Senin, 29 Nopember 2021 WIB

PON XX Papua, WGM Irene Sukandar Dikalahkan Pecatur DKI Theodora Walukow

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Jumat, 08 Oktober 2021 | 10:51 WIB


(Foto/Ist.) Theodora ketika diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor 2015 sebagai anak berprestasi di bidang catur.

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Kejutan besar terjadi di papan catur putri PON XX Papua. Pecatur terbaik Indonesia WGM (Women Grand Master) Irene Kharisma Sukandar dari Jawa Barat harus puas dikalahkan oleh pecatur papan bawa Theodora Walukow atlet catur dari DKI Jakarta.

Turun di kategori perorangan putri cabor catur PON XX Papua, Theodora secara menakjubkan berhasil menaklukan ‘singa catur putri Indonesia’ Irene Kharisma Sukandar di kategori catur cepat. Irene adalah unggulan pertama catur putri perorangan PON XX Papua.

Kekalahan Irene Kharisma Sukandar terjadi pada babak kedelapan catur cepat. Sebelumnya pada pertandingan catur kilat (blitz) juga sudah terjadi pertemuan keduanya. Hasil dari dua kali pertemuan itu, Irene menderita kalah dua kali. Ini suatu prestasi besar bagi Theodora Walukow.

Menurut Theodora, ia tidak merasa ada beban ketika bertemu melawan Irene. Biasa saja katanya. Ia mengatakan hanya ingin berusaha tampil yang terbaik dalam setiap pertandingan, siapapun saja lawannya termasuk melawan Irene Kharisma Sukandar.

Selain itu ia mengatakan pelatihnya juga tidak memberikan target yang tinggi-tinggi. Pelatih hanya meminta agar Theodora tampil maksimal pada setiap pertandingannya dan pulang minimal membawa medali.

"Iya saya menang lawan kak Irene, kalau rasa nervous sih untuk kali ini udah gak ada, main lepas saja, eh tau-tau menang, gak duga banget," tutur Theodora, Kamis (7/10/2021).

Babak delapan catur cepat merupakan pertemuan ketiga dirinya bersua sang unggulan Irene Sukandar. Dengan catatan, 2 kemenangan di babak 8 nomor kilat dan cepat, dan satu kekalahan di babak playoff catur kilat.

Di nomor catur cepat hingga babak delapan, Theodora mengalami dua kekalahan dan enam kemenangan. Dirinya masih punyai peluang kembali mendapatkan medali jika di babak terakhir keberuntungan berpihak padanya.

Di babak 9 yang merupakan babak terakhir, ia harus bertemu Chelase Monika atlet putri dari Kaltim yang merupakan unggulan kedua, dimana sebelumnya pada PON ini, Theodora harus mengakui keunggulan Chelsea dengan menelan dua kali kekalahan.
"Besok lawan kak chelsea, ya kalau mujur bisa dapat medali, soalnya saya udah dua kali kalah, semoga aja dapat," tutur Theodora sambil tersenyum.

Sekilas Tentang Theodora
Nama lengkapnya adalah Theodora Paulina Walukow. Ia lahir pada tanggal 1 Agustus 2004 di Jakarta. Prestasinya di cabang olahraga catur dimulai pada waktu ia duduk di kelas 5 SD Fransiskus 3 Jakarta Timur. Waktu itu ia berhasil menjuarai kejuaraan catur O2SN Tingkat SD tahun 2014 untuk kategori catur standar putri perorangan.

Atas prestasinya itu, Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama PB Percasi (Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia) mengikutsertakan Theodora dan delaopan pecatur pelajar lainnya dalam World Schools Chess Championships di Juiz de Fora, Brasil 26 November s/d 4 Desember 2014.

Hasilnya cukup mengejutkan, para pelajar Indonesia berhasil membawa pulang 4 medali emas, 3 medali perak dan 1 medali perunggu. Para peraih medali emas adalah Novendra Priasmoro di kelompok putra/open U-15, Medina Warda Aulia kelompok putri U-17, Afifa Ayyun Faruq di kelompok putri U-15 dan Theodora di kelompok putri U-11.

Atas prestasi inilah, Theodora terpilih sebagai salah satu pelajar Indonesia berprestasi tahun 2015 diundang ke perayaan HUT RI Ke-70 bahkan sempat berdiskusi langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, hari Selasa 18 Agustus 2015. Luar biasa bukan!

Kecintaan Theodora terhadap catur muncul sejak kelas 2 SD. Untuk menghadapi kompetisi atau turnamen-turnamen catur, dia tekun berlatih dua hingga tiga jam se hari. Meski begitu dia tak sampai mengorbankan mata pelajaran di sekolah. Persiapannya juga dibantu pelatih dan beberapa kali melakukan latih-tanding dengan sejumlah master nasional. [ PJ/Mike Wangge ]

*Sumber RRI, dan Web Catur Indonesia.  


Komentar


Khas - 1 hari yang lalu

Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan (KAWAN), Segera Deklarasi

 POROSJAKARTA.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta / PWI Jaya menyambut baik..
Film - 3 hari yang lalu

Bus Om Bebek Film Anak Nasional Hadirkan Keseruan dan Kelucuan

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Film Bus Om Bebek siap menghibur anak-anak Indonesia di awal tahun baru 2022...
Bodetabek - 1 minggu yang lalu

Puncak HUT KOSGORO 1957 Bantu Pemerintah Tekan Laju Covid-19

Bogor- Dalam rangka HUT 64 KOSGORO 1957 dan Hari Pahlawan 2021 melakukan aksi nyata kepada korban terdampak Covid 19..
Jakarta Selatan - 1 minggu yang lalu

Alumni Jerman, HIMABA RI dan YARSI Sukses Laksanakan Vaksinasi Bersama

JAKARTA. POROSJAKARTA.COM. Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau langsung pelaksanaan "Vaksinasi Bersama" yang..
Metro - 2 minggu yang lalu

Gus Yazid Basyaiban Berikan Ucapan Selamat untuk Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA - Ketua Umum Santri Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kementerian Pertahanan RI H.Ahmad Yazid Basyaiban atau Gus..
Etalase - 3 minggu yang lalu

Ekstrak Delima di Y.O.U Golden Age Serum Diklaim Mampu Tunda Penuaan

POROSJAKARTA – Hasil survei Home Tester Club, World’s Biggest Grocery Review menobatkan Platform Y.O.U..
Jakarta Selatan - 3 minggu yang lalu

Menakar Hasil Penyederhanaan Birokrasi Pengalihan Jabatan

KEBAYORAN BARU. POROSJAKARTA.COM - Penyederhanaan birokrasi melalui pengalihan jabatan struktural ke fungsional terus..
Jakarta Pusat - 4 minggu yang lalu

Alumni Jerman, YARSI dan HIMABA RI Adakan Vaksinasi Massal Awal November

JAKARTA. POROSJAKARTA.COM - Ketua Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) Ing. Ir. H. Vidi Galenso Syarief VDI, S.H., M.H..
Arena - 1 bulan yang lalu

Kejadian di Arena Tinju PON XX Papua Agar Tidak Terulang

POROSJAKARTA. COM, JAKARTA - Peristiwa keributan di arena tinju PON XX Papua yang terjadi Jumat (8/10/2021) malam..
Arena - 1 bulan yang lalu

Ajeng Kandas, Masih Ada Empat Pegulat Terbaik Untuk DKI

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pegulat putri DKI Jakarta, Selfi Ajeng Safitri (50 kg) belum berhasil mewujudkan..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close