Rabu, 21 April 2021 WIB

Hasil Kunjungan Kerja Ke KONI Sleman dan KONI Bogor, KONI Jakarta Timur Segera Perjuangkan Besaran Dana Pembinaan Lewat Jalur DPRD Dapil Timur

Oleh : Mike Wangge | Jumat, 08 Januari 2021 | 08:43 WIB


Foto : PJ/Mike

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Ketua Umum KONI Kotamadya Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang bertekad segera mulai memperjuangkan besaran dana pembinaan olahraga untuk KONI Wilayah lewat jalur DPRD Dapil Timur pada tahun 2021 ini. Dasar memperjuangkan besaran dana tersebut berdasarkan hasil kunjungan kerja ke KONI Daerah (ke KONI Kabupaten Sleman, dan KONI Kota Bogor), serta Undang-Undang SKN (Sistem Keolahraga Nasional) tahun 2005.

Hal ini disampaikan Wilbertus Sihotang usai rapat perdana pengurus KONI Jakarta Timur baru-baru ini. Dia mengatakan hasil kunjungan kerja di kedua KONI Daerah itu menyimpulkan bahwa jurang perbedaan besaran dana pembinaan keduanya dibandingkan dengan KONI Jakarta Timur seperti antara “semut dan gajah”. Besaran dana pembinaan untuk KONI Kota Bogor 12 miliar, demikian besaran dana pembinaan untuk KONI Kabupaten Sleman juga 10 – 12 miliar (10 miliar untuk tahun genap dan 12 miliar untuk tahun ganjil). Sementara besaran dana pembinaan untuk KONI Jakarta Timur hanya 300 juta.

"Bedanya seperti langit-bumi, ibarat antara “semut dan gajah”", sebut Wilbertus Sihotang, yang juga mantan atlet gulat nasional peraih medali emas PON IX/1977, 44 tahun silam.

Dengan dana sebesar itu KONI Kabupaten Sleman bisa berinovasi dalam pembinaan prestasi olahraga mengikuti amanat Undang-Undang SKN tahun 2005 yaitu pembinaan olahraga harus dimulai dari tingkat desa, naik ke tingkat kecamatan hingga kabupaten dan provinsi baru ke nasional (PON dan Kejurnas).

Di Kabupaten Sleman mereka mengadakan pekan olahraga antar-desa (Pordes) diadakan di tingkat kecamatan, ada pekan olahraga antar-kecamatan diadakan oleh Kabupaten, dan baru PORDA. Itu rutin setiap periodiknya. Dalam paparan mereka pada Desember 2019 lalu mereka sampaikan bahwa apa yang mereka lakukan itu berdasarkan amanat UU SKN 2005. Sejak itu prestasi DIY naik peringkat terutama di PON.

Berkat itu pula, KONI Kabupaten Sleman menjadi primadona prestasi olahraga untuk DIY. Hampir semua atlet nasional asal DIY adalah hasil binaan KONI Kabupaten Sleman. KONI Kabupaten Sleman juga disebut “Poros Prestasi” olahraga DIY karena meraih juara umum tiga kali PORDA (hetrik). Pada kepengurusan sekarang ini pada 2021 kembali mereka ingin meraih hetrik yang kedua di PORDA DIY. Semuanya, tutur Wilbertus Sihotang, berpangkal pada besaran dana pembinaan.

“Kami akan terus memperjuangkan soal besaran dana tersebut karena hal itu sudah diamanatkan oleh Undang-Undang SKN (Sistem Keolahragaan Nasional) tahun 2005 yang mana menyebutkan bahwa pembinaan prestasi olahraga tidak hanya di tingkat provinsi akan tetapi sampai ke tingkat kabupaten atau wilayah-wilayah seperti di Jakarta, bahkan harus sampai ke tingkat kecamatan dan desa atau keluarahan” jelas Sihotang.

Di samping itu, sudah ada contoh dari dua kabupanten itu, Kota Bogor, dan Kabupaten Sleman yang sangat berprestasi.

Untuk itulah, katanya, perlu bertemu dengan Anggota DPRD Dapil Jakarta Timur untuk membicarakan bersama. Mungkin lewat mereka bisa mengusulkan ke DKI supaya ada perubahan soal besaran dana pembinaan ini.

“Saya kira prestasi olahraga di DKI Jakarta yang semakin tahun makin merasa momok melihat kehebatan prestasi provinsi lain seperti Jawa Timur, itu semua pangkalnya karena pembinaan dibuat terpusat di provinsi tidak menyebar hingga ke wilayah-wilayah. Kami akan terus memperjuangkannya demi masa depan supremasi prestasi olahraga DKI Jakarta. Teruslah berjuang. [PJ/Mike Wangge]


Komentar


Jakarta Utara - 2 hari yang lalu

Warung Bersaudara, Buka Kembali Dengan Nama 'WARSO', Waroeng Basodara, Sediakan Beragam Menu

POROSJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Toleransi dalam beragama membuat hidup lebih indah, rukun dan damai, tidak..
Nusantara - 5 hari yang lalu

Rencana Membangun Bandara Antariksa Di Biak Indonesia Targetkan Ekonomi Keantariksaan Salah Satu Penggerak Pertumbuhan Menuju Indonesia Emas 2040

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA -  Dalam rangka  persiapan Kabupaten Biak menuju Kota Antariksa, Bupati Biak..
Bodetabek - 6 hari yang lalu

OmnibusLaw Watch Bela Rakyat dalam Bidang Pertanahan

POROSJAKARTA.COM, BOGOR - Memenuhi rasa keadilan dan meminimalisir adanya penguasaan lahan oleh sekecil kelompok..
Musik - 1 minggu yang lalu

Band Baru dengan Rasa Rindu

POROSJAKARTA.COM - Pendatang baru di pentas musik Indonesia dan belum memiliki payung label rekaman, memberanikan..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Ditjen Pothan Kemhan Gelar Rakor dan Konsolidasi Kader Bela Negara Se-Indonesia

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung Pembinaan Kesadaran Bela Negara serta terwujudnya pemahaman..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Ketum Kosgoro 1957 Tekankan untuk Terus Berbagi di Tengah Pandemi Corona

POROSJAKARTA.COM, BOGOR - Ketua Umum (Ketum) Kosgoro 1957 sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Kegiatan Art Jo Golf..
Jakarta Timur - 3 minggu yang lalu

FKMPP : Para Koruptor Jangan Bersembunyi Dibalik Separatis – KKB di Papua dan Papua Barat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Papua (FKMPP), Benny Marthen Maran, menyeruhkan..
Jakarta Timur - 1 bulan yang lalu

CV.Mida Mas Gugat Pailit PT.Gaya Makmur di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat

POROSJAKARTA. COM- Tidak punya itikad baik untuk membayar hutang CV.Mida Mas ajukan Gugatan Pailit terhadap PT. Gaya..
Jakarta Selatan - 2 bulan yang lalu

Indeks Korupsi Turun, Pemerintah Optimalkan Pencegahan Sistem OSS

POROSJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pemerintah mengingatkan kepada pejabat publik dan aparatur sipil negara (ASN) agar..
Nusantara - 2 bulan yang lalu

Semangat Hulondtalo Moawota, Pengurus Lamahu Terbentuk

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Setelah melewati berbagai tahap dinamika, organisasi paguyuban Gorontalo rantau Huyula..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close