Rabu, 20 Januari 2021 WIB

Catur BPK Penabur Makin Berkibar, Agustus 2021 Gelar Kejuaraan Catur Antar-Sekolah Tingkat Nasional

Oleh : Mike Wangge | Sabtu, 09 Januari 2021 | 20:06 WIB


(Foto: PJ/Mike) Kejuaraan catur Penabur Online Chess Festival Sabtu (9/01/2021) pagi.

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Setelah sukses menyelenggarakan dua turnamen catur bergensi, BPK Penabur melangkah lebih jauh lagi yaitu menggelar kejuaraan catur antar-sekolah tingkat nasional yang rencananya akan dilaksanakan Agustus 2021 mendatang.

Hal ini disampakan oleh Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Ardi Lazuardi pada acara pembukaan kejuaraan catur Penabur Online Chess Festival Sabtu (9/01/2021) pagi. Keinginan untuk menyelenggarakan kejuaraan catur antar-sekolah tingkat nasional tersebut kata Ardi terinspirasi oleh membludaknya peserta baik pada turnamen catur BPK Penabur pertama dan terlebih-lebih pada turnamen catur kedua, Penabur Online Chess Festival yang digelar sekarang ini.

Pada turnamen pertama (Desember 2019) pesertanya mencapai 300 orang (tingkat SD, SMP, SMA, guru dan Karyawan, serta alumni). Pada turnamen catur kedua 9 – 10 Januari 2021 ini pesertanya lebih dari 1000 orang (1056 orang).

Kalau pada turnamen yang pertama hanya diikuti oleh sekolah BPK Penabur di Jakarta saja, kali ini diikuti seluruh BPK Penabur yang ada di 15 kota di Indonesia (Bandarlampung, Bandung, Bogor, Cianjur, Cicurug, Cimahi, Indramayu, Jakarta, Jatibarang, Metro Lampung, Rengasdengklok, Serang, Sukabumi, dan Tasikmalaya).

Di samping membludaknya peserta, kata Ardi, tercatat juga sekolah-sekolah bukan BPK Penabur turut mendaftarkan diri. Mereka tidak hanya dari Jakarta, akan tetapi dari berbagai kota di seluruh Indonesia. “Mereka bahkan minta-minta tolong supaya bisa diikutsertakan dalam turnamen sekarang ini” jelas Ardi Lazuardi.

Antusiasme yang besar dari sekolah-sekolah yang lain Inilah mendorong BPK Penabur harus berani melangka lebih maju dengan menyelenggarakan kejuaraan catur antar-sekolah tingkat nasional. Renananya digelar pada bulan Agustus yang akan datang.

Ide ini disambut gembira oleh Dewan Pembina PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Eka Putera Wirya yang juga hadir dalam acara pembukaan Penabur Online Chess Festival pada Sabtu (9/01/2021). Dalam sambutan pembukannya Eka Putera Wirya mengatakan BPK Penabur harus jadi pelopor utama catur masuk sekolah.

Dia mengatakan PB Percasi otomatis mendukung upaya BPK Penabur mengembangkan catur di sekolah-sekolah. Sebab katanya, catur itu banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sosial masing-masing induvidu masyarakat bila dia bermain catur.

Kalau sejak kecil anak dibiasakan selalu mengambil langkah terbaik dari ratusan pilihan langkah seperti di papan catur, kelak dalam kehidupan sehari-hari anak terbiasa memilih langkah terbaik dari banyak pilihan terbaik. Itu ada di catur. Seorang anak dilatih terus menerus berhadapan dengan berbagai pilihan untuk pada setiap keputusan melangkanya.

Eka Putera Wirya yang sudah 30 tahun lebih membina catur Indonesia ini merasa gembira karena pada turnamen catur kali ini pesertanya menembus angka 1000 lebih. Ini pertanda baik katanya untuk catur masuk sekolah.

Ia berharap BPK Penabur tidak jemu-jemu bekerjasama dengan PB Percasi. Harapannya adalah kerjasama keduanya harus berlangsung seperti lagu ciptaan Franky Sailatua yang dilantukan Iwan Fals “Kemesraan Jangalah Cepat Berlalu”.

Dia mengatakan apa yang dilakukan oleh BPK Penabur yakni mengembangkan catur di sekolah sudah mendapat apresiasi yang luar biasa dari FIDE (Federasi Catur Dunia). Apresiasi itu dengan memberikan kata sambutannya pada pembukaan turnamen. Ini sesuatu yang luar biasa sebut Eka. Semoga ke depannya catur BPK Penabur makin berkibar.* [PJ/Mike Wangge]


Komentar


1 minggu yang lalu

Jadi Rektor IBI Kesatuan, Prof. Dr. H. Moermahadi Pertahankan Peran Penting Kampus Ajarkan Budi Pekerti

POROSJAKARTA.COM, BOGOR – Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, SE., MM., Ak., CA., CPA., CSFA, dilantik..
Arena - 1 minggu yang lalu

Catur BPK Penabur Makin Berkibar, Agustus 2021 Gelar Kejuaraan Catur Antar-Sekolah Tingkat Nasional

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Setelah sukses menyelenggarakan dua turnamen catur bergensi, BPK Penabur melangkah..
Arena - 1 minggu yang lalu

Hasil Kunjungan Kerja Ke KONI Sleman dan KONI Bogor, KONI Jakarta Timur Segera Perjuangkan Besaran Dana Pembinaan Lewat Jalur DPRD Dapil Timur

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Ketua Umum KONI Kotamadya Jakarta Timur, Drs Wilbertus Sihotang bertekad segera..
Arena - 1 minggu yang lalu

Masuk Tahun 2021 KONI Jakarta Timur Mencatat Prestasi Hebat

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 yang meradang sepanjang tahun 2020 tidak mengurangi kinerja KONI Jakarta..
Etalase - 2 minggu yang lalu

Leny Rafael Luncurkan The Bloom, Sebuah Harapan di Masa Pandemi Covid-19

POROSJAKARTA.COM - Sekian lama bertahan dalam masa Pandemi Covid-19, membuat banyak usaha kolaps. Namun tidak sedikit..
DPRD - 2 minggu yang lalu

Steven Setiabudi Musa Sebut Anies Tidak Serius Tanggulangi Covid19

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - DKI Jakarta selalu menjadi salah satu penyumbang terbanyak jumlah positif Covid19 per..
Arena - 2 minggu yang lalu

Laysa Latifah, Persembahkan Kado Tahun Baru 2021 Dengan Prestasi Hebat Raih Juara 3 FIDE WORLD CADET & TOUTH RAPID CHESS ONLINE

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Pandemi Covid-19 tidak mampu menghalangi semangat pecatur muda berbakat Indonesia untuk..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Indopolling Apresiasi Anies Sepanjang 2020, GPMI Sebut Beliau Responsif

Porosjakarta.com - Direktur Riset Indopolling Network, Arum Basuki mengapresiasi kinerja berani Anies Baswedan dan..
Bodetabek - 3 minggu yang lalu

Soal Kisruh Lahan PTPN VIII di Megamendung, TB Hasanuddin: Kepada Siapapun , Negara Harus Adil

POROSJAKARTA,- Anggota DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengapresiasi langkah PT Perkebunan Nusantara (PTPN)..
Balaikota - 3 minggu yang lalu

Gubernur DKI Isolasi Saja Dapat Banyak Penghargaan

POROSJAKARTA.COM, Kebon Sirih - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 30..
Lihat Semua

Close

Lihat Semua




Close
Close