Kamis, 29 September 2022 WIB

Nakes dan PNS Non Papua Masih Mengungsi di Wamena , DPP Partai Demokrat Diminta Segera Ambil Sikap Terhadap Kader Partainya

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Rabu, 20 Juli 2022 | 11:57 WIB


(Foto: Ist) Aski memalangi jalan di Kobakma, Ibukota Kabupaten Mamberamo Tengah menyebabkan ratusan warga non Papua mengungsi ke Wamena Jayawijaya hingga hari ini

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejak Sabtu 9 Juli 2022 hingga hari ini situasi di Mamberamo Tengah masih belum pulih. Ratusan Nakes (Tenaga Kesehatan) termasuk dokter, juga PNS non Papua masih berada di pengungsian di Wamena.
Karena itu sejumlah aktivis di Mamberamo Tengah menyerukan agar DPP Partai Demokrat segera mengambil sikap karena sejumlah kadernya diduga terlibat dalam aksi melindungi dan meloloskan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, tersangka kasus korupsi yang kini melarikan diri ke PNG.

Polda Papua sejak Sabtu 9 Juli 2022 sudah mengirimkan kekuatan keamanan sebanyak tiga Kompi Brimob Nusantara. Hingga kini kekuatan keamanan masih berada di Kota Kobakma, Ibukota Mamberamo Tengah. Masih berjaga-jaga untuk memulihkan situsi.

Sementara ratusan Nakes (Tenaga Kesehatan), dan PNS non Papua, masih berada di pengungsian di Wamena Ibukota Jawijaya. Tidak hanya Nakes dan PNS non Papua saja, PNS dan Nakes asli Papua tetapi bukan asal Mamberamo Tengah juga diungsikan.

Para nakes dan ASN khawatir dengan aksi unjuk rasa sejak akhir pekan lalu ini. Saat itu, massa memalang sejumlah kantor pemerintahan. Mereka meminta warga yang bukan asli Mamberamo Tengah meninggalkan wilayah tersebut.

Tentu saja ancaman ini mengkhawatirkan para nakes yang tengah melayani masyarakat.
Apalagi, kata Kepala Dinas Kesehatan Memberamo Tengah, Helda Wally, di antara ASN yang mengungsi ada dokter dan tenaga kesehatan dari luar Papua.

"Kami sebagai pimpinan harus menyelamatkan nyawa mereka. Ini semata-mata karena melihat situasi Kobakma hari ini yang begitu mencekam. Kelihatannya sangat tidak aman. Saya sebagai Kepala Dinas, kami harus menyelamatkan teman-teman kami, petugas (kesehatan). Dokter, perawat, bidan dan sebagainya, karena ada peristiwa-peristiwa yang telah terjadi," kata Helda Wally, Selasa, (12/7/2022).

Helda mengaku, tidak ingin dokter dan nakes yang bertugas di sana terancam keselamatannya. Apalagi sekitar 65 persen tenaga kesehatan di Mamberamo Tengah, bukan orang asli setempat.

"Kita hanya mengantisipasi saja. Jangan sampai kami punya petugas itu nyawanya terancam dalam pelayanan," kata Helda Wally.

Karena itu Polda Papua sejak awal sudah menurutnkan tiga Kompi Brimob Nusantara. Tugasnya adalah segera memulihkan situasi Mamberamo Tengah. Selain itu Polda Papua juga diminta memburu keberadaan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) tersangka kasus korupsi yang dikabarkan buron ke PNG sejak Kamis (7/7/2022)

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Papua, Faizal Ramadhani mengatakan Ricky Ham Pagawak ditetapkan sebagai tersangka suap sejumlah proyek di lingkungan Pemkab Mamberamo Raya periode 2013-2019.

Menurutnya, RHP sudah dua kali tidak menghadiri panggilan penyidik KPK. Keberadaannya juga tidak diketahui sejak Kamis, 14 Juli 2022. Polisi menduga, RHP kabur ke Papua Nugini (PNG). Sebab, sebelum menghilang, ia sempat terpantau berada di perbatasan Papua dan PNG, di Skuow, Kota Jayapura.

