Rabu, 20 Januari 2021 WIB

Masuk Tahun 2021 KONI Jakarta Timur Mencatat Prestasi Hebat

Oleh : Mike Wangge | Kamis, 07 Januari 2021 | 08:17 WIB


Foto: PJ Ketua Umum KONI Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang ketika membuka rapat pertama tahun 2021 di sekretariat KONI Jakarta Timur di GOR Jaktim.

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 yang meradang sepanjang tahun 2020 tidak mengurangi kinerja KONI Jakarta Timur untuk menuntaskan tugas-tugas utamanya dalam membina cabang olahraga di wilayahnya sepanjang tahun 2020 lalu.

Bahkan sejumlah prestasi dicatat yaitu penataan organisasi yang semakin memadai, upaya peningkatan pemberian penghargaan kepada atlet berprestasi, menghadiri setiap pelantikan cabor, serta sejumlah kunjungan kerja yang membuahkan hasil maksimal dalam rangka maksimalisasi pembinaan di wilayah KONI Jakarta Timur. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum KONI Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang ketika membuka rapat pertama tahun 2021 di sekretariat KONI Jakarta Timur di GOR Jaktim baru-baru ini.

Dari segi penataan organisasi, 31 cabor di wilayahnya telah memiki sekretariat, badan pengurus yang sudah dilantik syah, dan tercatat memiliki kegiatan rutin pembinaan yang semakin memadai untuk masing-masing cabornya. Hanya sekitar 5 persen cabor yang dari sisi organisasi masih perlu dibenahi, dan berharap di tahun 2021 semua sudah selesai.

Suksesnya program pemberian penghargaan kepada para atlet berprestasi oleh KONI Jakarta pada akhir tahun 2019, tadinya ingin diteruskan di tahun 2020 dengan memperbesar jumlah cabor dan jumlah atletnya tetapi terkendala Covid -19. Namun program pemberian pengharagaan ini sudah diputuskan menjadi program rutin tahunan sehingga apapun kendalanya di tahun 2021 tetap dilakukan sebagaimana mestinya.

Program andalan lain oleh KONI Jakarta Timur adalah kunjungan kerja ke KONI – KONI Kabupaten di daerah. Program ini dimaksudkan mempelajari sinergisitas kegiatan KONI Kabupaten lainnya, dari sisi pembinaan, anggarannya, dan dari sisi pengelolaan organisasinya, sebagai bahan perbandingan untuk meningkatkan kinerja dan menata KONI Jakarta Timur.

Hasil kunjungan kerja di akhir tahun 2019 yakni ke KONI Kota Bogor, dan KONI DIY tadinya ingin ditindaklanjuti ke tingkat yang lebih tinggi yaitu memaparkan hasil kunjungan tersebut bersama Anggota DPRD Dapil Jakarta Timur di tahun 2020. Namun lagi-lagi masih terkendala PSPB Covid – 19 sehingga semuanya ditunda untuk dilaksanakan pada tahun 2021.

Dalam kunjungan kerja di kedua kabupaten itu (Kota Bogor dan Kabupaten Sleman) hasilnya cukup memuaskan. Dari kunjungan kerja ke Kota Bogor ditemui beberapa kelebihan pembinaan di sana antaranya memperoleh gambaran menyeluruh tentang pengembangan prestasi yang dilakukan oleh KONI Kota Bogor. Visi dan misi yang dicanangkan yaitu “Sukses Prestasi Sejahtera Atlet dan Pelatih” tidak sekadar slogan belaka akan tetapi sudah dijalani, dan dilaksanakan dan mereka sukses meraih motto utama KONI Kota Bogor, yakni atlet, pelatih, maupun pengurus olahraga bisa hidup dari olahraga.


Dalam kunjungan tersebut juga memperoleh gambaran tentang besaran dukungan dana dari Pemda Kota Bogor sekitar Rp 12 miliar pertahun. Dari jumlah tersebut, 81 persen digunakan untuk belanja program (dari bantuan langsung dan tidak langsung). Jumlah alokasi dana yang diperoleh KONI Kota Bogor dengan KONI Kotamadya Jakarta Timur adalah 12 miliar berbanding 300 juta atau hanya sekitar 1,5 persen.

Dengan bantuan dana sebesar itu memampukan KONI Kota Bogor meraih prestasi hebat. Di antaranya adalah pada Asian Games 2018 KONI Kota Bogor berhasil mengirimkan 10 atlet dari tujuh cabang olahraga. Prestasi yang diraih dari 10 atlet binaan KONI Kota Bogor pada Asian Games 2018 adalah 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Kurang lebih 25 atlet nasional binaan KONI Kota Bogor yang meraih prestasi di tingkat internaisonal. Di samping itu KONI Kota Bogor berhasil mencapai peringkat 4 pada Porda Jabar tahun 2018 dengan perolehan medali 57 emas, 37 medali perak, dan 71 medali perunggu. Naik peringkat dari posisi 7 besar dua tahun sebelumnya menjadi posisi keempat.

