Jumat, 02 Desember 2022 WIB

Andrian Lame Muhar; Heran Sikap PD Pasar Jaya Lambat Membangun Kembali Pasar Blok A, Pedagang Siap Demo

Oleh : Merwyn Golan | Minggu, 11 September 2022 | 11:25 WIB


(Foto : PJ/Merwyn) Andrian Lame Muhar, SE,Msi, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga INKOPPAS

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Nasib para pedagang eks Pasar Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hingga saat ini masih terkatung-katung karena belum ada kejelasan pasti dari PD Pasar Jaya kapan segera dibangun setelah 7 tahun silam mengalami kebakara.

INKOPPAS (Induk Koperasi Pedagang Pasar) bersama para pedagang pasar Blok A yang menjadi anggota KOPPAS Blok A, dan KOPPAS lainnya akan melakukan aksi demo bila hingga akhir bulan September 2022 ini belum juga ada jawaban pasti dari PD Pasar Jaya. Hal ini terungkap saat mengkonfirmasikan kepada Andrian Lame Muhar, SE,Msi, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga INKOPPAS, di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/9/2022)

"Jujur kami dari Inkoppas, dan para pedagang Pasar Blok A adalah salah satu anggota kami, dan ketua KOPPAS adalah juga salah satu sekertaris umum kami di Inkoppas, kami merasa kecewa dengan PD Pasar Jaya," ucap Andrian Lame.

"Sudah terlalu lama menyelesaikan permasalahan pembangunan kembali Pasar Blok A Fatmawati, sangat terkatung-katung, sudah tujuh tahun lebih tidak ada kejelasan atas permasalahan yang terjadi, yang katanya mau di selesaikan katanya," sambung Andrian Lame.

Lebih rinci Andrian Lame mengungkapkan bahwa kami dari Inkoppas telah bersurat ke PD Pasar Jaya untuk mengadakan audiensi, untuk bertanya ada apakah permasalahan yang terjadi sebenarnya. "Sayang, saat audiensi, kita tidak langsung bertemu dengan Dirut Pasar Jaya".

Lamanya pembangunan kembali Pasar Blok A, menimbulkan sejumlah keanehan dan pertanyaan bagi INKOPPAS dan para pedagang. Apalagi, sebentar lagi masa jabatan Gubernur DKI Jakarta akan berakhir, Dirut Pasar Jaya pun sudah diganti.

"Dirutnya pun sudah diganti yang baru. Sebenarnya pedagang ini butuh kejelasan bagaimana nasib mereka," ucapbAndrian Lame.

Lebih lanjut Andrian menjelaskan, tadinya mereka berdagang di Pasar Blok A, yang sekarang sudah tidak ada lagi bangunannya, dan para pedagang sudah terpencar-pencar posisinya. Mereka berharap atas kejadian yang lalu, dan ada keseriusan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyelesaikan revitalisasi Pasar Blok A.

"Saya tidak perlu membahas kejadian yang lalu di Pasar Blok A, yang penting sekarang mencari jalan keluar, supaya cepat merealisasikan pembangunan Pasar Blok A ini. Pedagang kami sudah lama menunggu 7 tahun, bahkan para pedagang ingin berdemo tapi kami dari Inkoppas melarang, mencoba dulu persuasif dengan PD Pasar Jaya kenapa lama sekali," terangnya.

"Kami dari Inkoppas terus mendorong dan kami sudah ultimatum kalau sampai minggu ini Dirut PD Pasar Jaya tidak mau beraudiensi dengan kami, dan hanya menyuruh wakil- wakil terus tanpa ada kejelasan dari Dirut nya, saya tidak bisa melarang - larang para pedagang blok A untuk berdemo," ungkap Andrian, tegas.

"Selama ini kami melarang-larang terus untuk para pedagang pasar berdemo, dengan alasan covid-19, nanti kasian juga pak Gubernur," sambung Andrian.

Andrian Lame pun merasa heran dengan sikap PD Pasar Jaya yang menurutnya apa susahnya Dirut PD Pasar Jaya bertemu dengan para pedagang Pasar Blok A atau dengan Inkoppas untuk membicarakan apa permasalahan yang terjadi. "Apa kesulitannya kan bisa kita bantu juga, " tuturnya.

"Kami dari Inkoppas siap membantu jika ada permasalahan- permasalahan yang sangat sulit, kami dari Inkoppas telah berkali- kali berbicara dengan PD Pasar Jaya, memberikan solusi- solusi, apa permasalahannya, mencari developer yang besar bisa kita cari, jika anggaran Inkoppas juga bisa membantu, tapi tolong jangan di gantung- gantung seperti ini," ungkap Andrian.

Masalah IMB 

"Kalau masalah perizinan orang PD Pasar Jaya hanya sebentar, tinggal kontek- kontek dengan pemerintah provinsi. pertanyaannya apakah benar hanya masalah IMB ? Atau ada permasalahan lain. 

Andrian menghimbau, "Setidaknya Dirut itu turun ajak bicara, Koppas Blok A. Ajak bicara para pedagang Pasar Blok A, agar mereka bisa ada sedikit ketenangan, selama ini para pedagang Pasar Blok A berteriak kenapa pasar kami tidak dibangun, ini yang menjadi kekesalan para pedagang dan sudah merasa capek untuk merespon para wakil rakyat, " ucapnya.

"Ini para pedagang kecil, meminta tolong kepada Induknya di Koppas dan Inkoppas. Ini sudah terlalu lama, Jika tempat jualan tidak ada maka pedagang juga sulit berjualan ".

