Selasa, 21 September 2021 WIB

Piala Dunia Catur, Irene Dan Medina Tembus Putaran Dua

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Rabu, 14 Juli 2021 | 12:34 WIB


Foto:Ist Irene Kharisma Sukandar dan Medina Warda Aulia, dua pecatur wanita Indonesia yang tampil di Kejuaraan Catur Dunia, yang sedang berlangsung di Rusia.

POROSJAKARTA, CAWANG - Hasil yang dicapai Irene dan Medina disambut gembira Artsanti Alif Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. JAPFA kembali selaku sponsor keberangkatan Tim Catur Indonesia ke Piala Dunia Catur 2021. “Alhamdulilah, apa yang dihasilkan dua Srikandi Catur Indonesia di arena Chess World Cup di Sochi, Rusia menjadi sejarah baru bagi dunia catur Indonesia dan bersyukur JAPFA menjadi bagian sejarah itu” ungkap Artsanti.

Perusahaan makanan terbesar di Indonesia ini tidak hanya terlibat dalam persiapan dan pengiriman empat pecatur ini saja, akan tetapi sudah lebih dari 20 tahun terlibat membangun prestasi catur Indonesia yang makin glamour belakangan ini. Pantaslah kalau Japffa bergembira atas prestasi yang diraih dua pecatur terbaik putri Indonesia ini.

Prestasi dari IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360) adalah meraih tiket ke putaran kedua Kejuaraan Piala Dunia Catur Wanita FIDE 2021 di Sochi, Rusia, setelah menuntaskan partai kedua putaran pertama dengan agregat kemenangan pada Selasa (13/7/2021) waktu setempat.
Irene unggul 1,5 - 0,5 atas pecatur Chili WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) setelah bermain remis pada babak kedua putaran pertama dalam permainan panjang 65 langkah. Dalam partai kedua ini, Irene yang mengendalikan buah putih tampil tidak seagresif partai pertama yang dimenanginya.

Sebelumnya Irene mengawali langkah dengan memajukan bidak raja ke e4 untuk mengarah ke pembukaan Giuoco Piano. Ia mencoba tampil posisional untuk mengamankan keunggulan. Walaupun sempat unggul satu bidak di permainan akhir, Irene menerima tawaran remis dari Barera karena dengan hasil itu, Irene sudah memastikan diri maju ke putaran kedua.

Permainan gemilang kembali diperlihatkan Medina Warda Aulia pada babak kedua putaran pertama menghadapi pecatur Jerman FM Jana Schneider (2321).

Dengan ciri khasnya, Medina tampil posisional mengotak-atik buah perwiranya dalam permainan Ruy Lopez varian Norwegia untuk memaksa Schneider berpikir keras hingga mengalami krisis waktu sebelum menyerah pada langkah ke-44. Medina unggul 2-0 atas Schneider.

Dalam putaran kedua, Medina sudah ditunggu pecatur unggulan ke-6 asal India Dronavalli Harika (2515) yang memperoleh bye di putaran pertama. Di atas kertas, lawan Medina ini lebih unggul dilihat dari ello rating maupun status gelar yang disandang.

Harika adalah peraih tiga kali medali perunggu kejuaraan dunia catur wanita. Ia saat ini sudah menyandang gelar GM kategori umum, sedangkan Medina baru menyandang IM untuk kategori umum dan Grandmaster untuk kategori wanita (WGM).

Lawan berat juga akan dihadapi Irene di putaran kedua. Pecatur asal Jawa barat ini akan berhadapan dengan pecatur tuan rumah Rusia, Valentina Gunina (2437) yang juga sudah menyandang gelar GM kategori umum.

Sementara itu, kabar buruk dialami IM Mohamad Ervan yang harus terhenti di babak pertama karena tidak diijinkan bertanding setelah tidak lolos tes COVID-19 yang dilakukan panitia sebelum pertandingan kedua di babak pertama menghadapi GM Nodirbek Abdusattorov (2634). Ervan dinyatakan kalah 0-2 setelah pada pertandingan pertama menyerah dari pecatur remaja Uzbekistan tersebut.

Seperti diungkapkan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB. Percasi, Kristianus Liem, yang mendampingi para pecatur Indonesia di Sochi, panitia pelaksana Piala Dunia Catur FIDE 2021 memang menerapkan peraturan yang sangat ketat untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Satu lagi wakil Indonesia di Piala dunia Catur 2021 ini, GM Susanto Megaranto (2550) sampai berita ini disusun masih harus melalui babak tie break sebelum memastikan lolos tidaknya ke putaran kedua setelah bermain remis dalam dua partai putaran pertama dengan juara nasional 13 kali Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2547).

Format pertandingan Piala Dunia Catur 2021 sendiri adalah dua babak catur klasik pada dua hari pertama, ditambah tiebreak pada hari ketiga jika di dua pertandingan awal terjadi hasil imbang. Pecatur yang kalah langsung gugur, dan pemenang maju ke babak berikutnya. Piala Dunia Catur 2021 diikuti 206 peserta dibagian Open Putra dan 103 pecatur untuk katagori putri. []


Komentar


Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

APPJ Minta Majelis Hakim Peduli Produk Lokal

POROSJAKARTA - Perseteruan merek dagang cairan anti karat antara WD40 dan Get All 40 berdampak bagi para pedagang...
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

APRESIASI UNTUK BUKU PAK EKA, “CHECK MATE!, From Zero to Hero”

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Buku edisi lux setebal 360 halaman terpampang dalam acara launching buku secara..
Sosok - 1 minggu yang lalu

Dr Leane Suniar Manurung, Ahli Gizi Olahraga dan Mantan Atlet Olympian Sedang Berjuang Melawang Kanker

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Dr Leane Suniar Manurung MSc, SPGK (73 tahun) ahli gizi olahraga yang juga mantan..
Sosok - 1 minggu yang lalu

ECKY TAMTELAHITU, Dr Leane Suniar Figur Atlet Hebat, Fokus, Disipllin, dan Kerja Keras

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Ecky Tamtelahitu 78 tahun, lahir di Soya, Ambon 14 Desember 1943, adalah mantan..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Mahfud MD: PON Papua Momen Eratkan Persatuan dan Persaudaraan

POROSJAKARTA. COM, CAWANG - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Mahfud MD..
Seleberita - 2 minggu yang lalu

Sonny Qnooze Semakin Eksis Di Dunia Entertainment

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Nama Soni Bernadus Da Costa semakin eksis. Selain banyak mendapatkan job sebagai Makeup..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Sinergi dan Dukungan, Bank Muamalat Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Srimukti

POROSJAKARTA.COM, KUNINGAN - Perusahan Bank terukemuka di Indonesia PT. Bank Muamalat Tbk menyerahkan bantuan..
Sosok - 2 minggu yang lalu

Artis Dalam Lingkaran Jerat Narkoba, Jihan: Butuh Kesadaran Bersama dan Penegakan Hukum Yang Konsisten

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Lagi dan lagi seolah tidak ada habisnya fenomena penyalah gunaan Narkoba dikalangan..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

Visi Besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi Dicoreng Oknum Camat Tegaldlimo

POROSJAKARTA.COM, BANYUWANGI - Visi besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi untuk menciptakan Banyuwangi Bersih dari..
Khas - 2 minggu yang lalu

Siapa Yang Berhak Menelusuri Asal Muasal Virus Covid-19?

Oleh: Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS *) POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejak merebaknya pandemi Covid-19 yang berawal..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close