Senin, 29 Nopember 2021 WIB

BPTP Gorontalo Terima Kunjungan Kerja Anggota DPRD Pohuwato

Oleh : Merwyn Golan | Abuzakir Ahmad | Sabtu, 07 Agustus 2021 | 23:09 WIB


(Foto:Ist) Anggota DPRD Pohuwato, saat kunker ke BPTP Gorontalo

POROSJAKARTA.COM, GORONTALO - Sebanyak 3 orang anggota DPRD Kabupaten Pohuwato lintas komisi yang didampingi sejumlah staf Sekretariat DPRD berkunjung ke BPTP Gorontalo pada Jum'at (6/8/2021). Rombongan legislator Bumi Panua di pimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Abdullah Diko (Fraksi PKB) di damping oleh Inong Nurhamidin (Fraksi Demokrat) dan Luluk Yuliaty (Fraksi Golkar).

Rombongan diterima langsung oleh Kepala BPTP Gorontalo Amin Nur didampingi oleh Kasubag TU Nova Maya Mahummad, Koord Sub Kerjasama Fatmah Sari Indah Hiola serta sejumlah peneliti, penyuluh, teknisi litkayasa dan tenaga administrasi. Dalam Sambutannya Kepala BPTP Gorontalo memperkenalkan Tupoksi BPTP Gorontalo, inovasi-inovasi teknologi yang telah dihasilkan terutama yang saat ini sedang dikembangkan di Kabupaten Pohuwato.

Wakil Ketua DPRD selaku Ketua Tim Abdullah Diko, menyampaikan beberapa hal, diataranya adalah kunjungan ini dimaksudkan untuk update pengembangan dan penerapan inovasi teknologi pertanian yang sedang dikembangkan oleh BPTP Gorontalo di Pohuwato.

Ada beberapa hal yang disampaikan, seperti, keluhan masyarakat Pohuwato tentang banyaknya komoditi-komoditi pertanian terutama tanaman pangan khususnya komoditi beras yang beredar di Pohuwato justru didatangkan dari luar daerah Provinsi Gorontalo teruatama dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Salah satu penyebab hal ini adalah beras yang dihasilkan oleh penggilingan-penggilingan yang ada di Pohuwato memiliki kualitas rendah diantaranya ialah banyak beras pecah, sehingga para petani atau pedagang terpaksa harus menjual berasnya dengan harga yang sangat murah.

Hal selanjutnya yang didiskusikan oleh Abdullah Diko adalah, adanya isu yang beredar bahwa salah satu yang menyebabkan kuantitas dan kualitas padi atau beras di Pohuwato rendah adalah adanya anggapan yang mengatakan, kualitas tanah dan air di Pohuwato telah tercemar oleh limbah yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan emas.

Yang menjadi pertanyaan, apakah sudah ada riset dari lembaga terkait termasuk BPTP Gorontalo yang telah dilakukan di Pohuwato sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk dasar kebijakan Pemda kedepannya.

"Saya sampaikan, bahwa DPRD Pohuwato bersama dengan Pemda telah mengesahkan Perda Perlindungan Lahan Berkelanjutan. Perda tersebut sudah memiliki data lengkap peta lahan di Pohuwato. Penggunaanya untuk apa dan lain sebagainya, sehingga jika BPTP Gorontalo ingin melakukan kegiatan diseminasi teknologi dapat mengacu pada data dimaksud.
HK, "kata Diko.

Nitam Kasim dari BPTP Gorontalo saat beraudiensi dengan Anggota DPRD Pohuwato. Foto/Ist

Sementara itu, Anggota DPRD Nurkamiden menyampaikan, agar para PPL bisa turun langsung ke lapangan untuk melihat kualitas tanah dan air sehingga ditemukan varietas dan rekomendasi pemupukan yang cocok diterapkan dilahan tersebut terutama saat ini di Pohuwato sedang di kembangkan tanaman cengkeh.

"Saya berharap agar para peneliti BPTP Gorontalo dapat mengecek langsung dilapangan agar bisa menemukan titik-titik khusus yang cocok dikembangkan cengkeh,, "ujar Nurhamidin.

Menanggapi beberapa pertanyaan dan pernyataan dari para Legislator Amin Nur menyampaikan beberapa hal, yakni terkait masuknya beras dari luar daerah. Kata dia, ini bukan hanya menjadi masalah kabupaten Pohuwato saja, tapi sudah menjadi masalah Provinsi Gorontalo. Makanya dia menyarankan, agar pemangku kepentingan, baik dari Pohuwato maupun Provinsi Gorontalo dapat membuat regulasi yang dapat menyelesaikan masalah ini.

