Sabtu, 15 Mei 2021 WIB

Bangun Kebersamaan, Warga Villa Gading Harapan RW 024 Babelan Buka Puasa Bersama

Oleh : Merwyn Golan | Abuzakir Ahmad | Selasa, 27 April 2021 | 13:08 WIB


(Foto : PJ/Zaki.) Suasana buka puasa bersama di Masjid Abubakar Ash Siddiq, Villa Gading Harapan Babelan, Kecamatan Kebalen Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Ahad (25/4/2021).

POROSJAKARTA.COM, BEKASI - Buka puasa bersama menjadi tradisi muslim Indonesia setiap ramadhan tiba, tapi sayangnya masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga sebagian tidak bisa melaksanakan. Berbeda dengan warga Gerbang Timur, Villa Gading Harapan (VGH), Babelan yang masuk zona hijau ini bisa melaksanakan, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Acara buka puasa di Masjid Abubakar Ash Siddiq tepat di RW 024 yang dipandu langsung oleh Ketua DKM, H. Burhanuddin Alfachri Zain baru-baru ini dihadiri Lurah Kebalen Firman Arief Sembada, Ketua RW 024 Said Sutomo, Pimpinan Majelis Silaturrahim Kebalen Ust. Aang Kunaifi, tokoh masyarakat dan warga setempat.

Menurut Aang Kunaifi dalam ceramahnya jelang buka puasa mengaku senang melihat para orang tua mengaji di Masjid Abubakar Ash Siddiq, masjid yang besar, meski masih dalam tahap pengerjaan.

"Doakan, Masjid Abu Bakar Ash Siddiq cepat selesai. Mudah-mudahan Ramadhan tahun depan, bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya, "ujar Aang.

Ustad Aang Kunaifi, S.Pdi, berceramah jelang buka puasa di Masjid Abubakar Ash Siddiq, Villa Gading Harapan Babelan, Kecamatan Kebalen Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Ahad (25/4/2021) tampak lurah Firman Arief (kedua kanan). Foto : PJ/Zaki.

Banyak hikmah yang disampaikan ustad kharismatik ini, terutama tentang keutamaan puasa hingga dileburnya dosa-dosa yang telah berlalu, baik yang disengaja maupun tidak.

Menurut Guru Aang, sapaan akrab, siapa orang berpuasa, lalu mengerjakan sholat Sunnah Tarawih karena iman kepada Allah, karena taqwa kepada Allah, maka seperti yang dikatakan Nabi Mohammad, Allah bakal ampuni dosa-dosa yang telah lalu.

"Mudah-mudahan puasa kita diterima Allah. Tarwih kita diterima Allah, "katanya.

Tentang pelaksanaan Sholat Tarawih yang memiliki perbedaan rakaat, ada yang mengerjakan 20 rakaat dan ada yang 8 rakaat. Artinya, siapa pun bisa mengikuti sholat yang dikerjakan Nabi, berapa pun rakaatnya tidak menjadi masaalah.

"Dengan Sholat Tarawih bisa menciptakan kenyamanan, kedamaian, ketenangan. Artinya tenang dengan penuh kedamaian, "ungkapnya.

Mengenai pengantin Ramadhan, seperti yang dikatakan Qurais Syihab, pengantin Ramadhan adalah Syarhil Qur'an, temannya Al-Quran, tadarus Ramadhan bacaan terindah adalah bacaan Al-Qur'an. Bahkan, Imam Safii, Imam Maliki, Imam Hambali, Imam Hanafi, menyampaikan 4 mazhab yang terkenal ketika datang Ramadhan, yakni, kitab-kitab ditutup, semuanya ditutup, semuanya konsentrasi pada tilawah Al-Qur'an, mengkaji Al-Quran.

Mudah-mudahan diakhirat nanti kita dapat safa'at dari Al Qur'an. Tapi kuncinya rajin baca dan mengamalkan Al-Qur'an. Semoga dikesempatan yang baik ini, dengan tadarus kita, dengan tarawih kita, dengan infaq jariyah kita, sedekah kita dan puasa kita ditetapkan oleh Allah, kita menjadi hamba yang bertaqwa. Insya Allah dilebur dosa dosa yang telah lalu, "tutup Aang.

Ditempat yang sama, Ketua RW 024 Said Sutomo, mengaku dia bersama warga menyambut baik kedatangan Lurah Kebalen. Kedatangan tersebut membuat dia terharu dalam kendisi pembangunan masjid yang belum selesai.

