Kamis, 29 September 2022 WIB

JAPFA Chess Festival Berakhir, Dua Pecatur Indonesia Tumbang di Partai Dwitarung

Oleh : Mike Wangge | Mike Wangge | Rabu, 14 September 2022 | 22:04 WIB



POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dua pecatur Indonesia tumbang atas lawan-lawannya dalam gelar dwitarung Japfa Chess Festival 10-14 September 2022 di Gedung Serbaguna, GBK Senayan, Jakarta.

Keduanya adalah MI Mohamad Ervan (2395), dan MI Medina Warda Aulia (2383).

Medina yang menurut pengakuannya sedang tidak bermain bagus sepanjang 5 babak, menderita kalah 2.5 - 3.5 atau terpaut satu poin atas lawannya, pecatur dari Singapura, GMW Gong Qianyun (2271). Satu-satunya harapan untuk bisa menang adalah di babak terakhir (keenam) yang mana Medina harus menang.


Kalau di babak keenam Medina menang maka poin keduanya jadi sama 3-3. Dengan poin sama itu Medina masih ada kesempatan untuk menang lewat lanjutan 2 x catur blitz. Kalau hasil seri, dilanjutkan lagi dengan 1 x sudden death untuk menentukan pemenang.

Ternyata di babak terakhir Medina dipaksa bermain remis pada langkah ke-40. Dengan hasil 1.5 – 1.5 di babak akhir maka Medina harus puas menderita kekalahan dengan poin 2.5 – 3.5.


Dwitarung, pecatur Indonesia MI Medina Warda Auliapecatur Vs GMW Gong Qianyun, dari Singapore

Memang menyakitkan bagi IM Medina (2383) karena eloratingnya lebih tinggi dibandingkan dengan lawannya, WGM Gong Qianyun (2271). Pupuslah harapan Medina untuk meraih kemenangan melawan pecatur dari Singapura ini.

Sementara dalam dwitarung di bagian putra, MI Mohammad Ervan juga menderita kekalahan yang sama. Mungkin lebih menyakitkan karena hasil di babak kelima Ervan unggul 3.5 – 2.5 atas lawannya dari Filipina, GM Lyon Darmin (2439). Pada posisi ini, bila Ervan bertarung dengan hasil remis di babak keenam otomatis dialah yang juara.

Namun nasib berkata lain, di babak keenam semangat Ervan untuk menang dipatahkan oleh Lyon Darmin di langkah ke-17. Benar-benar tidak dalam hitungan komunitas catur di GBK karena sejak babak pertama hingga kelima, Ervan yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahannya ini, bermain sangat bagus, dan selalu berada di atas angin.

Dia terus menekan lawan dari Filipina ini dengan sergapan yang mematikan pada setiap langkahnya. Namun di babak terakhir hasilnya bisa berkata lain. Ervan harus puas menderita kekalahan.


Dwitarung MI Mohammad Ervan Vs GM Lyon Darmin, dari Filipina

Kejuaraan catur JAPFA Chess Festival ini juga mempertandingkan 10 kategori lainnya, selain dwitarung Grand Master putra dan putri ini.

Kesepuluh kategori itu di antaranya adalah kategori senior putra dan putri, kategori veteran 55 tahun keatas, kategori junior putra dan putri usia 18 tahun ke bawah, kateogri junior putra dan putri 14 tahun ke bawah, kategori junior putra dan putri usia 10 tahun ke bawah, kategori antar-instansi/perusahaan, kategori senior antar-wasit, antar-media,dan antar-pantia.

Kategori Terbuka Putra juara pertama diraih oleh Arif Abdul Hafidz dari Jabar dengan poin 8, juara kedua diraih oleh Hamdani Rudin juga dari Jabar dengan poin 7.5, dan juara ketiga diraih oleh Catur Adi Sagita dari Jatim dengan poin 7.5.

Kategori Terbuka Wanita, juara pertama diraih oleh Laysa Latifah dari DKI) dengan poin 7.5, juara kedua diraih oleh Ummi Fisabilillah dari DKI dengan poin 7, dan juara ketiga diraih oleh Dita Karenza dari Jabar dengan poin 7.

Kategori Junior Putra 18 tahun, juara pertama diraih oleh Dicky Aditya (Kaltim) dengan 7.5 poin, juara kedua diraih oleh Nathanael DB Simanihuruk (DKI) juga dengan 7.5 poin, dan juara ketiga diraih oleh Muhamad Dzikri Khoiral dengan 6.5 poin.

