Sabtu, 15 Mei 2021 WIB

Pulihkan Ekonomi Dimasa Pandemi, Penjualan Produk MLM Dongkrak Pemasukn Negara 14,7 Triliun

Oleh : Fuad Rohimi | Minggu, 15 Nopember 2020 | 21:31 WIB


Menteri Perdagangan Agus Suparmanto /ist

 POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan asosiasi di bidang penjualan langsung dan lembaga pemerintah terkait untuk meningkatkan edukasi dan literasi tentang usaha penjualan langsung dengan skema Multi Level Marketing (MLM) agar citra usaha mereka menjadi lebih baik, sehingga mampu memberikan income signifikan kepada pemerintah.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan, di masa pandemi COVID-19 ini, sektor usaha MLM memberikan kontribusi berarti terhadap perekonomian nasional. Kementerian Perdagangan berkomitmen mendukung sektor usaha ini agar perekonomian terus berjalan dan kembali pulih.

Hasil survei Kementerian Perdagangan menunjukkan, MLM berguna sebagai sarana usaha bagi para pelajar dan mahasiswa. Namun, hasil survei juga menunjukkan adanya sejumlah kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha penjualan langsung.

“Untuk itu, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan asosiasi di bidang penjualan langsung dan lembaga pemerintah terkait untuk secara aktif memajukan industri penjualan langsung dengan meningkatkan edukasi dan literasi tentang usaha penjualan langsung atau MLM agar citra usaha penjualan langsung di mata masyarakat dapat menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan penjualan,” ujar Agus Suparmanto dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Di masa sulit ini, MLM justru mampu menjadi salah satu sektor usaha yang mendongkrak perekonomian di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, bisnis MLM mendapatkan dukungan dari Menteri Perdagangan. “Sektor usaha penjualan langsung memberikan kontribusi yang berarti terhadap perekonomian nasional," ujarnya.

Berdasarkan laporan kegiatan tahunan dari 147 perusahaan di tahun 2019, perusahaan penjualan langsung Indonesia berhasil mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp14,7 triliun dengan melibatkan 5,3 juta mitra usaha.

Selain memberikan manfaat ekonomi bagi para mitra usaha, sektor penjualan langsung juga turut berkontribusi menjaga keberlangsungan usaha produsen dalam negeri. Sebanyak 51,86 persen jenis produk yang dijual merupakan produk dalam negeri.

Menurut Agus Suparmanto, pada kenyataannya, MLM memberikan manfaat ekonomi bagi para mitra usaha, sektor penjualan langsung juga turut berkontribusi menjaga keberlangsungan usaha produsen dalam negeri.

"Untuk itu, Kementerian Perdagangan berkomitmen mendukung sektor usaha ini agar perekonomian terus berjalan dan kembali pulih akibat dampak COVID-19," tuturnya.

Kenyataan itu dibenarkan Ketua Umum APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia ) Kany Soemantoro. Menurutnya, di masa pendemi ini mitra usaha MLM melakukan penjualan produk yang fantastis sehingga mampu mendongkrak income bagi negara.

“Masyarakat saat ini membutuhkan imun yang kuat, sehingga omzet penjualan suplemen makanan (health food ) dan vitamin laku keras. Seperti produk propolis, vitamin C dan vitamin lainnya, termasuk air minum Ph tinggi yang luar biasa penjualannya,” ungkap Kany Soemantoro.

Ketua Umum APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia ) Kany Soemantoro. /ist

Kany Soemantoro mengaku selalu menegaskan kepada anggotanya untuk selalu mendukung pemerintah, terutama dimasa pandemi ini. “Masyarakat sangat membutuhkan imunitas tubuh yang kuat dalam menghadapi pandemi ini sehingga diharapkan kepada anggota asosiasi untuk menjual produk kesehatan secara promo karena daya beli masyarakat saat ini sangat terbatas. Dengan cara itu roda perekonomian akan tetap berputar,” paparnya.

Hasil survey itu juga mencatat, usaha penjualan langsung dapat berguna sebagai sarana usaha bagi para pelajar dan mahasiswa. Namun, hasil survei juga menunjukkan adanya sejumlah kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha penjualan langsung. Seperti adanya pandangan negatif masyarakat terhadap bisnis penjualan langsung. Salah satu penyebabnya adalah adanya berbagai penawaran program yang menyalahi aturan.

Perkembangan teknologi digital otomatis turut mengubah strategi penjualan di sektor usaha penjualan langsung. Kini, penjualan dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai media digital. Melalui penggunaan internet dan teknologi informasi, perusahaan MLM semakin dekat dengan para mitra usahanya dan membantu para mitra usahanya merencanakan serta mencapai keuntungan maksimal.[]


Komentar


Nusantara - 1 minggu yang lalu

Kades Cikbar, Hj. Yuyun:  Lansia Jalani Vaksinasi Covid-19, Beraktivitas Tetap Terapkan Prokes

POROSJAKARTA.COM, CIKAMPEK -  Di hari kedua Vaksinasi Covid-19 Kepala Desa Cikampek Barat Hj. Yuyun..
Khas - 1 minggu yang lalu

Dukung Go Green, Pilih Deterjen Ramah Lingkungan

POROSJAKARTA.COM -Setiap memilih produk kebutuhan rumah tangga, seorang ibu pasti akan mempertimbangkan fungsi,..
1 minggu yang lalu

Jaga Kehamilan, Nagita Hanya Makan Mie Instan Berbahan Alami

POROSJAKARTA.COM - Di konten Youtube “Jajarans” RANS Entertainment mengunggah aksi pasangan Raffi Ahmad..
Bodetabek - 1 minggu yang lalu

Membangun Sinergi untuk Indonesia Bertulang Sehat dan Kuat

POROSJAKARTA.COM, TANGSEL - Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) melakukan pelantikan dewan pengurus..
Seleberita - 1 minggu yang lalu

“Mulai Hari Ini”, God Bless Genap 48 Tahun

POROSJAKARTA,COM, JAKARTA - Tanggal 4 & 5 Mei 1973 hanyalah sebuah titik awal bagi God Bless. Saat ketika secara..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

DPP LANA Bergerak Membangun Sinergitas Bersama Pemerintah  

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Tidak ada istilah menyerah dan kata lelah berkontribusi bagi bangsa dan negara,..
Jakarta Utara - 1 minggu yang lalu

Donor Darah di Bulan Ramadhan Merupakan Sikap Mulia

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - INTI DKI JKT (IDJ) bekerjasama dengan Alumni Candra Naya, GADDI (Gerakan Aksi Donor..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

PT Sarana Yeoman Sembada Gugat 21,8 Miliar Lie Tie Hok, Alim A Boi, Dkk

POROSJAKARTA.COM, BATAM - Persoalan dipailitkannya PT Sarana Yeoman Sembada memasuki babak baru dengan..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Ben Pilar Diduga Langgar Etika dan Abuse of Power

POROSJAKARTA.COM, TANGSEL - Tiga hari sejak dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang..
Jakarta Selatan - 2 minggu yang lalu

Perkuat SPBE Melalui Kolaborasi Satu Data Indonesia

POROSJAKARTA.COM, KEBAYORAN.BARU - Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close