yang mendongkrak perekonomian di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, bisnis MLM mendapatkan dukungan dari Menteri Perdagangan. “Sektor usaha penjualan langsung memberikan kontribusi yang berarti terhadap perekonomian nasional," ujarnya.

Berdasarkan laporan kegiatan tahunan dari 147 perusahaan di tahun 2019, perusahaan penjualan langsung Indonesia berhasil mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp14,7 triliun dengan melibatkan 5,3 juta mitra usaha.

Selain memberikan manfaat ekonomi bagi para mitra usaha, sektor penjualan langsung juga turut berkontribusi menjaga keberlangsungan usaha produsen dalam negeri. Sebanyak 51,86 persen jenis produk yang dijual merupakan produk dalam negeri.

Menurut Agus Suparmanto, pada kenyataannya, MLM memberikan manfaat ekonomi bagi para mitra usaha, sektor penjualan langsung juga turut berkontribusi menjaga keberlangsungan usaha produsen dalam negeri.

"Untuk itu, Kementerian Perdagangan berkomitmen mendukung sektor usaha ini agar perekonomian terus berjalan dan kembali pulih akibat dampak COVID-19," tuturnya.

Kenyataan itu dibenarkan Ketua Umum APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia ) Kany Soemantoro. Menurutnya, di masa pendemi ini mitra usaha MLM melakukan penjualan produk yang fantastis sehingga mampu mendongkrak income bagi negara.

“Masyarakat saat ini membutuhkan imun yang kuat, sehingga omzet penjualan suplemen makanan (health food ) dan vitamin laku keras. Seperti produk propolis, vitamin C dan vitamin lainnya, termasuk air minum Ph tinggi yang luar biasa penjualannya,” ungkap Kany Soemantoro.

Ketua Umum APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia ) Kany Soemantoro. /ist

Kany Soemantoro mengaku selalu menegaskan kepada anggotanya untuk selalu mendukung pemerintah, terutama dimasa pandemi ini. “Masyarakat sangat membutuhkan imunitas tubuh yang kuat dalam menghadapi pandemi ini sehingga diharapkan kepada anggota asosiasi untuk menjual produk kesehatan secara promo karena daya beli masyarakat saat ini sangat terbatas. Dengan cara itu roda perekonomian akan tetap berputar,” paparnya.

Hasil survey itu juga mencatat, usaha penjualan langsung dapat berguna sebagai sarana usaha bagi para pelajar dan mahasiswa. Namun, hasil survei juga menunjukkan adanya sejumlah kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha penjualan langsung. Seperti adanya pandangan negatif masyarakat terhadap bisnis penjualan langsung. Salah satu penyebabnya adalah adanya berbagai penawaran program yang menyalahi aturan.

Perkembangan teknologi digital otomatis turut mengubah strategi penjualan di sektor usaha penjualan langsung. Kini, penjualan dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai media digital. Melalui penggunaan internet dan teknologi informasi, perusahaan MLM semakin dekat dengan para mitra usahanya dan membantu para mitra usahanya merencanakan serta mencapai keuntungan maksimal.[]


Komentar


Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Maradona Meninggal, Koran Seluruh Dunia Beri Penghormatan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dunia sepak bola tengah berduka setelah kepergian sang legenda, Diego Maradona, dalam..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Kronologi Meninggalnya Diego Maradona

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA  - Diego Maradona  meninggal dunia dan membuat publik sepakbola terkejut. Berikut..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Maradona Meninggal, Messi dan Ronaldo Kompak Ucap “Eterno” Dalam Pesan Duka

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – “Eterno”. Abadi. Satu kata itu kompak diungkapkan Lionel..
Jakarta Timur - 16 jam yang lalu

Pendaftaran Calon Ketua Umum Lamahu Dibuka Tanggal 27-29 November

POROSJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Pendaftaran calon Ketua Umum Paguyuban Lamahu Gorontalo Rantau mulai dibuka Jumat, 27..
Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

Jika Vaksin COVID-19 Tersedia, Bukti Vaksinasi Wajib Bagi Penumpang Air Lines

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pelancong yang menggunakan mode trasportasi via udara, terutama penerbangan internasional..
Jakarta Pusat - 3 hari yang lalu

Kisaran Harga 3 Kandidat Vaksin Covid-19 yang Sedang Uji Coba Fase 3

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Para ahli dan perusahaan farmasi di berbagai dunia berupaya membuat vaksin virus corona..
Metro - 4 hari yang lalu

Ada Isu Diskualifikasi Calon Sekda Marullah, GPMI Jakarta Raya Pasang Badan

POROSJAKARTA.COM, BALAIKOTA - Calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali mendapat dukungan..
Metro - 4 hari yang lalu

TB Hasanuddin: Masyarakat Bebas Sampaikan Aspirasi Asal Sesuai Dengan Format Kebangsaan Yang Disepakati

POROSJAKARTA.COM, SENAYAN - Politisi PDI Perjuangan Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menyampaikan di era demokrasi..
Jakarta Barat - 4 hari yang lalu

FKBN DKI Jakarta Berbagi Kasih di Panti Jompo Werdha Wisma Mulia

POROSJAKARTA.COM, – Forum Kader Bela Negara (FKBN) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos)..
Jakarta Timur - 6 hari yang lalu

Pilkada Kabupaten Supiori Makin Dekat, Pililah Paslon Yang Bersih

POROSJAKARTA.COM – Tinggal beberapa hari lagi Pilkada Kabupaten Supiori Provinsi Papua segera digelar pada 9..
Lihat Semua

Close





Close
Close