Sabtu, 25 Pebruari 2017 WIB

Close

Alumni Boedoet`84 Gelar Peduli Jantung dan Kesehatan

Oleh : Fuad Rohimi | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 01:34 WIB




GAMBIR - Berawal dari kepedulian antar sesama alumni, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jakarta (SMAN1 Boedoet) angkatan 1984 rutin menggelar acara Boedoet Peduli Kesehatan. Kali ini acara bertajuk Panitia Peduli Jantung dan Kesehatan Boedoet`84.

Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang serba instan dan mobile sedikit banyak menyebabkan terdeteksi meningkatnya jumlah penderita beberapa penyakit tertentu salah satunya yang melonjak tinggi adalah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, yang saat ini merupakan penyebab kematian Nomor 1 di dunia.

Awalnya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah diasumsikan hanya menjangkiti penderita usia tua saja, namun beberapa tahun belakangan ini, banyak kasus yang terjadi justru penderitanya masih berusia muda dan produktif (sekitar 20-40 tahun).

Bahkan karena kurang penanganan yang baik dan benar menyebabkan kematian secara tiba-tiba di beberapa kasus penderita. Kondisi tak terdeteksi inilah tentunya yang sangat memprihatinkan dan bahkan meresahkan masyarakat luas.

Banyak dari teman-teman alumni SMA Negeri 1 Boedi Oetomo‎ yaang kena serangan mendadak saat beraktivitas, dan lebih dulu meninggalkan kita semua. Untuk itulah, kami Boedoet`84 secara berkala berkala menggelar aksi peduli kesehatan," ungkap Yanti Dresta, Ketua Panitia Peduli Jantung dan Kesehatan Boedoet`84, Sabtu (25/4/2015).

Sebelumnya, alumni Boedoet angkatan tahun 1984 pernah menggelar acara serupa yang fokus kepada masalah kanker dan mengkampanyekan deteksi dini kanker. Tahun depan sudah ada agenda peduli kesehatan yang akan menyoroti masalah diabetes.

Selain menggelar seminar Peduli Jantung Sehat, ada beberapa acara yang menarik dan bermanfaat seperti; Penanganan Pertama terhadap Serangan Jantung‎, Pemeriksaan Darah (Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat), Medical Check-up (Quantum Magnetic Resonance Analyser New), ULTRA Potential Therapeutic for Body Cells, Konsultasi Dokter Umum Alumni 84, Pemeriksaan Antioksidan dan Visceral Fat dari NuSkin dan Pemeriksaan Gigi di Mobil Sehat CT Foundation.

‎Menurut dr Nathania Marliani Kristanti, spesialis jantung kaardiovaskuler, meningkatnya angka penderita Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di Indonesia sebagian besar dipicu oleh pergeseran gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang tidak sehat, mengkonsumsi rokok, pola makan, kurang olahraga, kurang istirahat serta stress.

"Tak hanya itu saja, kadang kita semua lupa memeriksakan kesehatannya termasuk kesehatan jantung juga menjadi salah satu penyebab. Kalau ada keluhan baru periksa ke dokter," jelasnya.

Melihat kondisi yang memprihatikan yang terjadi di sekitar kita, alumni Boedoet`84 ini menggagas kampanye edukasi Peduli Jantung Sehat yang dikemas secara santai, bekerjasama dengan dokter-dokter spesialis yang semuanya alumni SMA Negeri 1 Jakarta.

Mobil Sehat
Selama acara berlangsung, tampak peserta dan pengunjung yang umumnya para alumni sangat antusias. Beberapa ruang kelas `disulap` menjadi ruang pemeriksaan dan Layanan pemeriksaan darah paling banyak didatangi pengunjung.

Alumni perempuan lebih antusias masuk ke ruang perawatn wajah. Sebagian berkosnultasi tentang kesahatan kulit, sebagian lagi rela antri untuk mendapat layanan akupunktur wajah.

Tepat dipintu masuk sekolah, terparkir Mobil Sehat milik CT Foundation, yayasan milik Chairul Tanjung yang juga alumni Boedoet. Mobil Sehat itu lebih mirip klinik gigi. Selain dilengkapi peralatan seperti di ruang dokter gigi, CT Foundation juga menyiapkan 4 orang dokter gigi handal.

“Karena di sini ada alumni yang juga dokter gigi, jadi kami hanya menyediakan Mobil Sehat saja, dokternya dari panitia,” ujar Abdul Rahman, penanggung jawab Mobil Sehat.

Menurut Rahman, CT Foundation baru memiliki satu Mobil Sehat. Hampir setiap minggu selalu bergerak melayani masyarakat kurang mampu di beberapa daerah kumuh. “Mobil Sehat adalah bentuk kepedulian CT Foundation kepada masyarakat,” ungkapnya. []

 


#Komunitas #Boedoet #Jantung sehat

Komentar


Jakarta Pusat - 49 menit yang lalu

Waspadai Hujan Disertai Petir Mulai Siang Di Jabodetabek

KEMAYORAN, PJ – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Jakarta dan..
Bodetabek - 6 jam yang lalu

HUT TMP ke-9 Gelar Kirab Budaya ‘Pancasila Rumah Kita’ di Karawang

KARAWANG, PJ – Kirab budaya bertajuk ‘Pancasila Rumah Kita’ akan digelar oleh organisasi sayap PDI..
Bodetabek - 7 jam yang lalu

Polresta Depok Tangkap, Tiga PNS Pemkot Depok Tersangka Pungli

DEPOK, PJ- Polresta Depok menetapkan tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai tersangka dugaan pungutan liar ( Pungli)..
Jakarta Timur - 8 jam yang lalu

KPUD : Rekapitulasi Suara Pilkada DKI Jakarta Tingkat Kota Telah Rampung

RAWAMANGUN, PJ – Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota pada Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) DKI Jakarta..
Bodetabek - 9 jam yang lalu

Kubu Sa’duddin-Ahmad Dhani Tolak Hasil Pleno KPUD Bekasi

BEKASI, PJ – Kubu Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bekasi, Sa’duddin - Ahmad Dhani menolak..
Jakarta Selatan - 10 jam yang lalu

Pengamanan Akan di Tambah Pada Sidang Lanjutan Ahok

KEBAYORAN BARU, PJ – Sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahya Purnama (Ahok)...
Jakarta Pusat - 11 jam yang lalu

Partai Golkar Akan Tetap Solid Menangkan Ahok-Djarot

MENTENG, PJ – Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama-Djarot Saiful..
Jakarta Selatan - 13 jam yang lalu

Pemerintah Indonesia Siap Sambut Rombongan Raja Arab Saudi

KEBAYORAN BARU, PJ –Kementerian Luar Negri (Kemenlu) menyebut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman Abdulaziz Al..
Nusantara - 15 jam yang lalu

Antisipasi Bencana di Jabar, Aher Minta Kepala BPBD Bentuk Tim URC

BANDUNG, PJ – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku saat ini belum menetapkan Provinsi Jawa Barat..
Nusantara - 15 jam yang lalu

Bupati Purwakarta : Masyarakat Sabar Tunggu Kepastian Konser Air Mancur Sri Baduga

PURWAKARTA, PJ – Garis Polis Line (Polisi) yang dipasang dipintu keluar dan pintu masuk Kompek Situ Bulued,..
Lihat Semua

Close
Close




Indeks

Close
Close