Rabu, 21 April 2021 WIB

Masuk Tahun 2021 KONI Jakarta Timur Mencatat Prestasi Hebat

Oleh : Mike Wangge | Kamis, 07 Januari 2021 | 08:17 WIB


Foto: PJ Ketua Umum KONI Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang ketika membuka rapat pertama tahun 2021 di sekretariat KONI Jakarta Timur di GOR Jaktim.

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 yang meradang sepanjang tahun 2020 tidak mengurangi kinerja KONI Jakarta Timur untuk menuntaskan tugas-tugas utamanya dalam membina cabang olahraga di wilayahnya sepanjang tahun 2020 lalu.

Bahkan sejumlah prestasi dicatat yaitu penataan organisasi yang semakin memadai, upaya peningkatan pemberian penghargaan kepada atlet berprestasi, menghadiri setiap pelantikan cabor, serta sejumlah kunjungan kerja yang membuahkan hasil maksimal dalam rangka maksimalisasi pembinaan di wilayah KONI Jakarta Timur. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum KONI Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang ketika membuka rapat pertama tahun 2021 di sekretariat KONI Jakarta Timur di GOR Jaktim baru-baru ini.

Dari segi penataan organisasi, 31 cabor di wilayahnya telah memiki sekretariat, badan pengurus yang sudah dilantik syah, dan tercatat memiliki kegiatan rutin pembinaan yang semakin memadai untuk masing-masing cabornya. Hanya sekitar 5 persen cabor yang dari sisi organisasi masih perlu dibenahi, dan berharap di tahun 2021 semua sudah selesai.

Suksesnya program pemberian penghargaan kepada para atlet berprestasi oleh KONI Jakarta pada akhir tahun 2019, tadinya ingin diteruskan di tahun 2020 dengan memperbesar jumlah cabor dan jumlah atletnya tetapi terkendala Covid -19. Namun program pemberian pengharagaan ini sudah diputuskan menjadi program rutin tahunan sehingga apapun kendalanya di tahun 2021 tetap dilakukan sebagaimana mestinya.

Program andalan lain oleh KONI Jakarta Timur adalah kunjungan kerja ke KONI – KONI Kabupaten di daerah. Program ini dimaksudkan mempelajari sinergisitas kegiatan KONI Kabupaten lainnya, dari sisi pembinaan, anggarannya, dan dari sisi pengelolaan organisasinya, sebagai bahan perbandingan untuk meningkatkan kinerja dan menata KONI Jakarta Timur.

Hasil kunjungan kerja di akhir tahun 2019 yakni ke KONI Kota Bogor, dan KONI DIY tadinya ingin ditindaklanjuti ke tingkat yang lebih tinggi yaitu memaparkan hasil kunjungan tersebut bersama Anggota DPRD Dapil Jakarta Timur di tahun 2020. Namun lagi-lagi masih terkendala PSPB Covid – 19 sehingga semuanya ditunda untuk dilaksanakan pada tahun 2021.

Dalam kunjungan kerja di kedua kabupaten itu (Kota Bogor dan Kabupaten Sleman) hasilnya cukup memuaskan. Dari kunjungan kerja ke Kota Bogor ditemui beberapa kelebihan pembinaan di sana antaranya memperoleh gambaran menyeluruh tentang pengembangan prestasi yang dilakukan oleh KONI Kota Bogor. Visi dan misi yang dicanangkan yaitu “Sukses Prestasi Sejahtera Atlet dan Pelatih” tidak sekadar slogan belaka akan tetapi sudah dijalani, dan dilaksanakan dan mereka sukses meraih motto utama KONI Kota Bogor, yakni atlet, pelatih, maupun pengurus olahraga bisa hidup dari olahraga.


Dalam kunjungan tersebut juga memperoleh gambaran tentang besaran dukungan dana dari Pemda Kota Bogor sekitar Rp 12 miliar pertahun. Dari jumlah tersebut, 81 persen digunakan untuk belanja program (dari bantuan langsung dan tidak langsung). Jumlah alokasi dana yang diperoleh KONI Kota Bogor dengan KONI Kotamadya Jakarta Timur adalah 12 miliar berbanding 300 juta atau hanya sekitar 1,5 persen.

Dengan bantuan dana sebesar itu memampukan KONI Kota Bogor meraih prestasi hebat. Di antaranya adalah pada Asian Games 2018 KONI Kota Bogor berhasil mengirimkan 10 atlet dari tujuh cabang olahraga. Prestasi yang diraih dari 10 atlet binaan KONI Kota Bogor pada Asian Games 2018 adalah 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Kurang lebih 25 atlet nasional binaan KONI Kota Bogor yang meraih prestasi di tingkat internaisonal. Di samping itu KONI Kota Bogor berhasil mencapai peringkat 4 pada Porda Jabar tahun 2018 dengan perolehan medali 57 emas, 37 medali perak, dan 71 medali perunggu. Naik peringkat dari posisi 7 besar dua tahun sebelumnya menjadi posisi keempat.

