Selasa, 21 September 2021 WIB

Kejuaraan Dunia Catur Di Rusia; Tiga Pecatur Indonesia Cetak Sejarah Baru Tembus Babak Kedua

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Kamis, 15 Juli 2021 | 14:11 WIB


Foto:Ist GM Susanto Megaranto (2550), lolos dalam pertandingan tiebreak sesi kedua melawan musuh bebuyutannya Ehsan Ghaem Maghami (India/2547), Susanto berhasil lolos ke babak kedua kejuaraan dunia catur, Chess World Cup yang berlangsung di kota Sochi, Rusia pada Rabu (14/7/2021) kemarin.

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Tiga pecatur Indonesia berhasil mencetak sejarah baru dalam dunia percaturan setelah berhasil lolos ke babak kedua kejuaraan dunia catur, Chess World Cup yang berlangsung di kota Sochi, Rusia pada Rabu (14/7/2021) kemarin.

Kota Sochi yang indah dengan glamour pariwisataanya di perbatasan Rusia dan Georgia ini menjadi saksi bisu terukirnya prestasi hebat tim catur Indonesia ke kejuaraan dunia, Chess Wordl Cup 2021. Pecatur terakhir yang megukirnya adalah GM Susanto Megaranto (2550), setelah ia lolos dalam pertandingan tiebreak sesi kedua melawan musuh bebuyutannya Ehsan Ghaem Maghami (India/2547).

Sehari sebelumnya, dua putri terbaik Indonesia IM Irine Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia lolos lebih dulu keputaran kedua di kelompok putri. Irine lolos setelah meraih kemenangan 1.1/2 dari dua kali pertemuan atas lawannya pecatur Chili WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) dan Medina menang 2-0 atas lawannya pecatur dari Jerman FM Jana Schneider (2321). Maka genaplah perjuangan ketiga pecatur terbaik Indonesia ini yang mana berhasil mengukir prestasi mengagumkan di dunia.

Kalemnya Susanto Megaranto

Semula penggemar catur di Indonesia sempat “ketar-ketir” dengan penampilan GM Susanto Megaranto.. Betapa tidak, penampilan Susanto yang difensif, kalem kemudian memberi hasil remis dua kali atas lawannya GM Ehsan Ghaem Maghami dari India memupuskan harapan pencinta catur Indonesia. Sebab, kemenangan untuk keduanya harus ditentukan lagi lewat pertandingan tiebreak, apakah Susanto atau pupus sama sekali. Lebih banyak penggemar berpikir Susanto kemungkinan pupus di babak pertama.
Nyatanya tidak. Susanto membuktikan bahwa dia bisa mengalahkan musuh bebuyutannya dari India ini.

Dalam pertandingan tiebreak itu Susanto memegang buah hitam tampil dengan tetap tenang untuk menyudahi perlawanan Mahgami pada langkah ke-51 di tiebreak sesi kedua. Sebelumnya di tiebreak sesi pertama kedua pecatur kembali memetik hasil remis di langkah ke-54 dengan Susanto memegang bidak putih.

“Saya sudah sangat sering ketemu Maghami dengan hasil imbang lima sama,” kata Susanto sebelum memulai perjuangan di World Cup FIDE 2021. “Jadi saya yakin akan dapat mengalahkannya untuk pertemuan kali ini,” lanjut Susanto.

Susanto akhirnya memenuhi janjinya itu untuk mengalahkan Maghami di pertemuan kali ini. Ia pun akhirnya ‘pecah telor’ dapat tembus ke putaran kedua kejuaraan World Cup FIDE untuk menyamai rekor terbaik pecatur Indonesia GM Utut Adianto yang dicatat dua kali, terakhir di Tripoli Libia 17 tahun lalu.
Susanto telah tampil diarena Kejuaraan World Cup FIDE ini sebanyak empat kali. Baru di kesempatan keempat ini ia sukses lolos ke putaran kedua sesudah tiga kesempatan sebelumnya selalu kandas di babak pertama.

