Jumat, 02 Desember 2022 WIB

Kerukunan Keluarga Tanggidaa Mulolo Jabodetabek Terbentuk

Oleh : Abuzakir Ahmad | Senin, 21 Nopember 2022 | 03:56 WIB


Foto Zaki Penyerahan Bendera Petaka KKTM dari Pembina AL Laksamana TNI AL (Purn) H.A. R Katili kepada Ketua KKTM terpilih Amirudin Monoarfa Periode (2022-2026).

POROSJAKARTA.COM. KODAMAR - Ketua Paguyuban Kerukunan Keluarga Tanggidaa Mulolo (KKTM) Amirudin Monoarfa, mengaku terkesan dan tidak menyangka KKTM yang baru dibentuk ini ternyata mendapat respon dari orang Tanggidaa rantau diwilayah Jabodetabek, hingga jumlahnya mencapai kurung lebih 350-an orang.

"Mereka saya kumpulkan berdasarkan ikatan kekeluargaan. Mengkoordinir semua. Tujuannya untuk mensejahterakan keluarga Tanggdaa Mulolo melalui usaha bisnis kecil-kecilan seperti UMKM. Bisa berkontribusi untuk pembangunan daerah kita sendiri Gorontalo dari segi pokok-pokok pikiran atau secara sukarela," ujar Amir sapaan akrabnya, kepada porosjakarta.com, usai pelantikan dan pengukuhan KKTM di Komp. AL Kodamar Jln.Tangguh Raya No.1 Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (19/11/2022).

Pembentukan KKTM di Jabodetabek dan sekitarnya ini diakuinya tidak mengalami kesulitan karena sering bertemu dengan sesama orang Tanggidaa baik di organisasi kekeluargaan Lamahu maupun KKIG di wilayah Jabodetabek. Kemudian membentuk WhatsApp Grup, menerima berbagai tanggapan atau respon, bagaimana paguyuban ini bisa terbentuk.

Amir menceritakan awal terbentuknya KKTM Jabodetabek ini, waktu dia ke Gorontalo lima bulan lalu. Dia melaporkan pada Ketua KKTM di Gorontalo, akan membentuk KKTM di wilayah Jabodetabek. Usulannya ternyata direspon positif oleh pengurus KKTM Gorontalo tapi diminta sebagai cabang. Namun Amir belum bisa memutuskan setuju atau tidak, karena masih diputuskan pada forum selanjutnya.

Kalau KKTM di Jabodetabek ini sebagai cabang nanti disetujui oleh forum maka arahnya KTM di Provinsi Gorontalo mengacu pada anggaran dasar mereka. Kalau dibentuk cabang disini berarti ada aturan sendiri. Seperti Lamahu tidak ada Lamahu kedua. Untuk sementara kata dia memakai nama paguyuban KKTM Se-Jabodetabek.

Penandatanganan Berita Acara pelantikan oleh Pembina KKTM Laksamana TNI Al (Purn) H.A.R Katili. Foto : PJ/Zaki

"Harapan saya paguyuban KKTM yang telah kita bentuk ini supaya dijaga dengan baik eksitensinya. Yang menjaga paguyuban ini kita sendiri bukan dari luar. Kita jaga karena paguyuban ini bersifat sosial dan mengacu pada tujuan kegiatan keagamaan atau jauh dari kegiatan-kegiatan politik praktis. Kalau ada, itu pribadi masing-masing bukan atas nama paguyuban KKTM," kata Amir.

Dilokasi yang sama, Ketua Dewan Pembina H.A.R Katili memberikan respon yang baik atas dibentuknya paguyuban KKTM atau terkenal dengan kampung Tanggidaa.

"Saya melihat bagus. Kedepan kita inginkan paguyuban KKTM ini akan menghasilkan suatu kebaikan. Kita buat suatu program-program, dimana mereka anggotanya akan berinteraksi. Ini sangat bermanfaat terutama ibu-ibu kita akan himpun dalam satu usaha UMKM seperti dibidang kuliner. Nantinya, siapa pun yang punya hajat itu bisa pesan. Jadi ada gunanya untuk kebutuhan keluarga kalau kumpulan begini," ujar Purnawirawam TNI Angkatan Laut berpangkat Laksamana.

