Minggu, 26 Maret 2017 WIB

Close

Menyusuri Wisata Pantai dari Muara Gembong ke Pantai Tanjung Pakis

Oleh : Merwyn Golan | Mike Wangge | Sabtu, 10 September 2016 | 01:32 WIB



BEKASI, PJ –  Anda pernah mendengar Muara Gembong? Bagaimana dengan Pantai Tanjung Pakis?

 

Bagi yang sudah pernah ke sana, ungkapan berikut ini rasanya tepat : “Muara Gembong dan PantaiTanjung Pakis ibarat dua sisi mata uang yang sama tetapi berbeda”. Jarak antar-keduannya hanya 3 kilometer. Tetapi yang satu, berada di Kabupaten Karawang – Pantai Tanjung Pakis – sedangkan satunya – Muara Gembong - berada di pantai utara Kabupaten Bekasi.

 

Keduanya dibelah oleh sebuah sungai yang melenggenda di republik  ini yakni Sungai Citarum. Lebar sungainya 80 meter lebih. Pada dinding Citarumg sebelah kiri dibangun tembok tinggi berfungsi sebagai  tembok pembendung kemungkinan meluapnya Citarum yang ganas. Bila itu terjadi pastinya Muara Gembong tenggelam.

 

Profil keduanya sangat kontras. Pantai Tanjung Pakis tumbuh dengan pesat menjadi arena pariwisata yang sebentar lagi  akan sangat menakjubkan dunia, sementara Muara Gembong, meski dihiasi sejumlah pantainya yang indah, dengan hutan mangrove dan bakaunya, tetap dipandang kelam, karena rumah-rumah penduduk sering kali terendam oleh air pasang akibat abrasi dan meluapnya Sungai Citarum. Inilah pemandangan kedua daerah yang berdekatan, tetapi  tidak sama.

Bersama tim pelayan dari Stasi Santo Petrus Rasul Tambun-Cibitung (Pak Yossy Wewengkang, Bu Yossy, Pak Sadonodan saya) POROSJAKARTA mengujungi sejumlah lokasi di pantai utara Kabupaten Bekasi ini, yaitu di Muara Gembong dengan sejumlah pantainya yang indah. Kunjungan  langsung menukik ke Pantai Tanjung Pakis, sebelum kemudian ke sejumlah pantai di Muara Gembong dengan corak  dan karakter keindahan yang berbeda dengan Pantai Tanjung Pakis.

Tapi, Anda tak bisa begitu saja menikmati pantai Pakis yang indah ini, bila tidak melewati  MuaraGembong yang profilnya  sementara dianggap agak kelam ini.  Dari Muara Gembong  anda akan diseberangkan oleh penduduk MuaraGembong dengan menggunakan perahu besar.

Hari itu, Selasa tanggal 6 September 2016 mobil APV Suzuki  milik Pak Yossy yang kami tumpangi Ikut diseberangkan oleh perahu besar yang berlayar di atas Citarum  menggunakan tenaga manusia ini. Hanya dengan membayar Rp 25.000 dan dalam waktu tiga menit kami berempat sudah selesai menyeberang,   “melompat” dari Muara Gembong ke sisi terluar Kabupaten Karawang yakni  Desa Pakis.

Luarbiasa bukan…! 

Dari sungai Citarum mobilmenyusuri jalan kampung yang ternyata sudah diaspal dengan baik – karena

Memang memasuki daerah destinasi pariwisata laut yang hebat. Pantai Tanjung Pakis adalah salah satu tempat pariwisata yang ada di Kabupaten Karawang, berlokasi di Desa Tanjung Pakis.  Jarak  pantai ini dengan pusat Kota Karawang 70 km. 

Menuju lokasi pantai tidak ada sarana kendaraan umum. Pemandangannya indah? Ya, tentu saja indah,

dan banyak istimewanya. Di sepanjang Pantai Pakis tumbuh dengan subur warung-warung istimewa. Dalam warung  tersedia makanan  khas Tanjung Pakis, utamanya tentu makanan laut. Tiap warung sudah menyiapkan fasilitas berupa tenda/balai-balai, kamar mandi untuk bilas bagi wisatawan yang berenang di laut, siapkan pula sejumlah peralatan renang, alat pancing. Semuanya diperuntukkan  bagi wisatawan yang ingin mengahbiskan waktunya beristirahat dan bersantai-ria di bibir pantai utara ujung Kabupaten Karawang ini.

Bila tidak ingin masuk di warung, anda bisa gunakan tenda-tenda di bibir pantai yang disiapkan oleh pemilik warung di sana.

Sewatenda?  Oh,.. tidak. Istirahat, bahkan tidur-tiduran di tenda tidak dipungut bayaran. Semua gratis disiapkan bagiwisatawan. Tentu, sebagai “orang timur” mengertilah, bahwa meskipun tenda-tenda tidak bayar, belanjalah di warung. 