Namun Susanto harus ketemu lawan berat unggulan kedua Grand Master Super (elo rating di atas 2600) Fabiano Caruana (Amerika Serikat). Caruana kini mengantongi elo rating 2820 dan di babak pertama mendapatkan bye.

“Belum mikir untuk ketemu Caruana, sebab harus fokus step demi step saja dulu,” kata Susanto ketika ditanya kemungkinan dirinya bisa menang atas Maghami dan menantang Caruana.

Hasil yang dicapai Susanto, Irene dan Medina ini disambut gembira PB Percasi dan JAPFA yang terus menjadi sponsor keberangkatan Tim Catur Indonesia ke Piala Dunia Catur 2021.

“Alhamdulilah, apa yang dihasilkan Susanto dan dua Srikandi Catur Indonesia di arena Chess World Cup di Sochi, Rusia menjadi sejarah baru bagi dunia catur Indonesia dan bersyukur JAPFA menjadi bagian sejarah itu” kata Artsanti Alif, Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
Artsanti berharap, meski akan jumpa pecatur papan atas dunia, ketiga pecatur Indonesia ini bisa membuat kejutan untuk menundukkan lawan-lawannya dan itu akan mengangkat nama Indonesia dimata dunia khususnya olahraga catur.

Pada putaran kedua Piala Dunia Putri, Medina sudah ditunggu pecatur unggulan ke-6 asal India Dronavalli Harika (2515) yang memperoleh bye di putaran pertama.

Lawan tangguh juga akan dihadapi Irene di putaran kedua yakni pecatur tuan rumah Rusia, Valentina Gunina (2437) yang juga sudah menyandang gelar GM kategori umum. []


Komentar


Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

APPJ Minta Majelis Hakim Peduli Produk Lokal

POROSJAKARTA - Perseteruan merek dagang cairan anti karat antara WD40 dan Get All 40 berdampak bagi para pedagang...
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

APRESIASI UNTUK BUKU PAK EKA, “CHECK MATE!, From Zero to Hero”

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Buku edisi lux setebal 360 halaman terpampang dalam acara launching buku secara..
Sosok - 1 minggu yang lalu

Dr Leane Suniar Manurung, Ahli Gizi Olahraga dan Mantan Atlet Olympian Sedang Berjuang Melawang Kanker

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Dr Leane Suniar Manurung MSc, SPGK (73 tahun) ahli gizi olahraga yang juga mantan..
Sosok - 1 minggu yang lalu

ECKY TAMTELAHITU, Dr Leane Suniar Figur Atlet Hebat, Fokus, Disipllin, dan Kerja Keras

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Ecky Tamtelahitu 78 tahun, lahir di Soya, Ambon 14 Desember 1943, adalah mantan..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Mahfud MD: PON Papua Momen Eratkan Persatuan dan Persaudaraan

POROSJAKARTA. COM, CAWANG - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Mahfud MD..
Seleberita - 2 minggu yang lalu

Sonny Qnooze Semakin Eksis Di Dunia Entertainment

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Nama Soni Bernadus Da Costa semakin eksis. Selain banyak mendapatkan job sebagai Makeup..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Sinergi dan Dukungan, Bank Muamalat Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Srimukti

POROSJAKARTA.COM, KUNINGAN - Perusahan Bank terukemuka di Indonesia PT. Bank Muamalat Tbk menyerahkan bantuan..
Sosok - 2 minggu yang lalu

Artis Dalam Lingkaran Jerat Narkoba, Jihan: Butuh Kesadaran Bersama dan Penegakan Hukum Yang Konsisten

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Lagi dan lagi seolah tidak ada habisnya fenomena penyalah gunaan Narkoba dikalangan..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

Visi Besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi Dicoreng Oknum Camat Tegaldlimo

POROSJAKARTA.COM, BANYUWANGI - Visi besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi untuk menciptakan Banyuwangi Bersih dari..
Khas - 2 minggu yang lalu

Siapa Yang Berhak Menelusuri Asal Muasal Virus Covid-19?

Oleh: Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS *) POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejak merebaknya pandemi Covid-19 yang berawal..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close