Rabu, 20 Januari 2021 WIB

Hasil Kunjungan Kerja Ke KONI Sleman dan KONI Bogor, KONI Jakarta Timur Segera Perjuangkan Besaran Dana Pembinaan Lewat Jalur DPRD Dapil Timur

Oleh : Mike Wangge | Jumat, 08 Januari 2021 | 08:43 WIB


Foto : PJ/Mike

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Ketua Umum KONI Kotamadya Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang bertekad segera mulai memperjuangkan besaran dana pembinaan olahraga untuk KONI Wilayah lewat jalur DPRD Dapil Timur pada tahun 2021 ini. Dasar memperjuangkan besaran dana tersebut berdasarkan hasil kunjungan kerja ke KONI Daerah (ke KONI Kabupaten Sleman, dan KONI Kota Bogor), serta Undang-Undang SKN (Sistem Keolahraga Nasional) tahun 2005.

Hal ini disampaikan Wilbertus Sihotang usai rapat perdana pengurus KONI Jakarta Timur baru-baru ini. Dia mengatakan hasil kunjungan kerja di kedua KONI Daerah itu menyimpulkan bahwa jurang perbedaan besaran dana pembinaan keduanya dibandingkan dengan KONI Jakarta Timur seperti antara “semut dan gajah”. Besaran dana pembinaan untuk KONI Kota Bogor 12 miliar, demikian besaran dana pembinaan untuk KONI Kabupaten Sleman juga 10 – 12 miliar (10 miliar untuk tahun genap dan 12 miliar untuk tahun ganjil). Sementara besaran dana pembinaan untuk KONI Jakarta Timur hanya 300 juta.

"Bedanya seperti langit-bumi, ibarat antara “semut dan gajah”", sebut Wilbertus Sihotang, yang juga mantan atlet gulat nasional peraih medali emas PON IX/1977, 44 tahun silam.

Dengan dana sebesar itu KONI Kabupaten Sleman bisa berinovasi dalam pembinaan prestasi olahraga mengikuti amanat Undang-Undang SKN tahun 2005 yaitu pembinaan olahraga harus dimulai dari tingkat desa, naik ke tingkat kecamatan hingga kabupaten dan provinsi baru ke nasional (PON dan Kejurnas).

Di Kabupaten Sleman mereka mengadakan pekan olahraga antar-desa (Pordes) diadakan di tingkat kecamatan, ada pekan olahraga antar-kecamatan diadakan oleh Kabupaten, dan baru PORDA. Itu rutin setiap periodiknya. Dalam paparan mereka pada Desember 2019 lalu mereka sampaikan bahwa apa yang mereka lakukan itu berdasarkan amanat UU SKN 2005. Sejak itu prestasi DIY naik peringkat terutama di PON.

Berkat itu pula, KONI Kabupaten Sleman menjadi primadona prestasi olahraga untuk DIY. Hampir semua atlet nasional asal DIY adalah hasil binaan KONI Kabupaten Sleman. KONI Kabupaten Sleman juga disebut “Poros Prestasi” olahraga DIY karena meraih juara umum tiga kali PORDA (hetrik). Pada kepengurusan sekarang ini pada 2021 kembali mereka ingin meraih hetrik yang kedua di PORDA DIY. Semuanya, tutur Wilbertus Sihotang, berpangkal pada besaran dana pembinaan.

“Kami akan terus memperjuangkan soal besaran dana tersebut karena hal itu sudah diamanatkan oleh Undang-Undang SKN (Sistem Keolahragaan Nasional) tahun 2005 yang mana menyebutkan bahwa pembinaan prestasi olahraga tidak hanya di tingkat provinsi akan tetapi sampai ke tingkat kabupaten atau wilayah-wilayah seperti di Jakarta, bahkan harus sampai ke tingkat kecamatan dan desa atau keluarahan” jelas Sihotang.

Di samping itu, sudah ada contoh dari dua kabupanten itu, Kota Bogor, dan Kabupaten Sleman yang sangat berprestasi.

Untuk itulah, katanya, perlu bertemu dengan Anggota DPRD Dapil Jakarta Timur untuk membicarakan bersama. Mungkin lewat mereka bisa mengusulkan ke DKI supaya ada perubahan soal besaran dana pembinaan ini.

“Saya kira prestasi olahraga di DKI Jakarta yang semakin tahun makin merasa momok melihat kehebatan prestasi provinsi lain seperti Jawa Timur, itu semua pangkalnya karena pembinaan dibuat terpusat di provinsi tidak menyebar hingga ke wilayah-wilayah. Kami akan terus memperjuangkannya demi masa depan supremasi prestasi olahraga DKI Jakarta. Teruslah berjuang. [PJ/Mike Wangge]


Komentar


1 minggu yang lalu

Jadi Rektor IBI Kesatuan, Prof. Dr. H. Moermahadi Pertahankan Peran Penting Kampus Ajarkan Budi Pekerti

POROSJAKARTA.COM, BOGOR – Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CA., CPA., CSFA, dilantik..
Arena - 1 minggu yang lalu

Catur BPK Penabur Makin Berkibar, Agustus 2021 Gelar Kejuaraan Catur Antar-Sekolah Tingkat Nasional

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Setelah sukses menyelenggarakan dua turnamen catur bergensi, BPK Penabur melangkah..
Arena - 1 minggu yang lalu

Hasil Kunjungan Kerja Ke KONI Sleman dan KONI Bogor, KONI Jakarta Timur Segera Perjuangkan Besaran Dana Pembinaan Lewat Jalur DPRD Dapil Timur

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Ketua Umum KONI Kotamadya Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang bertekad segera..
Arena - 1 minggu yang lalu

Masuk Tahun 2021 KONI Jakarta Timur Mencatat Prestasi Hebat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 yang meradang sepanjang tahun 2020 tidak mengurangi kinerja KONI Jakarta..
Etalase - 2 minggu yang lalu

Leny Rafael Luncurkan The Bloom, Sebuah Harapan di Masa Pandemi Covid-19

POROSJAKARTA.COM - Sekian lama bertahan dalam masa Pandemi Covid-19, membuat banyak usaha kolaps. Namun tidak sedikit..
DPRD - 2 minggu yang lalu

Steven Setiabudi Musa Sebut Anies Tidak Serius Tanggulangi Covid19

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - DKI Jakarta selalu menjadi salah satu penyumbang terbanyak jumlah positif Covid19 per..
Arena - 2 minggu yang lalu

Laysa Latifah, Persembahkan Kado Tahun Baru 2021 Dengan Prestasi Hebat Raih Juara 3 FIDE WORLD CADET & TOUTH RAPID CHESS ONLINE

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 tidak mampu menghalangi semangat pecatur muda berbakat Indonesia untuk..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Indopolling Apresiasi Anies Sepanjang 2020, GPMI Sebut Beliau Responsif

Porosjakarta.com - Direktur Riset Indopolling Network, Arum Basuki mengapresiasi kinerja berani Anies Baswedan dan..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Soal Kisruh Lahan PTPN VIII di Megamendung, TB Hasanuddin: Kepada Siapapun , Negara Harus Adil

POROSJAKARTA,- Anggota DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengapresiasi langkah PT Perkebunan Nusantara (PTPN)..
Balaikota - 3 minggu yang lalu

Gubernur DKI Isolasi Saja Dapat Banyak Penghargaan

POROSJAKARTA.COM, Kebon Sirih - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 30..
Lihat Semua

Close

Lihat Semua




Close
Close