Rencananya kerjasama antara KONI Jakarta Timur dengan KONI Kota Bogor dilanjutkan pada tahun 2020. Kerjasama dimaksud dalam rangka membangun prestasi olahraga di masing-masing KONI Kotamadya. Kemudian hasil kunjungan ke KONI Kota Bogor ini dijadikan bahan untuk paparan ke KONI DKI, dan ke DPRD Dapil Jakarta Timur agar ke depan bisa diperjuangkan tambahan dana pembinaan kepada KONI-KONI Wilayah.

Menurut Wilbertus Sihotang, yang juga adalah mantan atlet gulat peraih medali emas PON 1977 kelas 57 kg itu, semua program ini dilanjutkan pada tahun 2021, dan KONI Jakarta Timur bertekad memperjuangkan besaran anggaran untuk pembinaan olahraga di wilayah KONI Jakarta Timur.

“Kami akan terus memperjuangkan soal besaran dana tersebut karena hal itu sudah diamanatkan oleh Undang-Undang SKN (Sistem Keolahragaan Nasional) tahun 2005 yang mana menyebutkan bahwa pembinaan prestasi olahraga tidak hanya di tingkat provinsi akan tetapi sampai ke tingkat kabupaten atau wilayah-wilayah seperti di Jakarta,” jelas Sihotang.

Untuk itulah, katanya, perlu bertemu dengan Anggota DPRD Dapil Jakarta Timur untuk membcarakan bersama, agar lewat mereka bisa mengusulkan ke DKI sebagai bahan pemikiran pembinaan prestasi olahraga untuk masa depan DKI Jakarta. Semoga sukses selalu. [PJ/Mike Wangge]


Komentar


Jakarta Utara - 2 hari yang lalu

Warung Bersaudara, Buka Kembali Dengan Nama 'WARSO', Waroeng Basodara, Sediakan Beragam Menu

POROSJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Toleransi dalam beragama membuat hidup lebih indah, rukun dan damai, tidak..
Nusantara - 5 hari yang lalu

Rencana Membangun Bandara Antariksa Di Biak Indonesia Targetkan Ekonomi Keantariksaan Salah Satu Penggerak Pertumbuhan Menuju Indonesia Emas 2040

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA -  Dalam rangka  persiapan Kabupaten Biak menuju Kota Antariksa, Bupati Biak..
Bodetabek - 6 hari yang lalu

OmnibusLaw Watch Bela Rakyat dalam Bidang Pertanahan

POROSJAKARTA.COM, BOGOR - Memenuhi rasa keadilan dan meminimalisir adanya penguasaan lahan oleh sekecil kelompok..
Musik - 1 minggu yang lalu

Band Baru dengan Rasa Rindu

POROSJAKARTA.COM - Pendatang baru di pentas musik Indonesia dan belum memiliki payung label rekaman, memberanikan..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Ditjen Pothan Kemhan Gelar Rakor dan Konsolidasi Kader Bela Negara Se-Indonesia

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung Pembinaan Kesadaran Bela Negara serta terwujudnya pemahaman..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Ketum Kosgoro 1957 Tekankan untuk Terus Berbagi di Tengah Pandemi Corona

POROSJAKARTA.COM, BOGOR - Ketua Umum (Ketum) Kosgoro 1957 sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Kegiatan Art Jo Golf..
Jakarta Timur - 3 minggu yang lalu

FKMPP : Para Koruptor Jangan Bersembunyi Dibalik Separatis – KKB di Papua dan Papua Barat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen Maran, menyeruhkan..
Jakarta Timur - 1 bulan yang lalu

CV.Mida Mas Gugat Pailit PT.Gaya Makmur di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat

POROSJAKARTA. COM- Tidak punya itikad baik untuk membayar hutang CV.Mida Mas ajukan Gugatan Pailit terhadap PT. Gaya..
Jakarta Selatan - 2 bulan yang lalu

Indeks Korupsi Turun, Pemerintah Optimalkan Pencegahan Sistem OSS

POROSJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pemerintah mengingatkan kepada pejabat publik dan aparatur sipil negara (ASN) agar..
Nusantara - 2 bulan yang lalu

Semangat Hulondtalo Moawota, Pengurus Lamahu Terbentuk

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Setelah melewati berbagai tahap dinamika, organisasi paguyuban Gorontalo rantau Huyula..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close