Selasa, 21 September 2021 WIB

Empat Pecatur Indonesia Siap Bertarung di Kejuaraan Catur Dunia

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Jumat, 09 Juli 2021 | 21:11 WIB


(Foto:Ist) Empat pecatur Indonesia yang akan bertarung di kejuaraan catur Piala Dunia di Sochi, Rusia yakni GM Susanto Megaranto dan IM Mohamad Ervan di bagian putra FIDE World Cup, WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulia turun pada FIDE Women’s World Cup, didampingi pelatih Ruslan Scherbakov

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -  Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia mampu menempatkan empat pecatur putra dan putri dalam kejuaraan catur Piala Dunia yang diadakan di Sochi, Rusia pada 10 Juli  hingga 6 Agustus mendatang.

Mereka adalah GM Susanto Megaranto dan IM Mohamad Ervan turun di bagian putra FIDE World Cup, sementara WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulia turun pada FIDE Women’s World Cup. Keempat pecatur tersebut sudah berada di Sochi, Rusia, dan sudah berkunjung ke Kedubes Indonesia di sana sebelum ke Sochi.

Bagi Susanto ini adalah piala dunia caturnya yang keempat setelah tiga kali di Khanty-Mansiysk, Rusia, pada tahun 2007, 2010 dan 2019. Bagi Irene ini piala dunia caturnya yang ketiga setelah di Sochi 2015 dan di Teheran, Iran 2017. Sementara bagi Medina dan Ervan, inilah piala dunia catur pertamanya.

Medina lolos ke piala dunia setelah didukung JAPFA Ketika menjuarai Zonal 3.3 Asia Timur di Ulaanbaatar, Mongolia, 6-16 April 2019. Sementara Ervan lolos setelah bertengger di peringkat enam Kejuaraan Catur Hibrid Asia Kontinental 20-29 Mei 2021. Tujuh besar Asia 2021 itu otomatis mendapatkan tiket ke piala dunia catur.

Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA menuturkan, “Dengan bangga, saya mengucapkan selamat kepada para pecatur yang telah berhasil sampai pada titik ini. Dengan komitmen JAPFA untuk mendukung dunia Catur Indonesia, kami akan memberikan yang terbaik untuk berkontribusi menorehkan sejarah catur baru bagi bangsa ini.”

Jumlah peserta piala dunia  sebanyak 309 peserta (206 putra, dan 103 putri), membuat kans pecatur Indonesia untuk mencetak sejarah makin terbuka lebar. Sebelum ini, hanya GM Utut Adianto yang mampu dua kali lolos hingga ke putaran kedua, yaitu pada tahun 1997 di Groningen, Belanda dan 2004 di Tripoli, Lybia. Di Sochi 2021 ini diharapkan rekor tersebut dapat dipecahkan oleh salah satu dari empat pecatur yang mewakili Indonesia ini.

Keempat pecatur ini  didampingi pelatih, Ruslan Scherbakov, dan Tim Manager Kristianus Liem. Mereka percaya diri untuk tampil sempurna dalam kejuaraan tersebut. Menurut Kristianus Liem, empat pecatur Indonesia ini sudah “gregetan” ingin segera bertarung lantaran sudah satu tahun lebih sejak pandemi Covid-19 tidak pernah bertanding secara lagsung offline. Jadi posisi semangat mereka ini seperti “macan” lagi kelaparan.  Bertanding tidak ada takutnya lagi kalau perlu sergap.

Sementara pelatih Ruslan Scherbakov mengatakan ia sudah mempersiapkan keempatnya dengan baik dari sisi teknis, maupun mental mereka. Secara teknis, sudah disiapkan baik tentang siapa-siapa lawan mereka, bagaimana harus mereka hadapi dalam segala situasi pertandingan.