Gubernur Menjelang Pensiun 

Kenapa Inkoppas sekarang kencang berbicara, kami tidak ingin ketika sudah mulai serius Perumda nya Gubernurnya sudah Plt, yang saya dengar surat PKS atas izin Gubernur, atau Gubernurnya sudah OK tapi Perumda nya yang belum ada pergerakan lebih lanjut.

"Kami mendorong terus agar PD Pasar Jaya untuk cepat melakukan pembangunan pasar, apalagi sebentar lagi Gubernur DKI akan memasuki masa pensiun, maka akan terjadi lagi permasalahan yang baru, sehinggga terkatung- katung kembali," jelasnya.

Ini sudah sejak zaman gubernur sebelumnya, padahal dari kedua gubernur sudah mendorong Pasar Blok A cepat terbangun, jadi apa yang jadi masalah sehingga sampai sekarang masih terkatung- katung. 

Sejak zaman plt Gubernur Djarot Saiful Hidayat sudah groundbreaking, peletakan batu pertama, hingga saat ini, sampai batunya sudah ketelan air, batunya sudah tidak ada dan hanyut, pembangunan Pasar Blok A belum juga dikerjakan.

Target  1 dan 2 minggu dan Pedagang Siap Demo

Seperti tidak ditanggapi dan dianggap sepele membuat INKOPPAS mengeluarkan ultimatum jika satu dua minggu kedepan tidak terjadi pertemuan dengan Dirut PD Pasar Jaya, maka INKOPPAS tidak akan menahan-nahan lagi para pedagang Pasar Blok A dan para pedagang lain untuk turun ke jalan, berdemo, menyuarakan keinginan mereka.

"Kami kencang karena kami kasihan dan prihatin yang dalam sekali dengan para pedagang Pasar Blok A. Ditambah pandemi covid-19, yang tadi ada kios sekarang tidak punya kios," ujar Andrian.

Andrian Lame pun mengungkapkan, "Kita sudah berkali-kali melalui wakil rakyat, anggota dewan, kita bicara lewat dengan Gubernur, kita juga sudah berbicara dengan dewan pengawas PD Pasar Jaya, hasilnya sampai sekarang belum terealisasi juga pembangunan di Pasar Blok A," ungkapnya.

"Mesin aksafator aja tidak pernah ada di Pasar Blok A, apalagi bicara mau membangun Pasar Blok A dan pedagang juga tidak pernah diajak bicara. Jika sudah diajak bicara mungkin para pedagang Pasar akan sedikit tenang".

"Harapan saya yang penting segera ada tempat untuk para pedagang berjualan, dengan pembayaran atau kepemilikan model apapun terserah, yang penting ada tempat untuk pedagang perjualan," pungkasnya.* [PJ/Mer]


Komentar


Arena - 4 jam yang lalu

Berangkat Biaya Sendiri, Pegulat DKI Ukir Sukses di Kejurnas Gulat Senior Puan Maharani Cup di Medan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Empat pegulat DKI Jakarta berhasil mengukir sukses meraih satu medali emas, satu medali..
Metro - 6 jam yang lalu

Polresta Bandara Soekarno Hatta Gelar Donor Darah Peringati 73 Tahun Bakti Polda Metro Jaya

POROSJAKARTA.COM, CENGKARENG -Polresta Bandara Soekarno Hatta (BSH) menggelar donor darah dalam rangka..
Metro - 10 jam yang lalu

Pakar UI, ITB, USU, UHAMKA Sepakat Mengimbau BPOM Tidak Perlu Memaksakan Pelabelan BPA Galon Guna Ulang

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Polemik wacana Pelabelan BPA AMDK Galon menjadi topik menarik dalam diskusi media, yang..
Metro - 1 hari yang lalu

Menang Gugatan, UNKRIS Wajib Bayar Rp 500 juta ke Risma

POROSJAKARTA.COM, PASAR BARU  - Mahasiswi S3 Doktor Ilmu Hukum Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dra. Risma..
Karang Taruna - 1 hari yang lalu

PJ Gubernur akan Lantik SAKTISAKATA untuk Bantu Warga Jakarta

POROSJAKARTA.COM, KEBON SIRIH - PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerima pengurus Karang Taruna DKI Jakarta..
Jakarta Barat - 1 hari yang lalu

70 Mobil Pemadam Berjibaku Padamkan Api di Kebon Jeruk

POROSJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Kebakaran melanda sebuah bangunan semi permanen di Kelurahan Kebon Jeruk, Kebon..
Metro - 1 hari yang lalu

Aksi Polisi Baik kepada Petugas Pembersih Gedung Tinggi

POROSJAKARTA.COM, CENGKARENG-Aksi Simpatik Personel Polresta BSH Beri Air Minum ke Petugas Pembersih Kaca Gedung..
Film - 1 hari yang lalu

Awi Suryadi Siap Berbagi Ilmu Di Acara 'Ngobrasin', Ngobrol Soal Sinema

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Awi Suryadi sutradara film KKN Desa Penari yang sukses meraup 9.2 juta penonton..
Metro - 2 hari yang lalu

Poros Rawamangun & Korban Gangguan ginjal akut, Bakal Mengadu ke Unicef dan WHO

POROSJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Boleh dikatakan bahwa kasus gagal ginjal akut progresif atipikal adalah darurat..
Transportasi - 3 hari yang lalu

OSIS SMP Negeri 268 Jakarta Jalani Program Eduwisata Transportasi Modern LRT

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan peserta didik dan sekaligus ikut mensosialisasiakan..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close