Di sana ada hotel “bintang tiga” atau di Jakarta dibilang hotel melati. Tentu ukuran kelas bintang tiga di Jakarta dan di Tanjung Pakis berbeda.  Fasilitas kamarnya hanya satu tempat tidur untuk dua orang, dan kamar mandi/wc. Antara kamar mandi/wc dan kamar tidur tidak dibatasi  pintu, hanya dibatasi tembok  yang bagian atasnya terbuka. Inilah ciri-ciri penginapan di pantura pulau Jawa umumnya. Harga sewa perkamar Rp 100.000,- saja.

Bagaimana dengan Muara Gembong. “Uhuiii…..” Pastinya tidak sama dengan Pantai Tanjung Pakis.

Namun, semua pantai yang ada di sana sangat eksotis dalam pandangan mata. Ada Pantai Muara Benting. Pantai ini terletak di  Desa Pantai Bahagia. Pantai  ini menjadi tempat  faforit  bagi keluarga di Bekasi.

Selain pantainya yang indah, di sana juga ada hutan mangrove yang luas. Di desa yang sama

ini, Desa Pantai Bahagia, masih ada Pantai Muara Bendera.  Selain pantainya indah,juga ada satwa-satwanya. 

Di pantai inilah menjadi tempat persinggahan burung-burung laut yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik. Pemandangan ini bisa anda saksikan antara bulan September hingga Februari. Jika beruntung, Anda juga dapat menjumpai lutung hitam yang langka serta buaya rawa.

Pantai lainnya yakni Pantai MuaraGembong sendiri berlokasi di Desa Sederhana. Kemudian Pantai Mekar. Di pantai ini, - dan juga pantai-pantai lainnya di Muara Gembong - banyak tumbuh vila-vila bagi mereka yang berwisata memancing. Bisa mengingap, bila ingin mendapatkan ikan kakap besar untuk dibawa pulang.

Pendek kata, dari Muara Gembong hingga  Pantai Tanjung  Pakis anda dipastikan puas beriwisata-ria menikmati indahnya pantai utara Kabupaten Bekasi dan Karawang ini.[*Mike Wangge/PJ]


Komentar


Jakarta Timur - 4 jam yang lalu

Sosialisasikan Budaya Betawi, Disparbud Gelar Sapta Pesona

CAWANG, PJ – Pengembangan pariwisata di DKI Jakarta sesuai dengan aturan pelestarian budaya betawi. Untuk..
Jakarta Pusat - 5 jam yang lalu

Organda: Semua Pelaku Usaha Transportasi Ikuti Aturan Permenhub 32

MENTENG, PJ – Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 Tentang transportasi berbasis..
6 jam yang lalu

Pemeriksaan TB Dilakukan Sudin Kesehatan Jakut

TANJUNG PRIOK, PJ – Memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Kegiatan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati (KPLDH)..
Jakarta Selatan - 7 jam yang lalu

Peringatan Hari Air Sedunia Digelar PD PAM Jaya

CILANDAK, PJ – Peringatan Hari Air Sedunia digelar Perusahaan Daerah (PD) PAM Jaya di area Sarana Penampungan..
Jakarta Pusat - 8 jam yang lalu

Wapres Putuskan 36 Cabang Olahraga Asian Games 2018

SENAYAN, PJ – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla sebagai Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018,..
Jakarta Timur - 9 jam yang lalu

Sumarsono: Pemprov DKI Optimis Venue Selesai Tepat Waktu

CAWANG, PJ – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono menyebut, ada tiga hal yang menjadi fokus..
Bodetabek - 10 jam yang lalu

Ini 11 Kesepakatan Damai Sopir Angkot & Driver Ojek Online di Bogor

BOGOR, PJ - Sopir angkot dan driver ojek online di Bogor sudah sepakat berdamai, Hal ini ,menyusul kericuhan yang..
Jakarta Timur - 11 jam yang lalu

Djan Faridz Turun Gunung, Yakinkan Umat Islam Pendukung Ahok-Djarot

CAKUNG, PJ – Untuk mengembalikan kepercayaan warga di DKI Jakarta, partai pendukung pasangan Calon Gubernur DKI..
Nusantara - 11 jam yang lalu

Teladani Figur Hamka Hadapi Gelombang Globalisasi dan Dinamika Bangsa

PADANG, PJ - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH mengajak..
Jakarta Barat - 11 jam yang lalu

Ridho Rhoma Sudah Dua Tahun Menjadi Budak Narkoba

PALMERAH, PJ - Rupanya diam-diam, Ridho Rhoma sudah lama jadi pencandu narkoba. Pengakuannya kepada polisi sudah..
Lihat Semua

Close
Close




Indeks

Close
Close