Kamis, 29 September 2022 WIB

Mensesneg dan Mendagri Tinjau Revitalisasi TMII, Begini Kata Tito

Oleh : Abuzakir Ahmad | Selasa, 19 Juli 2022 | 19:52 WIB


Kepala Sub Bidang Fasilitasi Promosi dan Informasi dan Kepala Anjungan Provinsi Gorontalo Lanny Rachmadewi Wantogia, SE, MM (kiri) bersama Mendagri Tito Karnavian (kedua kanan) saat berkunjung ke TMII, Minggu (17/7/2022). Foto / Ist.

POROSJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno meninjau perkembangan renovasi TMII Jakarta Timur, Minggu (17/7/2022). Renovasi tersebut terkait dengan persiapan pertemuan G20 yang akan berlangsung Oktober mendatang.

Kedatangan Mendagri dan Mensegneg disambut oleh Kepala Badan Penghubung Provinsi dan Kepala Anjungan lainya termasuk Kepala Sub Bidang Fasilitasi Promosi dan Informasi dan Kepala Anjungan Provinsi Gorontalo Lanny Rachmadewi Wantogia.

Menurut Lanny Rachmadewi Wantogia, pada acara kemarin, Minggu (17/7) Mensekneg Pratikno menyampaikan ke Mendagri menjamin gubernur tiap provinsi di Indonesia untuk terlibat dalam revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Harapan saya, untuk Anjungan Gorontalo juga segera direnovasi yang bagus. Ada tim kreasi agar anjungannya bisa lebih bagus dengan mengacu adat istiadat daerahnya," ujar Lanny Rachmadewi Wantogia di BPPG Jakarta Senin (18/7/2022).

Kepala Sub Bidang Fasilitasi Promosi dan Informasi dan Kepala Anjungan Provinsi Gorontalo Lanny Rachmadewi Wantogia (ketiga dari kanan) foto bersama dengan Kaban Penghubung Provinsi dan Kepala Anjungan 7 Anjungan Terpadu di TMII, Minggu (17/7/2022). Foto / Ist.

Diketahui, seperti yang diberitakan beberapa media, Mendagri ikut mengunjungi TMII yang sedang direnovasi besar-besaran, Minggu (17/7).

Pada kunjungan tersebut Mensesneg Pratikno minta tolong ke Mendagri Tito untuk menjamin agar masing-masing provinsi segera merenovasi, memperbaiki anjungan-anjungan provinsi sesuai dengan desain yang sudah dirancang oleh Kementerian PUPR dan juga TWC.

PUPR, kata dia, pengerjaan revitalisasi ditargetkan rampung pada Agustus awal. Ia menyebut revitalisasi untuk saat ini sudah memiliki banyak progres. Kemudian diakhir Agustus pihaknya akan menyelenggarakan event di TMII seperti, soft launching yang dikaitkan dengan kegiatan G20.

Sementara terkait Gedung Kementerian Lembaga (KL), pihak Sekretaris Negara sudah mencoba menjangkau pihak terkait untuk melakukan renovasi. Misalnya, gedung edukasi Kominfo, Kementerian ESDM, hingga Kementerian Pertahanan.

"Pulau-pulau direnovasi oleh Kementerian PUPR. Nanti ada lighting dan lain-lain semua hijau. Mulai dari Papua di timur, sampai Sumatra di Barat bisa dilihat dari atas "viewing tower". Akan menjadi tempat menarik. Kami berharap sekali untuk Bapak, Ibu Gubernur, untuk segera berpartisipasi memperbaiki," kata Pratikno.

Sementara itu dilokasi yang sama, Mendagri Tito Karnavian menanggapi permintaan dari Mensesneg. Dia menyebut pihaknya sudah berkomunikasi dengan para gubernur dan para gubernur setuju mendukung.

"Kemendagri membentuk tim sudah melakukan turun langsung "door to door" ke setiap anjungan. Ada 19 anjungan yang rusaknya ringan sehingga perbaikan dikit saja. Ada yang rusak sedang, ada yang rusak berat itu Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah," kata Tito.

Dia melihat, masih ada yang belum memiliki anjungan seperti Kalimantan Utara. Nanti di koordinasikan supaya memiliki lahan. Ada juga lahan untuk lokasi bersama itu untuk provinsi baru; Babel, Gorontalo dan lain-lain.

Saat ini seluruh anjungan daerah terus berupaya melakukan giat untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan revitalisasi anjungan masimg-masimg daerahnya, agar segera rampung sebelum peresmian TMII dengan wajah baru.

Terus saling mendukung pemerintah pusat dan pemerintah daerah, saling bersinegri untuk kesuksesan perhelatan G20. [PJ/Abuzakir Ahmad/Humas Gorontalo]


Komentar


20 jam yang lalu

Bitcoin Sedang Volatil, CAD Stop Mining Sementara Namun Tetap Maintenance Mesin

POROSJAKARTA.COM - Pergerakan harga Bitcoin yang volatil membuat para pelaku bisnis Crypto yang sedang tren ini harus..
Jakarta Selatan - 1 hari yang lalu

KPK Dituntut Jemput Paksa Lukas Enembe, Serta Usut Tuntas Tambang Emas Ilegal Miliknya

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Sejumlah tokoh di Papua, dan Lembaga LSM mendesak KPK untuk menjemput paksa..
Seleberita - 2 hari yang lalu

Ada 'Macan' di Ulang Tahun Lucie LC

POROSJAKARTA.COM, TANGERANG. Ulang tahun adalah tradisi yang dirayakan masyarakat sedunia. Jika seseorang sampai pada..
Metro - 2 hari yang lalu

Anak Buah Prabowo Sebut Puan Calon Presiden Terkuat

Porosjakarta.com, Pengamat wisata politik Arief Poyuono mengungkapkan, Puan Maharani memiliki kans paling besar untuk..
Jakarta Timur - 2 hari yang lalu

MAKI Beberkan Lukas Enembe Sering Naik Jet Pribadi ke Luar Negeri

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) membeberkan 24 perjalanan Lukas Enembe dalam dan..
Film - 3 hari yang lalu

Tidak Ada Film Laga, FFWI 2022 Tetapkan 54 Film Nasional Masuk Tahap Penjurian

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) ke-12, gelaran festival perfilman yang..
Musik - 3 hari yang lalu

Antonino Salerno, Bule Asal Italia Rilis Lagu Minang

POROSJAKARTA.COM, PADANG – Belantika musik Minang sedang dibikin heboh dengan beredarnya sebuah video di..
Jakarta Timur - 4 hari yang lalu

Koordinator MAKI, Bonyamin Saiman : Lukas Enembe Berjudi di Tiga Negara

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Koordiantor Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman, mengatakan Gubernur..
Jakarta Timur - 4 hari yang lalu

Kasum TNI Dengarkan Langsung Persoalan Prajurit TNI di Lebanon

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kasum TNI Letjen Eko Margiyono melakukan kunjungan kerja meninjau langsung Prajurit TNI..
Bodetabek - 5 hari yang lalu

Pentingnya Jaminan Sosial Bagi Orang dengan TBC-RO dalam Mengurangi Beban Biaya Katastropik

Porosjakarta.com, Stop TB Partnership Indonesia (STPI) melaksanakan kegiatan diseminasi Policy Brief mengenai..
Lihat Semua

Close




Indeks

Close
Close
Close