Rabu, 12 Desember 2018 WIB

Alumni Boedoet`84 Gelar Peduli Jantung dan Kesehatan

Oleh : Fuad Rohimi | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 01:34 WIB




GAMBIR - Berawal dari kepedulian antar sesama alumni, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jakarta (SMAN1 Boedoet) angkatan 1984 rutin menggelar acara Boedoet Peduli Kesehatan. Kali ini acara bertajuk Panitia Peduli Jantung dan Kesehatan Boedoet`84.

Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang serba instan dan mobile sedikit banyak menyebabkan terdeteksi meningkatnya jumlah penderita beberapa penyakit tertentu salah satunya yang melonjak tinggi adalah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, yang saat ini merupakan penyebab kematian Nomor 1 di dunia.

Awalnya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah diasumsikan hanya menjangkiti penderita usia tua saja, namun beberapa tahun belakangan ini, banyak kasus yang terjadi justru penderitanya masih berusia muda dan produktif (sekitar 20-40 tahun).

Bahkan karena kurang penanganan yang baik dan benar menyebabkan kematian secara tiba-tiba di beberapa kasus penderita. Kondisi tak terdeteksi inilah tentunya yang sangat memprihatinkan dan bahkan meresahkan masyarakat luas.

Banyak dari teman-teman alumni SMA Negeri 1 Boedi Oetomo‎ yaang kena serangan mendadak saat beraktivitas, dan lebih dulu meninggalkan kita semua. Untuk itulah, kami Boedoet`84 secara berkala berkala menggelar aksi peduli kesehatan," ungkap Yanti Dresta, Ketua Panitia Peduli Jantung dan Kesehatan Boedoet`84, Sabtu (25/4/2015).

Sebelumnya, alumni Boedoet angkatan tahun 1984 pernah menggelar acara serupa yang fokus kepada masalah kanker dan mengkampanyekan deteksi dini kanker. Tahun depan sudah ada agenda peduli kesehatan yang akan menyoroti masalah diabetes.

Selain menggelar seminar Peduli Jantung Sehat, ada beberapa acara yang menarik dan bermanfaat seperti; Penanganan Pertama terhadap Serangan Jantung‎, Pemeriksaan Darah (Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat), Medical Check-up (Quantum Magnetic Resonance Analyser New), ULTRA Potential Therapeutic for Body Cells, Konsultasi Dokter Umum Alumni 84, Pemeriksaan Antioksidan dan Visceral Fat dari NuSkin dan Pemeriksaan Gigi di Mobil Sehat CT Foundation.

‎Menurut dr Nathania Marliani Kristanti, spesialis jantung kaardiovaskuler, meningkatnya angka penderita Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di Indonesia sebagian besar dipicu oleh pergeseran gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang tidak sehat, mengkonsumsi rokok, pola makan, kurang olahraga, kurang istirahat serta stress.

"Tak hanya itu saja, kadang kita semua lupa memeriksakan kesehatannya termasuk kesehatan jantung juga menjadi salah satu penyebab. Kalau ada keluhan baru periksa ke dokter," jelasnya.

Melihat kondisi yang memprihatikan yang terjadi di sekitar kita, alumni Boedoet`84 ini menggagas kampanye edukasi Peduli Jantung Sehat yang dikemas secara santai, bekerjasama dengan dokter-dokter spesialis yang semuanya alumni SMA Negeri 1 Jakarta.

Mobil Sehat
Selama acara berlangsung, tampak peserta dan pengunjung yang umumnya para alumni sangat antusias. Beberapa ruang kelas `disulap` menjadi ruang pemeriksaan dan Layanan pemeriksaan darah paling banyak didatangi pengunjung.

Alumni perempuan lebih antusias masuk ke ruang perawatn wajah. Sebagian berkosnultasi tentang kesahatan kulit, sebagian lagi rela antri untuk mendapat layanan akupunktur wajah.

Tepat dipintu masuk sekolah, terparkir Mobil Sehat milik CT Foundation, yayasan milik Chairul Tanjung yang juga alumni Boedoet. Mobil Sehat itu lebih mirip klinik gigi. Selain dilengkapi peralatan seperti di ruang dokter gigi, CT Foundation juga menyiapkan 4 orang dokter gigi handal.

“Karena di sini ada alumni yang juga dokter gigi, jadi kami hanya menyediakan Mobil Sehat saja, dokternya dari panitia,” ujar Abdul Rahman, penanggung jawab Mobil Sehat.

Menurut Rahman, CT Foundation baru memiliki satu Mobil Sehat. Hampir setiap minggu selalu bergerak melayani masyarakat kurang mampu di beberapa daerah kumuh. “Mobil Sehat adalah bentuk kepedulian CT Foundation kepada masyarakat,” ungkapnya. []

 


Komentar


Jakarta Selatan - 9 jam yang lalu

Sisca Dewi : Saya Lebih Takut Dosa

PJ, PASAR MINGGU – Usai sidang kasus pencemaran nama baik dan pemerasan, terdakwa Sisca Dewi mengaku tidak..
Jakarta Pusat - 11 jam yang lalu

Silaturahim Bersama Ajak Relawan WIN Jaga Kerukunan dan Toleransi

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Relawan WAhana Cinta NKRI atau (WIN) berkumpul Menyanyi, menari serta berjoget bersama..
Jakarta Timur - 2 hari yang lalu

Menteri Yohana : Lansia Belum Diperhatian Secara Optimal

POROSJAKARTA.COM, TMII - Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) Yohana Yambise..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

Ketua PKRI, Stevanus Wetipo Mengutuk Keras Kelompok KKP Membunuh 31 Karyawan Pekerja Jalan Trans Papua

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Ketua Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia, Stevanus S. Wetipo mengutuk keras tindakan..
Jakarta Pusat - 1 minggu yang lalu

Kuasa Hukum Hutomo Mandala Putra, Erwin Kallo: Kami bukan Pemilik Gedung Granadi, Kami Hanya Penyewa

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Maraknya berita-berita yang tidak benar tentang disitanya gedung Granadi terkait..
Jakarta Timur - 1 minggu yang lalu

PKRI MENOLAK RENCANA AKSI MAHASISWA PAPUA SE JAWA BALI TANGGAL 1 DESEMBER 2018

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Persatuan Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) menolak keras semua bentuk aksi..
Nusantara - 1 minggu yang lalu

Panglima TNI: Latihan Operasi Gabungan Tingkatkan Profesionalisme TNI

POROSJAKARTA.COM, SITOBONDO - Latihan Operasi Gabungan di Puslatpur Marinir 5 Baluran Situbondo, yang digelar dalam..
Sosok - 1 minggu yang lalu

Prof YK : Satgas Peradilan RI Hadir di Gorontalo Kawal Pelanggaran Hukum dan HAM

POROSJAKARTA.COM, MENTENG - Kehadiran Satuan Tugas Peradilan Rakyat Indonesia atau Satgas Peradilan RI dibawah..
Nusantara - 1 minggu yang lalu

Bagikan Buku Gratis Dalam Rangka Peduli Pendidikan di Puncak Jaya

POROSJAKARTA.COM, PAPUA -Tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama Kodim 1714/Puncak Jaya berkunjung  ke pemukiman..
Film - 2 minggu yang lalu

Film One Cut Of The Dead (2018): Horor Thriller Zombie dari Jepang

POROSJAKARTA.COM -  Film One Cut of the Dead, yang memiliki judul lain Camera wo Tomeru na, adalah film Jepang..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close