Terkait Kualitas beras yang rendah, Amin merekomendasikan agar Pohuwato memperhatikan penanganan pasca panen dengan alsintan-alsintan modern, terutama Dryer dan RMU yang ada mesti diperbaharui. Selain itu, mengenai kualitas tanah dan air di Pohuwato, katanya, pada Tahun 2016 BPTP Gorontalo sudah melakukan riset dan telah menghasilkan rekomendasi yang sudah disampaikan ke Pemda Pohuwato.

"Jika ingin di update kembali riset tersebut maka BPTP Gorontalo kini telah memiliki Laboratorium Tanah dan Tanaman. Bisa juga bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanah. Mengenai pengembangan cengkeh di Pohuwato, BPTP Gorontalo telah merekomendasikan agar tanaman cengkeh ditanam dilahan dengan ketinggia diatas 900 mdpl, "pungkas Amin.

Pada akhir diskusi Amin Nur mengenalkan Aplikasi yang saat ini di Kembangkan oleh BPTP Gorontalo yaitu Aplikasi BPTP Mobile yang merupakan Aplikasi berbasis android yang dapat diunduh dari Smartphone. Aplikasi ini berisi tentang info-info teknologi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, pertenakan, sumber daya genetik dan informasi lainnya yang dilaksanakan oleh BPTP Gorontalo.

Diakhir kunjungan, Kepala BPTP Gorontalo menyerahkan Dokumen yang berisikan hasil riset kulitas tanah dan air di Pohuwato beserta rekomendasi yang disampaikan kepada Pemda.* [PJ/Abuzakir]

 


Komentar


Khas - 1 hari yang lalu

Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan (KAWAN), Segera Deklarasi

 POROSJAKARTA.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta / PWI Jaya menyambut baik..
Film - 3 hari yang lalu

Bus Om Bebek Film Anak Nasional Hadirkan Keseruan dan Kelucuan

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Film Bus Om Bebek siap menghibur anak-anak Indonesia di awal tahun baru 2022...
Bodetabek - 1 minggu yang lalu

Puncak HUT KOSGORO 1957 Bantu Pemerintah Tekan Laju Covid-19

Bogor- Dalam rangka HUT 64 KOSGORO 1957 dan Hari Pahlawan 2021 melakukan aksi nyata kepada korban terdampak Covid 19..
Jakarta Selatan - 1 minggu yang lalu

Alumni Jerman, HIMABA RI dan YARSI Sukses Laksanakan Vaksinasi Bersama

JAKARTA. POROSJAKARTA.COM. Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau langsung pelaksanaan "Vaksinasi Bersama" yang..
Metro - 2 minggu yang lalu

Gus Yazid Basyaiban Berikan Ucapan Selamat untuk Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA - Ketua Umum Santri Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kementerian Pertahanan RI H.Ahmad Yazid Basyaiban atau Gus..
Etalase - 3 minggu yang lalu

Ekstrak Delima di Y.O.U Golden Age Serum Diklaim Mampu Tunda Penuaan

POROSJAKARTA – Hasil survei Home Tester Club, World’s Biggest Grocery Review menobatkan Platform Y.O.U..
Jakarta Selatan - 3 minggu yang lalu

Menakar Hasil Penyederhanaan Birokrasi Pengalihan Jabatan

KEBAYORAN BARU. POROSJAKARTA.COM - Penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional terus..
Jakarta Pusat - 4 minggu yang lalu

Alumni Jerman, YARSI dan HIMABA RI Adakan Vaksinasi Massal Awal November

JAKARTA. POROSJAKARTA.COM - Ketua Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) Ing. Ir. H. Vidi Galenso Syarief VDI, S.H., M.H..
Arena - 1 bulan yang lalu

Kejadian di Arena Tinju PON XX Papua Agar Tidak Terulang

POROSJAKARTA. COM, JAKARTA - Peristiwa keributan di arena tinju PON XX Papua yang terjadi Jumat (8/10/2021) malam..
Arena - 1 bulan yang lalu

Ajeng Kandas, Masih Ada Empat Pegulat Terbaik Untuk DKI

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pegulat putri DKI Jakarta, Selfi Ajeng Safitri (50 kg) belum berhasil mewujudkan..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close