Selasa, 16 Agustus 2022 WIB

Poliklinik ‘Rumah Bersinar’ Puskesmas Cakung Terapkan One Stop Service TBC

Oleh : Iast Gunawan | Jumat, 01 Juli 2022 | 12:09 WIB



POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Operasional pelayanan Poliklinik Rumah Bersinar Puskesmas Cakung Jakarta Timur, kini telah ditunjang oleh adanya peralatan medis  yang lebih modern. Pelayanan khusus pasien Tuberkulosis (TBC) dikonsep seca ra terpadu (one stop services) serta menerapkan sistem smart health.

Pelayanan Poliklinik Rumah Bersinar menyediakan pelayanan One Stop Service, yaitu pelayanan terpadu satu pintu yang memberikan kebutuhan pasien TBC untuk bisa mendaftar, mendapat pemeriksaan dan konsultasi dokter, pengambilan sampel laboratorium, pengambilan obat farmasi  secara gratis di lokasi yang sama.

Ruang tunggu pasien TBC MDR

“Puskesmas Kecamatan Cakung memiliki layanan khusus Pasien TBC, "One Stop Service" Poliklinik Rumah Bersinar, dengan layanan mulai dari mendaftar, pemeriksaan awal, sampai pemeriksaan dokter, hingga mendapatkan obat, dilakukan dalam satu pelayanan gedung tersendiri, sehingga tidak perlu antri panjang dan bercampur dengan pasien lain,” ujar dr. Agnes Sinta Arsantiningrum sebagai penanggung jawab Poli TBC Rumah Bersinar.

Agnes mengatakan, pengobatan TBC dilakukan melalui metode DOTS (Directly Observed Treatment, Short-course). DOTS adalah pengawasan langsung pengobatan jangka pendek. Adapun tujuannya, yakni menjamin kesembuhan bagi penderita, mencegah penularan, mencegah resistensi obat, mencegah putus berobat dan segera mengatasi efek samping obat jika timbul. "Hingga akhirnya dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat TB," kata dia. 

'Ruang Lavender' (Poli TBC Resisten Obat)

Menurutnya, metode DOTS itu cukup signigfikan untuk pengobatan, maka pengobatannya pun tersedia sehingga tidak akan menyulitkan si penderita. Hal ini dikarenakan pengobatan TBC yang membutuhkan keteraturan hingga pasien dinyatakan sembuh. 

Agnes menambahkan,  terdapat beberapa faktor yang menyebabakan penyakit TBC, di antaranya? faktor lingkungan di daerah yang padat, pemukinan kurang baik, ventilasi rumah dan pencahayan yang kurang sehingga menimbulkan kelembaban. "Bukan hanya badan saja yang fit dan daya tahan tubuhnya baik, tetapi lingkungan juga harus bersih," ujar Agnes didampingi perawat penanggung jawab Program TBC Puskesmas Kecamatan Cakung Jakarta Timur, Ns.Lia Sandhira, S. Kep. 

PJ Poli TBC Rumah Bersinar, dr. Agnes Sinta Arsantiningrum (Kanan) dan PJ Program TBC Puskesmas Kecamatan Cakung, Ns.Lia Sandhira, S. Kep. 

Dikatakan Agnes, penularan penyakit TBC pada umumnya melalui percikan dahak (droplet) yang berasal dari penderita TBC saat batuk dan bersin. Bila penderita TBC saat batuk dan bersin tanpa menutup mulut, maka kuman mycrobacterium tuberculosis akan tersebar ke udara dan jika ada orang yang berada disekitar penderita bisa tertular kuman mycrobacterium tuberkulosis hanya dengan menghirup udara yang mengandung kuman tersebut. 

“Gejala penyakit TBC yakni batuk terus menerus yang disertai dengan dahak selama 2-3 minggu atau lebih. Terkadang disertai gejala tambahan yakni batuk darah, sesak napas dan disertai dengan nyeri di dada, berat badan turun, timbul keringat saat malam hari walau tanpa aktifitas,” paparnya. 

Adapun cara pencegahan TBC, yakni dengan menutup mulut dengan memakai masker saat batuk dan bersin, tidak meludah disembarang tempat, menjemur alat tidur secara teratur pada pagi hari dan membuka jendela pada pagi hari agar sirkulasi udara bersih dan cahaya matahari didalam rumah cukup. “Sebaiknya meludah di lubang wc dan disiram dengan karbol dan banyak air,” ucap Agnes. 