Selain kuliner, nanti juga berinovasi didalamnya, seperti kerajinan tangan dan lain-lain. Artinya, paguyuban KKTM ini untuk kebutuhan bersama, dipenuhi oleh masing masing anggota.

"Yang jelas paguyuban KKTM ini berguna untuk kita sekalian dan berguna untuk daerah Gorontalo. Sekali lagi bagi saya KKTM ini memiliki visi untuk silaturahmi dan misinya adalah kita berbuat sesuatu didalam rangka silaturahmi itu," pungkas Katili.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Tanggidaa Mulolo Provinsi Gorontalo Roy Bau, menanggapi dengan baik pengukuhan dan pelantikan pengurus KKTM Jabodetabek. Apalagi paguyuban ini mengusung program-program yang bisa dirasakan langsung oleh warga Tanggidaa Se-Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya.

"Saya kira itu program-program seperti bantuan sosial dan lain sebagainya. Juga jalinan silaturrahim antar sesama warga masyarakat Gorontalo yang tergabung dalam Tanggidaa Mulolo dapat berbuat lebih aktif lagi," kata Kepala BNN Kabupaten Gorontalo ini.

Foto bersama anggota KKTM Se-Jabodetabek, Bandung & Sekitarnya di rumah kediaman H.A. R Katili, Komp. TNI AL, Kodamar. Foto : PJ/Zaki

Menurutnya, pembentukan paguyuban ini memiliki nilai historisnya karena Tanggidaa itu terbentuk satu ikatan keluarga kecil. Seiring berjalannya waktu, warga Tanggidaa di Gorontalo mengalami pertumbuhan penduduk, bahkan ada yang merantau keberbagai daerah seperti ke wilayah Jabodetabek.

Maka dari itu, untuk mempererat ikatan kekeluargaan ini dibentuklah Tanggidaa Mulolo (TM) di Gorontalo. Terbentuknya 4 tahun lalu itu adalah mereka yang berumur antar 40 sampai 50 tahun keatas. Artinya, terbentuknya perkumpulan warga Tanggidaa Mulolo ini bertujuan untuk membangkitkan semangat. Umur bisa tua tapi hati para anggota, katanya, jangan tua. Penyakit juga bisa datang dengan hati yang resah, galau dan lain-lainnya.

"Begitu ada perkumpulan, paguyuban ini ada di Jabodetabek, maka saya kira kegalauan itu akan terhapus, pupus dengan kita bersilaturrahim," tambahnya.

Sekali lagi Roy bersyukur KKTM Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya sudah terbentuk yang diketuai oleh Amirudin Monoarfa sebagai Ketua, Kemudian ada Laksamana TNI (Purn) H.A.R Katili sebagai Ketua Dewan Pembina KKTM Jabodetabek.

Sekali lagi, dia berharap KKTM juga bisa terbentuk di Makassar, Manado, Kalimantan, Sumatera dan lain-lain. Kemudian ditunjuk koordinator-koordinator, ketua dan dewan pembinanya siapa. Nantinya ada pertemuan walau hanya lewat zoom, virtual, saling menyapa antar sesama anggota Tanggidaa Mulolo dan KKTM.

"Akhir kata, anggota Tanggidaa Mulolo bukan hanya kalangan kita-kita orang tua, mulolo, namun lahir juga anak-anak muda Tanggidaa milenial. Anak-anak muda Tanggidaa tidak pernah ada masaalah, saling membantu, memotivasi dan dukung-mendukung sesama orang Tanggidaa. Tanggidaa is the best, hehehe," tutup Roy diiringi tawa.

