Rabu, 20 Januari 2021 WIB

Maradona Meninggal, Koran Seluruh Dunia Beri Penghormatan

Oleh : Mansyur Barus | Jumat, 27 Nopember 2020 | 12:04 WIB



POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dunia sepak bola tengah berduka setelah kepergian sang legenda, Diego Maradona, dalam usia ke-60 tahun pada Rabu 25 November 2020 karena serangan jantung. Headline media-media dari seluruh dunia diisi penghormatan kepada 'Si Tangan Tuhan' pada Kamis 26 November 2020, sehari setelah kematian Maradona di Buenos Aires, Argentina.

Dari mulai Eropa, Amerika Serikat ( AS), India, Malaysia, Nigeria, dan di seluruh Amerika Selatan, foto wajah Maradona tercetak di halaman depan maupun di halaman belakang surat kabar. Media Perancis, L'Equipe, bahkan menulis 'Tuhan Telah Mati' sebagai judul headline-nya sebagai penghormatan kepada Maradona. Surat kabar Spanyol, Marca, juga memuat kutipan menyentuh dari Maradona sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

“Jika saya terlahir kembali, saya ingin menjadi pesepakbola. Dan saya ingin menjadi Diego Armando Maradona lagi. Saya adalah pemain yang telah membuat orang bahagia, dan itu sudah cukup bagi saya,” tulis Marca.

Sentuhan, kecepatan dan ketenangan Maradona merupakan kombinasi yang luar biasa di atas lapangan sehingga berhasil menariknya keluar dari daerah kumuh Buenos Aires menjadi orang terpandang di seluruh dunia. Beberapa orang yang cukup beruntung bisa menyaksikan aksi Maradona secara langsung ketika dia merumput bersama Argentina, Napoli, Barcelona dan sejumlah klub lain.

Kendati menjadi bintang di lapangan pada masa jayanya, bukan berarti Maradona hidup dalam kesempurnaan. Di mata generasi yang lebih muda, Maradona dipandang telah terjerat kehidupan kelam bersama alkohol, narkoba, dan masalah dengan mafia.

Kendati terjerat berbagai permasalahan kelam, dunia sepak bola tetap mencintai Maradona. Sementara itu, halaman depan sejumlah media Italia dihiasi dengan foto Maradona yang berseragam putih biru, seragam Argentina, meski Maradona menghabiskan waktu cukup lama di Napoli. La Gazzetta dello Sport, dengan foto Maradona sedang mencium trofi Piala Dunia tahun 1986, dan dengan judul utama ‘Saya melihat Maradona’.

Tuttosport mencetak foto Maradona yang sedang digendong di pundak rekan satu timnya setelah kemenangan mereka dalam Piala Dunia di Meksiko. Koran tersebut menulis judul utama ‘AD10S’.

Surat kabar Spanyol juga memberikan penghormatan kepada Maradona, meskipun banyak di antara media-media tersebut mencetak foto Maradona ketika berseragam Barcelona. Koran El Periodico dari Spanyol mencetak dan gambar Maradona dalam seragam La Blaugrana bersama dengan tulisan 'Adios', tetapi ditata sedemikian rupa sehingga bisa juga terbaca 'A God' alias ‘Tuhan’.

Salah satu koran dari AS mencetak halaman depannya yang bertuliskan 'D10S Ha Muerto' dengan gambar Maradona mengenakan kaos Argentina sambil berdiri di depan matahari. Di negara asal Maradona. Argentina, halaman surat kabar dihiasi oleh penghormatan yang sangat besar mulai dari judul 'terima kasih, juara' hingga 'Saya tidak ingin rasa sakit ini di hati saya'.

Cronica, salah satu koran di Buenos Aires, tempat Maradona tinggal, memberikan penghormatan yang sangat tinggi yang diakhiri dengan kata-kata 'Terima kasih untuk semuanya, juara.'

Koran di Denmark, Swedia, Jerman, Inggris, dan Irlandia juga memberi penghormatan kepada Maradona di halaman depan dan belakang mereka. Dua surat kabar di Nigeria juga memberi tempat bagi Maradona, demikian pula ketenaran internasionalnya. Tak luput, surat kabar di Timur Tengah juga memberikan penghormatan kepada sang legenda.mb

 


Komentar


1 minggu yang lalu

Jadi Rektor IBI Kesatuan, Prof. Dr. H. Moermahadi Pertahankan Peran Penting Kampus Ajarkan Budi Pekerti

POROSJAKARTA.COM, BOGOR – Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CA., CPA., CSFA, dilantik..
Arena - 1 minggu yang lalu

Catur BPK Penabur Makin Berkibar, Agustus 2021 Gelar Kejuaraan Catur Antar-Sekolah Tingkat Nasional

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Setelah sukses menyelenggarakan dua turnamen catur bergensi, BPK Penabur melangkah..
Arena - 1 minggu yang lalu

Hasil Kunjungan Kerja Ke KONI Sleman dan KONI Bogor, KONI Jakarta Timur Segera Perjuangkan Besaran Dana Pembinaan Lewat Jalur DPRD Dapil Timur

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Ketua Umum KONI Kotamadya Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang bertekad segera..
Arena - 1 minggu yang lalu

Masuk Tahun 2021 KONI Jakarta Timur Mencatat Prestasi Hebat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 yang meradang sepanjang tahun 2020 tidak mengurangi kinerja KONI Jakarta..
Etalase - 2 minggu yang lalu

Leny Rafael Luncurkan The Bloom, Sebuah Harapan di Masa Pandemi Covid-19

POROSJAKARTA.COM - Sekian lama bertahan dalam masa Pandemi Covid-19, membuat banyak usaha kolaps. Namun tidak sedikit..
DPRD - 2 minggu yang lalu

Steven Setiabudi Musa Sebut Anies Tidak Serius Tanggulangi Covid19

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - DKI Jakarta selalu menjadi salah satu penyumbang terbanyak jumlah positif Covid19 per..
Arena - 2 minggu yang lalu

Laysa Latifah, Persembahkan Kado Tahun Baru 2021 Dengan Prestasi Hebat Raih Juara 3 FIDE WORLD CADET & TOUTH RAPID CHESS ONLINE

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 tidak mampu menghalangi semangat pecatur muda berbakat Indonesia untuk..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Indopolling Apresiasi Anies Sepanjang 2020, GPMI Sebut Beliau Responsif

Porosjakarta.com - Direktur Riset Indopolling Network, Arum Basuki mengapresiasi kinerja berani Anies Baswedan dan..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Soal Kisruh Lahan PTPN VIII di Megamendung, TB Hasanuddin: Kepada Siapapun , Negara Harus Adil

POROSJAKARTA,- Anggota DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengapresiasi langkah PT Perkebunan Nusantara (PTPN)..
Balaikota - 3 minggu yang lalu

Gubernur DKI Isolasi Saja Dapat Banyak Penghargaan

POROSJAKARTA.COM, Kebon Sirih - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 30..
Lihat Semua

Close

Lihat Semua




Close
Close