Sabtu, 20 Oktober 2018 WIB

Close

Kita Masih Butuh Partai

Oleh : Mansyur Barus | Selasa, 15 Maret 2016 | 09:35 WIB




Jelang Pilkada DKI Jakarta, partai-partai yang ada mempersiapkan calon-calon yang akan mereka usung dalam Pilkada 2017 mendatang. Oleh karena itu tidak mengherankan begitu banyak nama-nama calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang muncul untuk bersaing dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang rencananya mencalonkan diri lewat jalur independen.
Rencana Ahok mencalonkan diri lewat jalur independen, tentu membuat partai-partai yang ada merasa diabaikan. Parpol-parpol akan melakukan introspeksi ke dalam. Tentu dampaknya akan bagus bagi partai karena mereka akan memperbaiki diri dan mempersiapkan kadernya yang terbaik untuk bisa tampil dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta Februari 2017 mendatang.
Bagi Ahok sendiri, tampil melalui jalur independen akan menghadapi berbagai kendala, khususnya untuk memenuhi syarat jumlah KTP pendukung sesuai dengan ketentuan. Itu tidak mudah karena walau bagaimanapun KTP yang terkumpul itu harus lolos verifikasi. Jika jumlahnya tidak mencukupi maka ada kemungkinan Ahok dan pasangannya Heru tidak bisa tampil dalam Pilkada 2017.
Jika hal itu terjadi, maka pendukung Ahok akan kecewa. Jika mereka ngotot hanya memberikan suaranya kepada Ahok dan Heru maka mereka akan memilih golput atau tidak memberikan suara. Jika mereka golput tentu yang rugi adalah bangsa ini karena ada anggota masyarakat yang tidak memberi dukungan bagi Gubernur DKI Jakarta yang terpilih nantinya.
Undang-undang memang memperbolehkan jalur independen digunakan untuk mencalonkan diri menjadi gubernur, yang penting harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan undang-undang. Teman Ahok menggunakan jalur independen untuk mengusung Ahok jadi Cagub DKI Jakarta tentu dengan berbagai pertimbangan yang matang. Kita berharap jangan karena alasan tidak percaya kepada parpol atau alasan mahar maka Teman Ahok tidak memilih jalur parpol, karena alasan itu juga tidak seratus persen benar.
Kita harus mengakui ada kader parpol yang tidak benar, seperti yang kita saksikan belakangan ini. Itu hanya segelintir orang saja, sementara yang baik masih sangat banyak. Masih banyak kader-kader yang baik yang merupakan hasil didikan parpol karena salah satu tugas parpol adalah menciptakan kader-kader pemimpin bangsa.
Kita juga harus melihat ke belakang, hampir semua pimpinan bangsa ini berasal dari parpol, atau kader parpol, termasuk Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Begitu juga dengan para pendiri bangsa ini, sebagain besar mereka berasal dari partai politik.
Parpol masih sangat dibutuhkan bangsa ini dalam melaksanakan pembangunan. Parpollah yang akan menciptakan kader-kader yang akan menjadi pemimpin bangsa ini dan hal itu diatur di dalam undang-undang. Kader parpol juga yang duduk di DPR, DPRD baik di tingkat provinsi, kabupaten/walikota. Legislatif (yang isinya kader-kader parpol) bersama eksekutif yang membuat perda di tingkat daerah, mengontrol eksekutif dan tugas-tugas lainnya.
Negeri ini masih membutuhkan partai politik. Sesuai dengan undang-undang eksekutif tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya legislatif yang berisi kader-kader partai politik, begitu juga dengan yudikatif.
Kader parpol seharusnya tidak meninggalkan satu parpol jika melihat parpol kurang baik. Sebagai kader dia seharusnya melakukan perbaikan dari dalam, bukan meninggalkannya, apalagi pindah ke parpol yang lain.
Ahok boleh menggunakan jalur independen, tapi parpol juga tidak akan tinggal diam. Mereka akan berbenah dan kemungkinan besar bersatu mengusung calon gubernur untuk bersaing melawan incumbent. Sekaligus tentu saja menggerakan mesin partai untuk memenangkan calonnya. Dan sekarang dengan majunya Ahok melalui jalur independen, parpol yang ada di DKI Jakarta menunjukkan tanda-tanda bersatu. Jika mereka bersatu akan muncul suatu kekuatan yang sangat dahsyat untuk menggolkan calon mereka.

 


Komentar


Jakarta Pusat - 16 jam yang lalu

Jokowi Pemimpin Ideal, Bunda Milenial Siap Adu Argument dengan Emak-Emak

POROSJAKARTA.COM, CEMPAKA PUTIH - Sedulur Jokowi mengadakan Rakernas dan Diskusi Publik yang berlangsung di Grand..
Seleberita - 21 jam yang lalu

Segera Tayang di Indosiar, 36 Peserta Siap Tampil di Dangdut Academy Asia 4

POROSJAKARTA.COM, SENAYAN - Eksistensi muik dangdut di Tanah Air dan di jagat musik dunia menjadi terawat dengan..
Jakarta Pusat - 1 hari yang lalu

Dharma Pertiwi Bangun Sumur Solar Sel Untuk Korban Gempa Lombok

POROSJAKARTA.COM, MENTENG - Ibu-ibu Dharma Pertiwi dibawah pimpinan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta Persit Kartika..
Nusantara - 1 hari yang lalu

Bakamla RI dan ABF Patroli Bersama di Perbatasan Indonesia - Australia

POROSJAKARTA.COM, KUPANG - Dalam rangka meningkatkan keamanan laut di kawasan, Bakamla RI melaksanakan patroli..
Jakarta Pusat - 1 hari yang lalu

Dialihkan Sementara Rute Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Untuk memperlancar pembangunan jembatan Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna..
Balaikota - 1 hari yang lalu

Anies Baswedan : Pemprov DKI Siap Fasilitasi Relokasi Lapangan Tembak Senayan

POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Pasca kasus peluru nyasar di Gedung DPRD RI pada Senin (15/10/2018) membuat beberapa..
Jakarta Timur - 1 hari yang lalu

Gempa Berkekuatan 5.0 Magnitude Guncang Sumut Jumat Pagi Ini

POROSJAKARTA.COM, CAWANG - Gempa berkekuatan 5.0 magnitude baru saja mengguncang Sumatera Utara pada Jumat pagi hari..
Bodetabek - 1 hari yang lalu

KPK Geledah Rumah CEO LIPPO James Riyadi, dan Rumah Bupati Bekasi Neneng Hassanah

POROSJAKARTA.COM, BEKASI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah kediaman CEO Lippo Group, James..
Seleberita - 1 hari yang lalu

Ilusi Band Rilis Lagu ‘Bohong’ Saat Suhu Politik Tengah Hangat di Tanah Air

POROSJAKARTA.COM, PADANG - Seperti kerang memendam mutiara, akhirnya Ilusi Band merilis lagu ke tiganya yang berjudul..
Nusantara - 1 hari yang lalu

Satkes Kogasgabpad Bantu Imunisasi 112 Siswa SD di Sumbawa Barat

POROSJAKARTA.COM, SUMBAWA - Satuan Kesehatan Komando Tugas Gabungan Terpadu (Satkes Kogasgabpad) Rehabilitasi dan..
Lihat Semua

Close



Indeks


Close
Close
Close