Berikut susunan pengurus Kerukunan Keluarga Tanggidaa Mulolo (KKTM) Se- Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya Periode 2022 2026

PEMBINA :
Laksmana TNI (Purn) H.A.R Katili
Hj. Memey Soraya
Kolonel Infantri (Purn) Kasman Sulaeman, Kompol Pol (Purn) Wardin Palada dan Iriyanto Laisa

2. PENASEHAT :
Ketua : H. Sudiro Akib, H. Iskandar Laya,
Ir. Nur Arifin Ntoma dan Oce Walangadi

3. PENGURUS HARIAN :
Ketua : Amirudin Monoarfa
Wakil Ketua : Oskar Suleman
Sekretaris : Ivoni Monoarfa
Wakil Sekretaris : Olis Mohamad
Bendahara : Faisal Bajeber
Wakil Bendahara : Yukiana Moha

4. BIDANG-BIDANG :
Bidang Organisasi Kaderisasi : Kevin Abay
Bidang SDM : Abdul Kadir Baga,SH. Mus Mopanggga
Bidang Seni dan Budaya : Haris Hilahapa
Bidang Ekraf : Arifin Soeratinoyo, Hilmansyah Bouato
Bidang Agama dan Sosial : Lisna Biki, Lili Utiarahman, Silvana Miranda, Suleman Male
Bidang Arisan : Nilawati Moha, Yumita Wahyuni Nurdin
Bidang Kesejahteraan Anggota : Ina Moha, Lulu Polapa, Ali Lahay
Bidang Dana : Yudi Walangadi, Ike Masili, Non Masili. [PJ/Abuzakir Ahmad]


Komentar


Arena - 5 jam yang lalu

Berangkat Biaya Sendiri, Pegulat DKI Ukir Sukses di Kejurnas Gulat Senior Puan Maharani Cup di Medan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Empat pegulat DKI Jakarta berhasil mengukir sukses meraih satu medali emas, satu medali..
Metro - 8 jam yang lalu

Polresta Bandara Soekarno Hatta Gelar Donor Darah Peringati 73 Tahun Bakti Polda Metro Jaya

POROSJAKARTA.COM, CENGKARENG -Polresta Bandara Soekarno Hatta (BSH) menggelar donor darah dalam rangka..
Metro - 11 jam yang lalu

Pakar UI, ITB, USU, UHAMKA Sepakat Mengimbau BPOM Tidak Perlu Memaksakan Pelabelan BPA Galon Guna Ulang

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Polemik wacana Pelabelan BPA AMDK Galon menjadi topik menarik dalam diskusi media, yang..
Metro - 1 hari yang lalu

Menang Gugatan, UNKRIS Wajib Bayar Rp 500 juta ke Risma

POROSJAKARTA.COM, PASAR BARU  - Mahasiswi S3 Doktor Ilmu Hukum Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dra. Risma..
Karang Taruna - 1 hari yang lalu

PJ Gubernur akan Lantik SAKTISAKATA untuk Bantu Warga Jakarta

POROSJAKARTA.COM, KEBON SIRIH - PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerima pengurus Karang Taruna DKI Jakarta..
Jakarta Barat - 1 hari yang lalu

70 Mobil Pemadam Berjibaku Padamkan Api di Kebon Jeruk

POROSJAKARTA.COM, KEBON JERUK - Kebakaran melanda sebuah bangunan semi permanen di Kelurahan Kebon Jeruk, Kebon..
Metro - 1 hari yang lalu

Aksi Polisi Baik kepada Petugas Pembersih Gedung Tinggi

POROSJAKARTA.COM, CENGKARENG-Aksi Simpatik Personel Polresta BSH Beri Air Minum ke Petugas Pembersih Kaca Gedung..
Film - 1 hari yang lalu

Awi Suryadi Siap Berbagi Ilmu Di Acara 'Ngobrasin', Ngobrol Soal Sinema

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Awi Suryadi sutradara film KKN Desa Penari yang sukses meraup 9.2 juta penonton..
Metro - 2 hari yang lalu

Poros Rawamangun & Korban Gangguan ginjal akut, Bakal Mengadu ke Unicef dan WHO

POROSJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Boleh dikatakan bahwa kasus gagal ginjal akut progresif atipikal adalah darurat..
Transportasi - 3 hari yang lalu

OSIS SMP Negeri 268 Jakarta Jalani Program Eduwisata Transportasi Modern LRT

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan peserta didik dan sekaligus ikut mensosialisasiakan..
Lihat Semua

Close





Close
Close
Close