Selasa, 21 September 2021 WIB

BPK Penabur Kembali Menggetarkan Catur Nasional, Menggelar Turnamen Catur Pelajar BPK Penabur Cup

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Rabu, 28 Juli 2021 | 23:06 WIB


(Foto:Ist)

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Jakarta, 24 JULI 2021- BPK Penabur makin eksis di dunia olahraga catur nasional. Betapa tidak, baru dua tahun lalu menyelenggarakan festival catur di kalangan BPK sendiri, kali ini, bekerjasama dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA)

menyelenggarakan event akbar ” Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional - BPK Penabur 2021”.
Serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dan entertain ini diadakan bertujuan mensosialisasikan catur ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, sekaligus melakukan talent scouting, menjaring bibit unggul bahkan sampai ke seluruh pelosok dan penjuru tanah air.

Gebyar catur ini akan berpuncak pada “Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2021 – BPK PENABUR Cup”, dapat diikuti oleh seluruh pelajar se-Indonesia. Pertandingan diselenggarakan secara online, dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu, babak kualifikasi digelar pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2021, dilanjutkan babak finalnya pada tanggal 22 Agustus 2021, menggunakan Protocol Fide yaitu ketentuan Fide untuk penyelenggaraan turnamen catur online. Adapun pembagian kategori yang dipertandingkan : Pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, kelas 7-9 SMP, serta kelas 10-12 SMA, dengan setiap kelompok tersebut ada nomor khusus untuk putri.

“Kami berharap turnamen terbuka online ini bisa diikuti oleh ribuan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Sudah saatnya mengembangkan potensi siswa melalui catur,” ujar Ir. Budijanto Gunawan, MM , Ketua Panitia Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021.

Bagi PB Percasi, turnamen yang melibatkan anak-anak sekolah dari tingkat dasar hingga menengah ini menjadi angin segar, karena dapat menyebarluaskan catur ke seluruh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Permainan catur yang sarat dengan pembentukan pola pikir serta mengasah mental itu pun dapat menjadi sarana membangun karakter bangsa. Demikian Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, mengomentari event ini.

Di waktu dan tempat terpisah hal senada diungkapkan oleh Dewan Pembina Percasi, Ir. Eka Putra Wirya, menegaskan bahwa tujuan mempertandingkan total 8 kelompok pelajar SD – SMA Putra/Putri ini, adalah untuk mencari bibit unggul dari lingkungan sekolah. Sebagai penggagas event ini Eka menjelaskan bahwa turnamen ini pun sebagai sarana bagi siswa untuk menggembleng diri, menggali dan mengembangkan bakat, serta memfasilitasi mereka meraih apresiasi, yang tentunya semua ini menjadi hal penting untuk membentuk ketangguhan mental mereka.

Event ini juga sejalan dengan tema HUT ke 71 BPK PENABUR Berbagi dan Berdampak Bagi Sesama, melalui catur, diharapkan tumbuh bibit- bibit baru yang kelak bisa membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik, kesemuanya itu akan mewujudkan generasi bangsa yang mampu membuat Indonesia lebih maju, demikian Adri Lazuardi Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR menegaskan.

Sebelum menuju ke turnamen, ada serangkaian kegiatan yang dilakukan, dimulai dengan acara coaching clinic pada tanggal 7 Agustus 2021 untuk siswa SD, SMP, hingga SMA, serta “Talkshow” yang digelar tanggal 14 Agustus 2021 mengangkat tema “Peran Catur dalam Membangun & Membentuk Karakter Unggul Anak Bangsa” menampilkan para narasumber yang berkompeten diantaranya GM Utut Adianto dan Gus Imam Pituduh.

Sementara pendaftaran untuk turnamen catur pelajar terbuka nasional ini masih terus dibuka sampai tanggal 7 Agustus 2021. Caranya sangat mudah, yaitu cukup mendaftar pada link yang telah disediakan yaitu www.scua.id. Dan, setelah mengisi semua data sesuai dengan syarat yang ditentukan, mereka langsung terdaftar sebagai peserta.

Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, olahraga ini terbukti memberikan banyak manfaat bagi (khususnya) anak-anak. Federasi Catur Internasional (FIDE) telah melansir bahwa catur memberikan manfaat untuk pendidikan dan kesehatan. Catur dinilai dapat memberikan dampak positif bagi siswa, tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan intelektualnya, namun juga dapat memperkuat karakter mereka dikemudian hari.

Latar belakang informasi

Catur adalah permainan yang bukan hanya menarik dan menyenangkan, tetapi juga bermanfaat bagi anak-anak. Melalui Catur, anak-anak bisa belajar banyak hal. Setidaknya ada lima hal manfaat dari bermain catur.