"Kita sebarkan jaringan, termasuk juga kontak-kontak kita yang ada di sebelah (PNG), untuk membuktikan apakah benar dia sudah ke sana (PNG) seperti itu," kata Faizal Ramadhani.

Partai Demokrat Segera Mengambil Sikap

Sementara itu sejumlah aktivis bersama masyarakat di Mamberamo Tengah meminta agar DPP Partai Demokrat segera mengambil sikap terhadap kader partainya yang terlibat dalam kasus ini. Ada sejumlah kader Partai Demokrat di antaranya adalah Ketua DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah, Hengky Yikwa, dan kader PD lainnya.

Hal ini disampaikan oleh salah satu aktivis, Nius Yikwa kepada Media dengan maksud agar DPP PD segera ambil sikap terhadap kader partainya. Jangan hanya “ngoceh” di media, ambil tindakan segera. Tindakan yang diharapkan adalah segera mengganti (PAW) terhadap perwakilan PD di DPRD Mamberamo Tengah, dan lain-lain.

Permintaan ini disampakan karena menyangkut pemilu 2024 yang tinggal diambang pintu ini. Kalau ingin PD tetap eksis di Papua kiranya sekarang saatnya untuk segera mengambil sikap dan memilih figur yang tepat untuk menaikan ektabilitas partai di tahun politik 2024 yang akan datang. Maka segeralah DPP PD ambil sikap.* [PJ/Mike Wangge]


Komentar


22 jam yang lalu

Bitcoin Sedang Volatil, CAD Stop Mining Sementara Namun Tetap Maintenance Mesin

POROSJAKARTA.COM - Pergerakan harga Bitcoin yang volatil membuat para pelaku bisnis Crypto yang sedang tren ini harus..
Jakarta Selatan - 2 hari yang lalu

KPK Dituntut Jemput Paksa Lukas Enembe, Serta Usut Tuntas Tambang Emas Ilegal Miliknya

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Sejumlah tokoh di Papua, dan Lembaga LSM mendesak KPK untuk menjemput paksa..
Seleberita - 2 hari yang lalu

Ada 'Macan' di Ulang Tahun Lucie LC

POROSJAKARTA.COM, TANGERANG. Ulang tahun adalah tradisi yang dirayakan masyarakat sedunia. Jika seseorang sampai pada..
Metro - 2 hari yang lalu

Anak Buah Prabowo Sebut Puan Calon Presiden Terkuat

Porosjakarta.com, Pengamat wisata politik Arief Poyuono mengungkapkan, Puan Maharani memiliki kans paling besar untuk..
Jakarta Timur - 2 hari yang lalu

MAKI Beberkan Lukas Enembe Sering Naik Jet Pribadi ke Luar Negeri

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) membeberkan 24 perjalanan Lukas Enembe dalam dan..
Film - 3 hari yang lalu

Tidak Ada Film Laga, FFWI 2022 Tetapkan 54 Film Nasional Masuk Tahap Penjurian

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) ke-12, gelaran festival perfilman yang..
Musik - 3 hari yang lalu

Antonino Salerno, Bule Asal Italia Rilis Lagu Minang

POROSJAKARTA.COM, PADANG – Belantika musik Minang sedang dibikin heboh dengan beredarnya sebuah video di..
Jakarta Timur - 4 hari yang lalu

Koordinator MAKI, Bonyamin Saiman : Lukas Enembe Berjudi di Tiga Negara

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Koordiantor Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman, mengatakan Gubernur..
Jakarta Timur - 5 hari yang lalu

Kasum TNI Dengarkan Langsung Persoalan Prajurit TNI di Lebanon

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kasum TNI Letjen Eko Margiyono melakukan kunjungan kerja meninjau langsung Prajurit TNI..
Bodetabek - 5 hari yang lalu

Pentingnya Jaminan Sosial Bagi Orang dengan TBC-RO dalam Mengurangi Beban Biaya Katastropik

Porosjakarta.com, Stop TB Partnership Indonesia (STPI) melaksanakan kegiatan diseminasi Policy Brief mengenai..
Lihat Semua

Close




Indeks

Close
Close
Close