Rabu, 21 April 2021 WIB

Steven Setiabudi Musa: Penghargaan Ini Saya Dedikasikan Buat Teman-Teman Wartawan Olahraga

Oleh : Mansyur Barus | Kamis, 17 Desember 2020 | 09:51 WIB


Steven Setiabudi Musa

POROSJAKATA.COM, JAKARTA - Steven Setiabudi Musa (SSM)  menerima penghargaan sebagai penggerak olahraga dalam acara Golden Awards Siwo Pusat 2020 yang berlangsung Rabu 16 Desember 2020malam ini di Ball Room Hotel Fairmont Jakarta.

Steven memang layak menerima penghargaan itu karena dia bukanlah orang asing di lingkungan olahraga nasional. Mulai dengan profesi sebagai wartawan olahraga di harian sore Suara Pembaruan, hingga menjadi pengurus cabang olahraga gulat baik di PB.PGSI maupun Pengprov PGSI DKI Jakarta.

 

Di  PB.PGSI, SSM begitu pria berdarah Kawanua itu biasa dipanggil duduk sebagai Ketua Bidang Perlengkapan sementara di Pengprov PGSI sebagai Ketua Umum. Ketika aktif sebagai wartawan olahraga di harian umum sore Suara Pembaruan, SSM telah banyak meliput berbagai kegiatan olahraga baik yang single even maupun multi even nasional dan internasional.

 

”Puji Tuhan saya mendapatkan penghargaan sebagai tokoh penggerak Olahraga oleh SIWO Pusat, terima kasih Tuhan. Ketika menjadi wartawan Olahraga saya mempunyai prinsip : tulisan kritis saya bukan untuk menjatuhkan pihak-pihak yang kita kritisi, karena semangat kita membangun Olahraga Indonesia bersama sama, dan tugas insan pers adalah sebagai sosial kontrol,”ujar pria kelahiran Jakarta 20 September 1969 ini.

 

SSM  menyebut penghargaan ini dia dedikasikan buat teman-teman wartawan olahraga anggota Siwo PWI. Ia berpesan para pewarta olahraga tetap semangat dalam menjalankan tugas dan junjung tinggi kode etik wartawan dengan baik.

Hampir 16 tahun SSM menjadi jurnalis olahraga di Suara Pembaruan. Ketika aktif sebagai pewarta olahraga, tulisan-tulisan SSM sangat tajam dan kritis namun tetap menjaga marwah persahabatan di atas segala-galanya.

 

”Prinsip saya tulisan kritis bukan harus menjatuhkan pihak-pihak yang kita kritisi, karena semangat kita membangun olahraga Indonesia bersama-sama dan tugas pers kan sebagai sosial kontrol,”kata pria berdarah Kawanua (Sangir Talaud) itu.

 

SSM pernah menjadi Koordinator Wartawan Olahraga KONI Pusat pada era Ketua Umum Agum Gumelar. Posisi tersebut mengantarkannya sebagai Atase Pers Kontingen Indonesia di SEA Games 2003 Vietnam.

 

SSM kemudian terjun ke dunia politik dan memilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (PDI-P) sebagai kendaraan politiknya. Perjuangannya yang tak kenal lelahpun membuahkan hasil. Suami dari Ir. Siska Konda ini akhirnya menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dua periode.

Dalam kesibukannya sebagai wakil rakyat Ibukota, SSM sama sekali tak meninggalkan dunia olahraga. Jabatan Ketua Pengprov PGSI DKI Jakarta pun dipegangnya selama satu periode (2016-2020).

Ia juga sempat dipercayakan oleh PWI DKI sebagai komandan CdM (Chief de Misiion) kontingen DKI Jakarta untuk Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 yang sedianya berlangsung di Malang 1-6 September 2020 lalu. Namun karena pandemi Covid-19, pesta olahraga nasional antar wartawan ini ditunda pelaksanaannya.

Bagi SSM dunia olahraga sudah menjadi bagian dari hidupnya. Ia juga pernah menjadi Ketua Penyelenggara Kejurnas Gulat/Pra-PON 2020. Totalitasnya sangat nampak tatkala dirinya tak segan-segan berdiri di pinggir matras untuk memberikan motivasi kepada setiap pegulat DKI Jaya yang sedang berlaga. 

Terkait penghargaan di Golden Awards Siwo Pusat ini, SSM menyebut sebagai penghargaan yang tak ternilai. ”Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada Siwo PWI Pusat dan Panitia Golden Awards atas penghargaan ini,” kata SSM.

Golden Awards Siwo Pusat 2020 memberikan penghargaan untuk 38 kategori diantaranya atlet terbaik putra-putri, pelatih terbaik, pembina terbaik, penggerak olahraga, Gubernur, Bupati dan Walikota peduli olahraga dan Lifetime Achievement. mb

 


Komentar


Jakarta Utara - 2 hari yang lalu

Warung Bersaudara, Buka Kembali Dengan Nama 'WARSO', Waroeng Basodara, Sediakan Beragam Menu

POROSJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Toleransi dalam beragama membuat hidup lebih indah, rukun dan damai, tidak..
Nusantara - 5 hari yang lalu

Rencana Membangun Bandara Antariksa Di Biak Indonesia Targetkan Ekonomi Keantariksaan Salah Satu Penggerak Pertumbuhan Menuju Indonesia Emas 2040

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA -  Dalam rangka  persiapan Kabupaten Biak menuju Kota Antariksa, Bupati Biak..
Bodetabek - 6 hari yang lalu

OmnibusLaw Watch Bela Rakyat dalam Bidang Pertanahan

POROSJAKARTA.COM, BOGOR - Memenuhi rasa keadilan dan meminimalisir adanya penguasaan lahan oleh sekecil kelompok..
Musik - 1 minggu yang lalu

Band Baru dengan Rasa Rindu

POROSJAKARTA.COM - Pendatang baru di pentas musik Indonesia dan belum memiliki payung label rekaman, memberanikan..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Ditjen Pothan Kemhan Gelar Rakor dan Konsolidasi Kader Bela Negara Se-Indonesia

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung Pembinaan Kesadaran Bela Negara serta terwujudnya pemahaman..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Ketum Kosgoro 1957 Tekankan untuk Terus Berbagi di Tengah Pandemi Corona

POROSJAKARTA.COM, BOGOR - Ketua Umum (Ketum) Kosgoro 1957 sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Kegiatan Art Jo Golf..
Jakarta Timur - 3 minggu yang lalu

FKMPP : Para Koruptor Jangan Bersembunyi Dibalik Separatis – KKB di Papua dan Papua Barat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen Maran, menyeruhkan..
Jakarta Timur - 1 bulan yang lalu

CV.Mida Mas Gugat Pailit PT.Gaya Makmur di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat

POROSJAKARTA. COM- Tidak punya itikad baik untuk membayar hutang CV.Mida Mas ajukan Gugatan Pailit terhadap PT. Gaya..
Jakarta Selatan - 2 bulan yang lalu

Indeks Korupsi Turun, Pemerintah Optimalkan Pencegahan Sistem OSS

POROSJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pemerintah mengingatkan kepada pejabat publik dan aparatur sipil negara (ASN) agar..
Nusantara - 2 bulan yang lalu

Semangat Hulondtalo Moawota, Pengurus Lamahu Terbentuk

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Setelah melewati berbagai tahap dinamika, organisasi paguyuban Gorontalo rantau Huyula..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close