Hal Pertama , dalam bermain catur anak-anak akan belajar untuk menyusun strategi dengan baik. Strategi tersebut mengasah memori otak anak-anak secara tidak sengaja untuk mengingat strategi yang telah disusun dan berkonsentrasi ketika bermain. Semakin sering kita mengingat dalam bermain catur, maka semakin tajam juga kemampuan logika anak untuk mengingat .

Kedua, melalui catur , anak-anak belajar untuk patuh pada aturan yang berlaku. Para pemain catur tidak bisa menjalankan bidak catur sesuai keinginan mereka, ada pola-pola dan juga aturan-aturan langkah yang harus mereka patuhi. Selain itu, mereka juga belajar untuk menerima kekalahan sekaligus mengevaluasi strategi (belajar dari pengalaman).

Ketiga, permainan catur mengajarkan anak-anak untuk tangguh. Karena catur adalah pemainan satu lawan satu. Dalam catur anak-anak belajar untuk memutuskan sendiri langkah-langkah yang diambil dan menerima konsekuensi dari setiap langkah yang diambil. Mereka belajar untuk berani mengambil keputusan tanpa bantuan dari yang lain.

Keempat, Catur melatih imajinasi dan kreativitas. Meskipun permainan catur punya jalur sendiri untuk digerakan, Permainan ini membutuhkan imajinasi tentang bagaimana strategi yang akan dipakai, tetapi juga kreativitas untuk melihat situasi yang berubah ketika kita memainkannya.

Kelima, permainan catur juga mengajarkan tentang kerja keras, artinya untuk menjadi seorang yang profesional dibutuhkan latihan. Tanpa latihan tidak ada yang dapat meningkatkan kemampuannya dalam bermain catur. []


Komentar


Jakarta Pusat - 2 hari yang lalu

APPJ Minta Majelis Hakim Peduli Produk Lokal

POROSJAKARTA - Perseteruan merek dagang cairan anti karat antara WD40 dan Get All 40 berdampak bagi para pedagang...
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

APRESIASI UNTUK BUKU PAK EKA, “CHECK MATE!, From Zero to Hero”

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Buku edisi lux setebal 360 halaman terpampang dalam acara launching buku secara..
Sosok - 1 minggu yang lalu

Dr Leane Suniar Manurung, Ahli Gizi Olahraga dan Mantan Atlet Olympian Sedang Berjuang Melawang Kanker

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Dr Leane Suniar Manurung MSc, SPGK (73 tahun) ahli gizi olahraga yang juga mantan..
Sosok - 1 minggu yang lalu

ECKY TAMTELAHITU, Dr Leane Suniar Figur Atlet Hebat, Fokus, Disipllin, dan Kerja Keras

POROSJAKARTA.COM, CAWANG JAKARTA - Ecky Tamtelahitu 78 tahun, lahir di Soya, Ambon 14 Desember 1943, adalah mantan..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Mahfud MD: PON Papua Momen Eratkan Persatuan dan Persaudaraan

POROSJAKARTA. COM, CAWANG - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Mahfud MD..
Seleberita - 2 minggu yang lalu

Sonny Qnooze Semakin Eksis Di Dunia Entertainment

POROSJAKARTA.COM, CAWANG -Nama Soni Bernadus Da Costa semakin eksis. Selain banyak mendapatkan job sebagai Makeup..
Jakarta Pusat - 2 minggu yang lalu

Sinergi dan Dukungan, Bank Muamalat Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Srimukti

POROSJAKARTA.COM, KUNINGAN - Perusahan Bank terukemuka di Indonesia PT. Bank Muamalat Tbk menyerahkan bantuan..
Sosok - 2 minggu yang lalu

Artis Dalam Lingkaran Jerat Narkoba, Jihan: Butuh Kesadaran Bersama dan Penegakan Hukum Yang Konsisten

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Lagi dan lagi seolah tidak ada habisnya fenomena penyalah gunaan Narkoba dikalangan..
Nusantara - 2 minggu yang lalu

Visi Besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi Dicoreng Oknum Camat Tegaldlimo

POROSJAKARTA.COM, BANYUWANGI - Visi besar Lembaga Anti Narkotika Banyuwangi untuk menciptakan Banyuwangi Bersih dari..
Khas - 2 minggu yang lalu

Siapa Yang Berhak Menelusuri Asal Muasal Virus Covid-19?

Oleh: Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS *) POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejak merebaknya pandemi Covid-19 yang berawal..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close