Minggu, 26 Maret 2017 WIB

Close

SMRC: Dukungan terhadap Ahok Jauh Di Atas Agus dan Anies

Kamis, 20 Oktober 2016 | 16:06 WIB



JAKARTA, PJ - Empat bulan menjelang pemilihan Gubernur DKI berlangsung, posisi petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap jauh lebih kokoh dibandingkan dua pesaingnya.

Bila pemilihan dilakukan saat ini, 44,4% warga Jakarta menyatakan akan memilih Ahok sebagai Gubernur DKI. Suara dukungan terhadap Agus Harimurti Yudhoyono baru mencapai 22,3%, atau berselisih tipis dengan dukungan terhadap Anies Baswedan yang baru mencapai 19,9%.  Sementara 13,4% lainnya menyatakan tidak tahu/rahasia.

Data ini disampaikan oleh Sirojudin Abbas, Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dalam presentasi survei tentang Pilkada DKI 2017, di Jakarta, 20 Oktober 2016. Penelitian opini publik itu sendiri dilakukan pada 1-9 Oktober 2016, dengan jumlah responden 648 orang , yang ditarik secara multistage random sampling.

Tantangan bagi Agus dan Anies untuk mengejar ketertinggalan mereka akan menjadi sulit antara lain karena survey ini menunjukkan bahwa sekitar 70% masyarakat menyatakan, kemungkinan besar tidak akan mengubah pilihannya pada Pilkada nanti.  Hanya sekitar 29% yang menyatakan mungkin untuk mengubah pilihan.

Kuatnya dukung terhadap Ahok ini nampaknya terkait erat dengan tingkat kepuasan warga DKI yang terus meningkat terhadap kerja Ahok. Sekitar 75% warga masyarakat menyatakan cukup/sangat puas dengan kinerja Ahok, yang merupakan peningkatan 5% dari kepuasan terjadap kinerja Ahok pada  Survei Agustus 2016. Sementara yang kurang/tidak puas hanya mencapai 22%.

Kepuasan masyarakat ini juga tercermin dalam hal penilaian mereka terhadap kondisi sarana dan prasarana yang ada di DKI saat ini.  Mayoritas warga menilai bahwa kondisi rumah sakit/puskesmas ((92%), pelayanan di kecamatan/kelurahan (90%), gedung sekolah (90%),  air bersih (89%), jaringan listrik (89%), kondisi jalan (88%), kebersihan dan pengelolaan sampah (80%) berada dalam kategori ‘baik/sangat baik’. Yang rendah hanyalah kondisi kelancaran transportasi (49%).

Langkah-langkah Ahok membenahi Jakarta juga diapresiasi warga. Sekitar 70% persen warga menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani banjir,  79% puas dengan kinerja Pemda DKI menangani sampah,  dan 51% menyatakan yakin bahwa program bea siswa bagi keluarga miskin berjalan dengan baik. Yang masih rendah adalah dalam hal kinerja pemerintah menangani kemacetan. Hanya 22% warga yang menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani kemacetan.

Tingginya dukungan terhadap Ahok terlihat dalam isu konroversial seperti penggusuran/relokasi. Survei ini menunjukkan bahwa 66% warga mendukung kebijakan Ahok dalam hal penggusuran/relokasi tersebut. Walaupun demikian, ketika ditanya soal keputusan reklamasi, ternyata 46% warga menentangnya sementara 37% menyatakan mendukung.

Masyarakat  menyatakan bahwa empat sifat kepemimpinan yang paling penting dimiliki seorang Gubernur DKI adalah: jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi (44,7&), mampu memimpin (17,2%), perhatian pada rakyat (16,2%) serta tegas dan berwibawa (14,5%).

Ternyata di keempat kriteria tersebut, Ahok selalu dinilai lebih unggul daripada kedua calon lainnya. - 66% warga menilai Ahok jujur dan bersih, sementara yang menilai hal tersebut ada dalam diri Agus hanya 44% dan Anies 52%.  - 75% warga menilai Ahok mampu memimpin DKI Jakarta, sementara hanya 46 % warga menilai Agus memiliki kemampuan itu dan Anies 53% - 66% warga menilai Ahok perhatian pada rakyat, sementara hanya 31% warga menyatakan Agus memiliki karakter itu dan Anies 54%. - 88% warga menyatakan Ahok tegas dan berwibawa, sementara 75% warga menyatakan Agus juga memiliki sifat itu dan Anies hanya 58%.  

Ade Armando (0818179479)


Komentar


Jakarta Timur - 4 jam yang lalu

Sosialisasikan Budaya Betawi, Disparbud Gelar Sapta Pesona

CAWANG, PJ – Pengembangan pariwisata di DKI Jakarta sesuai dengan aturan pelestarian budaya betawi. Untuk..
Jakarta Pusat - 5 jam yang lalu

Organda: Semua Pelaku Usaha Transportasi Ikuti Aturan Permenhub 32

MENTENG, PJ – Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 Tentang transportasi berbasis..
6 jam yang lalu

Pemeriksaan TB Dilakukan Sudin Kesehatan Jakut

TANJUNG PRIOK, PJ – Memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Kegiatan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati (KPLDH)..
Jakarta Selatan - 7 jam yang lalu

Peringatan Hari Air Sedunia Digelar PD PAM Jaya

CILANDAK, PJ – Peringatan Hari Air Sedunia digelar Perusahaan Daerah (PD) PAM Jaya di area Sarana Penampungan..
Jakarta Pusat - 8 jam yang lalu

Wapres Putuskan 36 Cabang Olahraga Asian Games 2018

SENAYAN, PJ – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla sebagai Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018,..
Jakarta Timur - 9 jam yang lalu

Sumarsono: Pemprov DKI Optimis Venue Selesai Tepat Waktu

CAWANG, PJ – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono menyebut, ada tiga hal yang menjadi fokus..
Bodetabek - 10 jam yang lalu

Ini 11 Kesepakatan Damai Sopir Angkot & Driver Ojek Online di Bogor

BOGOR, PJ - Sopir angkot dan driver ojek online di Bogor sudah sepakat berdamai, Hal ini ,menyusul kericuhan yang..
Jakarta Timur - 11 jam yang lalu

Djan Faridz Turun Gunung, Yakinkan Umat Islam Pendukung Ahok-Djarot

CAKUNG, PJ – Untuk mengembalikan kepercayaan warga di DKI Jakarta, partai pendukung pasangan Calon Gubernur DKI..
Nusantara - 11 jam yang lalu

Teladani Figur Hamka Hadapi Gelombang Globalisasi dan Dinamika Bangsa

PADANG, PJ - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH mengajak..
Jakarta Barat - 11 jam yang lalu

Ridho Rhoma Sudah Dua Tahun Menjadi Budak Narkoba

PALMERAH, PJ - Rupanya diam-diam, Ridho Rhoma sudah lama jadi pencandu narkoba. Pengakuannya kepada polisi sudah..
Lihat Semua

Close
Close




Indeks

Close
Close