Rencananya kerjasama antara KONI Jakarta Timur dengan KONI Kota Bogor dilanjutkan pada tahun 2020. Kerjasama dimaksud dalam rangka membangun prestasi olahraga di masing-masing KONI Kotamadya. Kemudian hasil kunjungan ke KONI Kota Bogor ini dijadikan bahan untuk paparan ke KONI DKI, dan ke DPRD Dapil Jakarta Timur agar ke depan bisa diperjuangkan tambahan dana pembinaan kepada KONI-KONI Wilayah.

Menurut Wilbertus Sihotang, yang juga adalah mantan atlet gulat peraih medali emas PON 1977 kelas 57 kg itu, semua program ini dilanjutkan pada tahun 2021, dan KONI Jakarta Timur bertekad memperjuangkan besaran anggaran untuk pembinaan olahraga di wilayah KONI Jakarta Timur.

“Kami akan terus memperjuangkan soal besaran dana tersebut karena hal itu sudah diamanatkan oleh Undang-Undang SKN (Sistem Keolahragaan Nasional) tahun 2005 yang mana menyebutkan bahwa pembinaan prestasi olahraga tidak hanya di tingkat provinsi akan tetapi sampai ke tingkat kabupaten atau wilayah-wilayah seperti di Jakarta,” jelas Sihotang.

Untuk itulah, katanya, perlu bertemu dengan Anggota DPRD Dapil Jakarta Timur untuk membcarakan bersama, agar lewat mereka bisa mengusulkan ke DKI sebagai bahan pemikiran pembinaan prestasi olahraga untuk masa depan DKI Jakarta. Semoga sukses selalu. [PJ/Mike Wangge]


Komentar


1 minggu yang lalu

Jadi Rektor IBI Kesatuan, Prof. Dr. H. Moermahadi Pertahankan Peran Penting Kampus Ajarkan Budi Pekerti

POROSJAKARTA.COM, BOGOR – Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CA., CPA., CSFA, dilantik..
Arena - 1 minggu yang lalu

Catur BPK Penabur Makin Berkibar, Agustus 2021 Gelar Kejuaraan Catur Antar-Sekolah Tingkat Nasional

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Setelah sukses menyelenggarakan dua turnamen catur bergensi, BPK Penabur melangkah..
Arena - 1 minggu yang lalu

Hasil Kunjungan Kerja Ke KONI Sleman dan KONI Bogor, KONI Jakarta Timur Segera Perjuangkan Besaran Dana Pembinaan Lewat Jalur DPRD Dapil Timur

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Ketua Umum KONI Kotamadya Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang bertekad segera..
Arena - 1 minggu yang lalu

Masuk Tahun 2021 KONI Jakarta Timur Mencatat Prestasi Hebat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 yang meradang sepanjang tahun 2020 tidak mengurangi kinerja KONI Jakarta..
Etalase - 2 minggu yang lalu

Leny Rafael Luncurkan The Bloom, Sebuah Harapan di Masa Pandemi Covid-19

POROSJAKARTA.COM - Sekian lama bertahan dalam masa Pandemi Covid-19, membuat banyak usaha kolaps. Namun tidak sedikit..
DPRD - 2 minggu yang lalu

Steven Setiabudi Musa Sebut Anies Tidak Serius Tanggulangi Covid19

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - DKI Jakarta selalu menjadi salah satu penyumbang terbanyak jumlah positif Covid19 per..
Arena - 2 minggu yang lalu

Laysa Latifah, Persembahkan Kado Tahun Baru 2021 Dengan Prestasi Hebat Raih Juara 3 FIDE WORLD CADET & TOUTH RAPID CHESS ONLINE

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 tidak mampu menghalangi semangat pecatur muda berbakat Indonesia untuk..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Indopolling Apresiasi Anies Sepanjang 2020, GPMI Sebut Beliau Responsif

Porosjakarta.com - Direktur Riset Indopolling Network, Arum Basuki mengapresiasi kinerja berani Anies Baswedan dan..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Soal Kisruh Lahan PTPN VIII di Megamendung, TB Hasanuddin: Kepada Siapapun , Negara Harus Adil

POROSJAKARTA,- Anggota DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengapresiasi langkah PT Perkebunan Nusantara (PTPN)..
Balaikota - 3 minggu yang lalu

Gubernur DKI Isolasi Saja Dapat Banyak Penghargaan

POROSJAKARTA.COM, Kebon Sirih - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 30..
Lihat Semua

Close

Lihat Semua




Close
Close