"Alhamdulillah Pak Lurah berkesempatan untuk berbuka bersama. Saya ini deg-degan, terharu. Artinya bukan cengeng. Saya merasa sangat senang, Saya bersyukur, semua bisa berkumpul buka puasa, bersilaturrahmi. Mungkin tempat, masjidnya belum rapi, mudah mudahan Pak Lurah memakluminya, "kata Said singkat.

Sementara Lurah Kebalen Firman Arief Sembada mengaku merasakan hal yang sama, bangga bisa berkumpul meski dalam suasana pandemi. Kegiatan buka puasa bersama ini positif sekali dan sambil silaturrahmi juga, meski tidak semua warga RW 024 yang datang.

"Alhamdulillah, kebersamaan sudah mulai terbangun dan Insya Allah kedepannya tentu lebih baik lagi. Acara ini tetap mengedepankan protokol kesehatan, "kata Lurah Kebalen, Babelan Firman Arief Sambada pada porosjakarta.com usai acara.

Yang jelas, sebagai lurah tentunya mendukung penuh kegiatan warga di lingkungan RW 024. Diharapkan kegiatan silaturrahmi seperti ini tetap dipertahankan, bukan hanya pada acara buka puasa, namun pada hari-hari lainnya.

Terkait pembangunan Masjid Abubakar Ash Siddiq, Firman mengaku dirinya siap membantu dalam proses pembangunan Masjid ini agar selesai secepatnya. Tentunya peran dari Ketua RW024, pengurus masjid untuk dikoordinasikan dengan para remaja Masjid, "stakeholder" dan lain-lainnya.

"Insya Allah saya akan bantu, mensuport, sehingga kegiatan ibadah, pengajian dan lainnya berjalan lancar, "pungkasnya. [PJ/Abuzakir Ahmad]


Komentar


Nusantara - 1 minggu yang lalu

Kades Cikbar, Hj. Yuyun:  Lansia Jalani Vaksinasi Covid-19, Beraktivitas Tetap Terapkan Prokes

POROSJAKARTA.COM, CIKAMPEK -  Di hari kedua Vaksinasi Covid-19 Kepala Desa Cikampek Barat Hj. Yuyun..
Khas - 1 minggu yang lalu

Dukung Go Green, Pilih Deterjen Ramah Lingkungan

POROSJAKARTA.COM -Setiap memilih produk kebutuhan rumah tangga, seorang ibu pasti akan mempertimbangkan fungsi,..
1 minggu yang lalu

Jaga Kehamilan, Nagita Hanya Makan Mie Instan Berbahan Alami

POROSJAKARTA.COM - Di konten Youtube “Jajarans” RANS Entertainment mengunggah aksi pasangan Raffi Ahmad..
Bodetabek - 1 minggu yang lalu

Membangun Sinergi untuk Indonesia Bertulang Sehat dan Kuat

POROSJAKARTA.COM, TANGSEL - Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) melakukan pelantikan dewan pengurus..
Seleberita - 1 minggu yang lalu

“Mulai Hari Ini”, God Bless Genap 48 Tahun

POROSJAKARTA,COM, JAKARTA - Tanggal 4 & 5 Mei 1973 hanyalah sebuah titik awal bagi God Bless. Saat ketika secara..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

DPP LANA Bergerak Membangun Sinergitas Bersama Pemerintah  

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Tidak ada istilah menyerah dan kata lelah berkontribusi bagi bangsa dan negara,..
Jakarta Utara - 1 minggu yang lalu

Donor Darah di Bulan Ramadhan Merupakan Sikap Mulia

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - INTI DKI JKT (IDJ) bekerjasama dengan Alumni Candra Naya, GADDI (Gerakan Aksi Donor..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

PT Sarana Yeoman Sembada Gugat 21,8 Miliar Lie Tie Hok, Alim A Boi, Dkk

POROSJAKARTA.COM, BATAM - Persoalan dipailitkannya PT Sarana Yeoman Sembada memasuki babak baru dengan..
Bodetabek - 2 minggu yang lalu

Ben Pilar Diduga Langgar Etika dan Abuse of Power

POROSJAKARTA.COM, TANGSEL - Tiga hari sejak dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang..
Jakarta Selatan - 2 minggu yang lalu

Perkuat SPBE Melalui Kolaborasi Satu Data Indonesia

POROSJAKARTA.COM, KEBAYORAN.BARU - Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close