WGM Irene Kharisma Sukandar (depan) siap bertarung di Kejuaraan FIDE Women’s World Cup, di Sochi, Rusia, 10 Juli  hingga 6 Agustus (Foto/Ist)

Bagi Irene dan Susanto mereka sudah sangat siap bertarung. Demikian juga dengan Medina dan  Ervan. Bahkan Ervan dalam jumpa pers mengatakan kalau teknis sudah disiapkan semuanya. “Saya sudah tingkatkan kemampuan saya. Tidak ada alasan bagi saya untuk takut, secara persiapan sudah Oke semuanya”, sebut Ervan.

Seperti diketahui, Piala Dunia Catur selalu menggunakan sistem knock out atau sistem gugur. Kedua pecatur yang saling berhadapan akan bertanding dua babak catur standar dengan sekali pegang buah putih dan sekali pegang buah hitam. Jika hasilnya seri 1-1 maka ditandingkan lagi dua babak dengan format catur cepat. Jika pertandingan masih seri, maka kembali ditandingkan dua babak dengan menggunakan format catur kilat.

Kalau pun hasil masih menunjukkan angka seri juga, maka akan ditandingkan satu babak sudden-death menggunakan waktu pikir 5 menit untuk yang memegang buah putih dan 4 menit bagi yang memegang buah hitam. Tapi jika hasilnya remis maka yang memegang buah hitam yang lolos ke putaran kedua.

Dukungan semangat dari KBRI Rusia pun tidak luput diterima oleh para pecatur, dimana mereka mendapatkan undangan untuk mengunjungi KBRI yang berlokasi di Moskow sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke lokasi pertandingan di Sochi. Harapannya pada Piala Dunia Catur ini, sejarah baru dapat ditorehkan dan bendera Indonesia dapat dibentangkan. [PJ/Mike]


Komentar


Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

APPJ Minta Majelis Hakim Peduli Produk Lokal

POROSJAKARTA - Perseteruan merek dagang cairan anti karat antara WD40 dan Get All 40 berdampak bagi para pedagang...
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

APRESIASI UNTUK BUKU PAK EKA, “CHECK MATE!, From Zero to Hero”

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Buku edisi lux setebal 360 halaman terpampang dalam acara launching buku secara..
Sosok - 1 minggu yang lalu

Dr Leane Suniar Manurung, Ahli Gizi Olahraga dan Mantan Atlet Olympian Sedang Berjuang Melawang Kanker

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Dr Leane Suniar Manurung MSc, SPGK (73 tahun) ahli gizi olahraga yang juga mantan..
Sosok - 1 minggu yang lalu

ECKY TAMTELAHITU, Dr Leane Suniar Figur Atlet Hebat, Fokus, Disipllin, dan Kerja Keras

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Ecky Tamtelahitu 78 tahun, lahir di Soya, Ambon 14 Desember 1943, adalah mantan..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Mahfud MD: PON Papua Momen Eratkan Persatuan dan Persaudaraan

POROSJAKARTA. COM, CAWANG - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Mahfud MD..
Seleberita - 2 minggu yang lalu

Sonny Qnooze Semakin Eksis Di Dunia Entertainment

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Nama Soni Bernadus Da Costa semakin eksis. Selain banyak mendapatkan job sebagai Makeup..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Sinergi dan Dukungan, Bank Muamalat Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Srimukti

POROSJAKARTA.COM, KUNINGAN - Perusahan Bank terukemuka di Indonesia PT. Bank Muamalat Tbk menyerahkan bantuan..
Sosok - 2 minggu yang lalu

Artis Dalam Lingkaran Jerat Narkoba, Jihan: Butuh Kesadaran Bersama dan Penegakan Hukum Yang Konsisten

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Lagi dan lagi seolah tidak ada habisnya fenomena penyalah gunaan Narkoba dikalangan..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

Visi Besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi Dicoreng Oknum Camat Tegaldlimo

POROSJAKARTA.COM, BANYUWANGI - Visi besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi untuk menciptakan Banyuwangi Bersih dari..
Khas - 2 minggu yang lalu

Siapa Yang Berhak Menelusuri Asal Muasal Virus Covid-19?

Oleh: Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS *) POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejak merebaknya pandemi Covid-19 yang berawal..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close