Kateogri Junior Putri 18 tahun, juara pertama diraih oleh Aulia Rochmah dari DKI dengan mengoleksi 8 poin, jugara kedua diraih oleh Aurelia Vania Winada (Jatim) dengan 6 poin, dan juara ketiga diraih oleh Anya Zahira Agustine (Banten) dengan poin 5.5 poin.

Kategori Junior Putra 14 tahun ke bawah juara pertama diraih oleh Claudio Lasama dari DKI dengan total poin 8. Juara kedua diraih oleh Arjuna Satria dari Jatim dengan poin 7, dan juara ketiga diraih oleh Morado Simanjuntak dari DKI dengan poin 6.5.

Kategori Junior Putri 14 tahun juara pertama diraih oleh Clementia Adeline dari DKI dengan poin 7, juara kedua diraih oleh Zarquel Mawaddah dari DKI dengan poin 7m dan juara ketiga diraih oleh Aura Cahyati dari Jabar dengan poin 7.

Kategori Junior 10 tahun putri juara pertama diraih oleh Shalom Catleya Marseline Papian dari Kaltara degnan poin 6.5, juara kedua diraih oleh Shaina Aylakiva Megaranto dari Jabar dengan poin 6, dan juara ketiga diraih oleh Intan Berliyyan dengan poin 5.

Sementara untuk kategori Beregu, juara pertama diraih oleh ULM Banjarmasin dengan poin 7, juara kedua diraih oleh Dinas Lingkungan Hidup Rajawali dengan poin 7, dan juara ketiga dirai oleh Jaya Interior Mandiri dengan poin 7.

Kejuaraan catur bertajuk Japfa Chess Festival ini diselenggarakan oleh PT. Japfa Comfeed Indonesia merupakan salah satu perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia.

Semoga Japfa tetap membina catur Indonesia demi mengumandankan Merah Putih lewat berbagai kejuaraan catur internasional di luar negeri.* [PJ/Mike Wangge]


Komentar


22 jam yang lalu

Bitcoin Sedang Volatil, CAD Stop Mining Sementara Namun Tetap Maintenance Mesin

POROSJAKARTA.COM - Pergerakan harga Bitcoin yang volatil membuat para pelaku bisnis Crypto yang sedang tren ini harus..
Jakarta Selatan - 1 hari yang lalu

KPK Dituntut Jemput Paksa Lukas Enembe, Serta Usut Tuntas Tambang Emas Ilegal Miliknya

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Sejumlah tokoh di Papua, dan Lembaga LSM mendesak KPK untuk menjemput paksa..
Seleberita - 2 hari yang lalu

Ada 'Macan' di Ulang Tahun Lucie LC

POROSJAKARTA.COM, TANGERANG. Ulang tahun adalah tradisi yang dirayakan masyarakat sedunia. Jika seseorang sampai pada..
Metro - 2 hari yang lalu

Anak Buah Prabowo Sebut Puan Calon Presiden Terkuat

Porosjakarta.com, Pengamat wisata politik Arief Poyuono mengungkapkan, Puan Maharani memiliki kans paling besar untuk..
Jakarta Timur - 2 hari yang lalu

MAKI Beberkan Lukas Enembe Sering Naik Jet Pribadi ke Luar Negeri

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) membeberkan 24 perjalanan Lukas Enembe dalam dan..
Film - 3 hari yang lalu

Tidak Ada Film Laga, FFWI 2022 Tetapkan 54 Film Nasional Masuk Tahap Penjurian

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) ke-12, gelaran festival perfilman yang..
Musik - 3 hari yang lalu

Antonino Salerno, Bule Asal Italia Rilis Lagu Minang

POROSJAKARTA.COM, PADANG – Belantika musik Minang sedang dibikin heboh dengan beredarnya sebuah video di..
Jakarta Timur - 4 hari yang lalu

Koordinator MAKI, Bonyamin Saiman : Lukas Enembe Berjudi di Tiga Negara

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA – Koordiantor Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman, mengatakan Gubernur..
Jakarta Timur - 5 hari yang lalu

Kasum TNI Dengarkan Langsung Persoalan Prajurit TNI di Lebanon

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Kasum TNI Letjen Eko Margiyono melakukan kunjungan kerja meninjau langsung Prajurit TNI..
Bodetabek - 5 hari yang lalu

Pentingnya Jaminan Sosial Bagi Orang dengan TBC-RO dalam Mengurangi Beban Biaya Katastropik

Porosjakarta.com, Stop TB Partnership Indonesia (STPI) melaksanakan kegiatan diseminasi Policy Brief mengenai..
Lihat Semua

Close




Indeks

Close
Close
Close