Ruang pengambilan Dahak yang berada diluar harus terkena sinar matahari yang dapat mematikan kuman mycrobacterium tuberkulosis.

Agnes menegaskan bahwa penyakit TBC, dapat disembuhkan, untuk itu pasien TBC harus memeriksa diri secara teratur ke unit pelayanan puskesmas atau rumah sakit, tekun dan teratur menggunakan obat agar mempercepat penyembuhan. 

“Sebaiknya pasien tidak tidur sekamar dengan anggota keluarga yang lain terutama selama 2 bulan pengobatan pertama. Keluarga pasien yang mempunyai gejala TBC agar memeriksakan diri sedini mungkin untuk memastikan status tertular atau belum dan pasien agar memakan makanan yang bergizi dan terjangkau untuk meningkatkan daya tahan sehingga pasien TBC dapat sembuh total ,” ujarnya. 

Diharapkan juga bagi masyarakat yang memiliki gejala TBC secepatnya memeriksakan diri ke tenaga kesehatan terdekat, seperti Puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan jika terlambat ditangani, maka konsekuensi yang timbul yakni penyakit penderita bertambah parah dengan risiko besar dapat meninggal akibat TBC. Selain itu penderita akan tetap menjadi sumber penularan bagi orang di sekitarnya. 

"Perlu kerjasama yang baik antara petugas kesehatan, pasien dan warga masyarakat dalam pengobatan TBC sehingga pasien bisa menyelesaikan pengobatan dengan tuntas. Mari kita bekerja sama merangkul pasien TBC dan menghilangkan stigma negatif, sehinga pasien TBC merasa nyaman dan tidak takut dalam menjalani pengobatan TBC sampai tuntas," ucapnya.


Komentar


Jakarta Selatan - 1 jam yang lalu

63 Anggota Polri Sudah Diperiksa, 35 Diantaranya Dinyatakan Sebagai Tersangka Melanggar Etik

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Sampai hari ini sudah 63 anggota Polri diperiksa, 35 diantaranya sudah dinyatakan..
Metro - 9 jam yang lalu

Listyo Sigit Belajarlah dari Jenderal Pur Widodo Budhidarmo

POROSJAKARTA.COM - Kapolri saat ini Jenderal Listyo Sigit dalam kasus tewasnya Brigadir Yosua Novriansyah Hutabarat..
Nusantara - 1 hari yang lalu

PWI Serahkan Merah Putih 20 Meter, Juga Siapkan 2.000 Bendera

SUNGAIPENUH.POROSJAKARTA.COM - Program nasional "Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih" dalam rangka memperingati hari..
Jakarta Timur - 3 hari yang lalu

KPK Segera Periksa Dandim Jaya Wijaya Bantu Bupati RHP Kabur ke PNG

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil dan memeriksa Dandim 1702/Jayawijaya..
Arena - 4 hari yang lalu

Final AFF U-16 2022: Jumpa Lagi Vietnam, Timnas Indonesia Harus Tingkatkan Performa Penampilan dan Main Efektif

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Tim Indonesia U-16 akhirnya melaju ke babak final Piala AFF U-16 2022 setelah..
Arena - 4 hari yang lalu

Final Ke Tiga Indonesia Di AFF U-16, Akankah kembali Diselesaikan Lewat Adu Pinalti

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - gelaran AFF U-16 2022 memasuki babak final. Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam..
Musik - 5 hari yang lalu

Herman Hasan Percayakan Lagu Rang Sikumbang Dirilis Ulang Alif Koto

POROSJAKARTA.COM, PADANG - Lagu Rang Sikumbang merupakan salah satu karya legendaris dari Herman Hasan. Untuk..
Arena - 5 hari yang lalu

Tim Catur Putra Putri Indonesia Berhasil Perbaiki Peringkat di Olimpiade Catur di Chennai, India

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pesan Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto ketika melepas tim catur putra dan putri..
Arena - 5 hari yang lalu

Malam Ini, Semifinal AFF U16 2022, Timnas Indonesia vs Timna Myanmar

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 akan bertanding melawan Myanmar di babak semifinal Piala AFF di..
Jakarta Selatan - 6 hari yang lalu

Ferdy Sambo Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kapolri : Tidak Ada Aksi Baku Tembak

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close