Kamis, 30 Maret 2017 WIB

Close

Alumni Boedoet`84 Gelar Peduli Jantung dan Kesehatan

Oleh : Fuad Rohimi | Kamis, 11 Pebruari 2016 | 01:34 WIB




GAMBIR - Berawal dari kepedulian antar sesama alumni, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Jakarta (SMAN1 Boedoet) angkatan 1984 rutin menggelar acara Boedoet Peduli Kesehatan. Kali ini acara bertajuk Panitia Peduli Jantung dan Kesehatan Boedoet`84.

Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang serba instan dan mobile sedikit banyak menyebabkan terdeteksi meningkatnya jumlah penderita beberapa penyakit tertentu salah satunya yang melonjak tinggi adalah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, yang saat ini merupakan penyebab kematian Nomor 1 di dunia.

Awalnya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah diasumsikan hanya menjangkiti penderita usia tua saja, namun beberapa tahun belakangan ini, banyak kasus yang terjadi justru penderitanya masih berusia muda dan produktif (sekitar 20-40 tahun).

Bahkan karena kurang penanganan yang baik dan benar menyebabkan kematian secara tiba-tiba di beberapa kasus penderita. Kondisi tak terdeteksi inilah tentunya yang sangat memprihatinkan dan bahkan meresahkan masyarakat luas.

Banyak dari teman-teman alumni SMA Negeri 1 Boedi Oetomo‎ yaang kena serangan mendadak saat beraktivitas, dan lebih dulu meninggalkan kita semua. Untuk itulah, kami Boedoet`84 secara berkala berkala menggelar aksi peduli kesehatan," ungkap Yanti Dresta, Ketua Panitia Peduli Jantung dan Kesehatan Boedoet`84, Sabtu (25/4/2015).

Sebelumnya, alumni Boedoet angkatan tahun 1984 pernah menggelar acara serupa yang fokus kepada masalah kanker dan mengkampanyekan deteksi dini kanker. Tahun depan sudah ada agenda peduli kesehatan yang akan menyoroti masalah diabetes.

Selain menggelar seminar Peduli Jantung Sehat, ada beberapa acara yang menarik dan bermanfaat seperti; Penanganan Pertama terhadap Serangan Jantung‎, Pemeriksaan Darah (Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat), Medical Check-up (Quantum Magnetic Resonance Analyser New), ULTRA Potential Therapeutic for Body Cells, Konsultasi Dokter Umum Alumni 84, Pemeriksaan Antioksidan dan Visceral Fat dari NuSkin dan Pemeriksaan Gigi di Mobil Sehat CT Foundation.

‎Menurut dr Nathania Marliani Kristanti, spesialis jantung kaardiovaskuler, meningkatnya angka penderita Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di Indonesia sebagian besar dipicu oleh pergeseran gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang tidak sehat, mengkonsumsi rokok, pola makan, kurang olahraga, kurang istirahat serta stress.

"Tak hanya itu saja, kadang kita semua lupa memeriksakan kesehatannya termasuk kesehatan jantung juga menjadi salah satu penyebab. Kalau ada keluhan baru periksa ke dokter," jelasnya.

Melihat kondisi yang memprihatikan yang terjadi di sekitar kita, alumni Boedoet`84 ini menggagas kampanye edukasi Peduli Jantung Sehat yang dikemas secara santai, bekerjasama dengan dokter-dokter spesialis yang semuanya alumni SMA Negeri 1 Jakarta.

Mobil Sehat
Selama acara berlangsung, tampak peserta dan pengunjung yang umumnya para alumni sangat antusias. Beberapa ruang kelas `disulap` menjadi ruang pemeriksaan dan Layanan pemeriksaan darah paling banyak didatangi pengunjung.

Alumni perempuan lebih antusias masuk ke ruang perawatn wajah. Sebagian berkosnultasi tentang kesahatan kulit, sebagian lagi rela antri untuk mendapat layanan akupunktur wajah.

Tepat dipintu masuk sekolah, terparkir Mobil Sehat milik CT Foundation, yayasan milik Chairul Tanjung yang juga alumni Boedoet. Mobil Sehat itu lebih mirip klinik gigi. Selain dilengkapi peralatan seperti di ruang dokter gigi, CT Foundation juga menyiapkan 4 orang dokter gigi handal.

“Karena di sini ada alumni yang juga dokter gigi, jadi kami hanya menyediakan Mobil Sehat saja, dokternya dari panitia,” ujar Abdul Rahman, penanggung jawab Mobil Sehat.

Menurut Rahman, CT Foundation baru memiliki satu Mobil Sehat. Hampir setiap minggu selalu bergerak melayani masyarakat kurang mampu di beberapa daerah kumuh. “Mobil Sehat adalah bentuk kepedulian CT Foundation kepada masyarakat,” ungkapnya. []

 


Komentar


Jakarta Pusat - 4 jam yang lalu

Wiranto: Indonesia-Prancis Sepakati Kerjasama Brantas Terorisme Siber

GAMBIR, PJ – Dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Prancis, Francois Hollande di Istana Merdeka...
Jakarta Pusat - 5 jam yang lalu

M Iriawan: Pilkada Putaran Kedua, TNI Ikut Berjaga di Setiap TPS

SENEN, PJ – Saat pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 19 April 2017 nanti, petugas pengamanan akan..
Nusantara - 6 jam yang lalu

Mulai 1 April, Gubernur Jatim Berlakukan Aturan Angkutan Berbasis Online

SURABAYA, PJ – Mulai 1 April 2017, guna mengatur dan menata angkutan berbasis aplikasi online. sehingga tidak..
Jakarta Pusat - 6 jam yang lalu

Triana: Upaya Nyata Ahok-Djarot Berkarya Bagi Umat Islam

MENTENG, PJ - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, selama ini..
Jakarta Barat - 7 jam yang lalu

Eceng Gondok di Waduk Puri Mansion Dibersihkan

GAMBIR, PJ – Eceng gondok di Waduk Puri Mansion di Jalan Lingkar Luar Barat, Kembangan Selatan, Kembangan,..
Jakarta Pusat - 7 jam yang lalu

Ahok Menerima Dukungan Ribuan Guru Swasta di DKI Jakarta

MENTENG, PJ - Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menerima dukungan dari ribuan guru swasta..
Bodetabek - 7 jam yang lalu

7 Kurir Sabu Antardaerah Menyelundupkan Sabu 5,9 Kg Digagalkan Petugas Bandara Soetta

TANGERANG, PJ - Seorang wanita, FB (26), nekat bergabung dalam jaringan narkotika dan menjadi kurir sabu antardaerah...
Jakarta Selatan - 8 jam yang lalu

Sebanyak 1.257 Ekor Sapi Telah Divaksin Sudin KPKP Jaksel

KEBAYORAN BARU, PJ – Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan sudah memvaksin..
Jakarta Pusat - 8 jam yang lalu

Sobary : Ahok Tidak Menista Agama, Tapi Dinistakan Oleh Jubah-Jubah Agama

GAMBIR, PJ - Budayawan Mohamad Sobary menilai kasus yang menimpa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama..
8 jam yang lalu

Bangun TPA & Renovasi Masjid di Kampung Amrozi, Bukti Negara Hadir di Hulu Masalah Terorisme

CAWANG, PJ - Setelah membangun pesantren dan masjid Al Hidayah di Sumatera Utara, Badan Nasional Penanggulann..
Lihat Semua

Close
Close




Indeks

Close
Close