Jumat, 02 Desember 2022 WIB

Digelar, Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR Tahun 2022

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Sabtu, 03 September 2022 | 17:49 WIB



POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - BPK Penabur kembali menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional tahun 2022. Penyelenggaraan festival catur ini bekerjasama dengan PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), dan SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto). Hal ini disampaikan oleh Ketua BPK Penabur, Adri Lazuardi dalam acara jumpa media secara online pada Sabtu (3/9/2022).

Hadir dalam acara jumpa pers tersebut di antaranya, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi, Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perasi, Kristianus Liem, dan Lisa Karlina Lumondong, dan sejumlah penyelenggara dari BPK Penabur. Hadir juga pecatur cilik dari Bandung, Samantha Adhisto yang turut menyampaikan pengalamannya menjadi juara dunia ketika mengikuti kejuaraan dunia di Spanyol tahun 2018 lalu.

Festival Catur BPK Penabur ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi BPK Penabur dan sudah menjadi acara tahunan bergengsi yang sangat dinantikan oleh pecatur-pecatur pelajar dari seluruh Indonesia. Festival Catur kedua tahun 2022 ini diselenggarakan secara online dan dilaksanakan selama 8 hari.

Pertandingannya dimulai pada tanggal 17 – 18 September 2022 kemudian babak finalnya digelar pada 24 – 25 September 2022. Turnamen ini dibagi menjadi 8 kategori yaitu mencakup kategori SD kelas 1-3, SD kelas 4-6, SMP dan SLTA Putra dan Putri dengan total hadiah mencapai Rp20 Juta.

Diharapkan peserta datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan jumlah pesertanya melebihi dari 2500 peserta. Kalau sampai 2500 berarti jumlah pesertanya melebihi festival catur tahun sebelumnya 2021 lalu yang juga digelar secara online.



Ketua Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi, yang juga penggagas gelaran Festival Catur ini, dalam acara jumpa pers online bersama rekan media, Sabtu (3/9/2022) mengatakan festival catur ini dimaksudkan agar pecatur-pecatur dari arena festitval ini kelak bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Menurut Adri Lazuardi, meski pihaknya baru dua kali menggelar festival catur, namun dia melihat ada masa depan yang terbentang lebar bagi BPK Penabur bersama PB Percasi untuk menjadikan putra putri Indonesia berprestasi di bidang catur.

Dia mengatakan keinginan untuk mengembangkan catur di sekolah, karena permainan catur sejalan dengan misi utama pendidikan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan catur seorang anak bisa berprestasi di bidang olahraganya untuk membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah internasional.

Tetapi melalui catur juga, terang Adri Lazuardi, seorang anak bisa terbentuk untuk setiap individunya. Mengapa? karena di catur terbiasa menghadapi tantangan sulit yang mana seorang pemain harus memilih hanya satu langkah terbaik dari ratusan langkah terbaik sebagai pilihannya.

Pemain catur harus bisa menerapkan filosofi melangkah bidak di catur ke dalam kehidupan sehari-harinya. Inilah karakter catur. Dia menyebut, inilah karakter yang sedang diharapkan oleh BPK Penabur bersama PB Percasi untuk menjadikan anak Indonesia sebagai anak-anak yang berkarakter kuat menghadapi fenomena perkembangan zaman.

Sementara itu, Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya, mengatakan mendukung sepenuhnya kejuaraan catur yang telah beberapa kali diselenggarakan oleh BPK Penabur ini. Eka mengatakan, adalah kebahagiaan bagi PB PERCASI, karena BPK Penabur mau ikut memajukan catur dengan membuat turnamen catur khusus untuk pelajar setiap tahunnya ini. Luar biasa katanya.

“Secara tidak langsung BPK Penabur sudah melakukan tugas pembinaan. Ini adalah tugas mulia tetapi juga tugas yang tidak mudah untuk dilakukan,” ujar Eka Putra Wirya.

Eka sampaikan permohonan maaf karena Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto tidak bisa hadir karena sedang menemani Ketua DPR, Puan Maharani yang bertemu salah satu utusan Pemerintahan Jepang di Jakarta. ** [PJ/Mike Wangge]


Komentar


Arena - 4 jam yang lalu

Berangkat Biaya Sendiri, Pegulat DKI Ukir Sukses di Kejurnas Gulat Senior Puan Maharani Cup di Medan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Empat pegulat DKI Jakarta berhasil mengukir sukses meraih satu medali emas, satu medali..
Metro - 6 jam yang lalu

Polresta Bandara Soekarno Hatta Gelar Donor Darah Peringati 73 Tahun Bakti Polda Metro Jaya

POROSJAKARTA.COM, CENGKARENG -Polresta Bandara Soekarno Hatta (BSH) menggelar donor darah dalam rangka..
Metro - 10 jam yang lalu

Pakar UI, ITB, USU, UHAMKA Sepakat Mengimbau BPOM Tidak Perlu Memaksakan Pelabelan BPA Galon Guna Ulang

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Polemik wacana Pelabelan BPA AMDK Galon menjadi topik menarik dalam diskusi media, yang..
Metro - 1 hari yang lalu

Menang Gugatan, UNKRIS Wajib Bayar Rp 500 juta ke Risma

POROSJAKARTA.COM, PASAR BARU  - Mahasiswi S3 Doktor Ilmu Hukum Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dra. Risma..
Karang Taruna - 1 hari yang lalu

PJ Gubernur akan Lantik SAKTISAKATA untuk Bantu Warga Jakarta

POROSJAKARTA.COM, KEBON SIRIH - PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerima pengurus Karang Taruna DKI Jakarta..
Jakarta Barat - 1 hari yang lalu

70 Mobil Pemadam Berjibaku Padamkan Api di Kebon Jeruk

POROSJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Kebakaran melanda sebuah bangunan semi permanen di Kelurahan Kebon Jeruk, Kebon..
Metro - 1 hari yang lalu

Aksi Polisi Baik kepada Petugas Pembersih Gedung Tinggi

POROSJAKARTA.COM, CENGKARENG-Aksi Simpatik Personel Polresta BSH Beri Air Minum ke Petugas Pembersih Kaca Gedung..
Film - 1 hari yang lalu

Awi Suryadi Siap Berbagi Ilmu Di Acara 'Ngobrasin', Ngobrol Soal Sinema

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Awi Suryadi sutradara film KKN Desa Penari yang sukses meraup 9.2 juta penonton..
Metro - 2 hari yang lalu

Poros Rawamangun & Korban Gangguan ginjal akut, Bakal Mengadu ke Unicef dan WHO

POROSJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Boleh dikatakan bahwa kasus gagal ginjal akut progresif atipikal adalah darurat..
Transportasi - 3 hari yang lalu

OSIS SMP Negeri 268 Jakarta Jalani Program Eduwisata Transportasi Modern LRT

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan peserta didik dan sekaligus ikut mensosialisasiakan..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close