Kamis, 29 Juni 2017 WIB

Close
Close

SMRC: Dukungan terhadap Ahok Jauh Di Atas Agus dan Anies

Kamis, 20 Oktober 2016 | 16:06 WIB



JAKARTA, PJ - Empat bulan menjelang pemilihan Gubernur DKI berlangsung, posisi petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap jauh lebih kokoh dibandingkan dua pesaingnya.

Bila pemilihan dilakukan saat ini, 44,4% warga Jakarta menyatakan akan memilih Ahok sebagai Gubernur DKI. Suara dukungan terhadap Agus Harimurti Yudhoyono baru mencapai 22,3%, atau berselisih tipis dengan dukungan terhadap Anies Baswedan yang baru mencapai 19,9%.  Sementara 13,4% lainnya menyatakan tidak tahu/rahasia.

Data ini disampaikan oleh Sirojudin Abbas, Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dalam presentasi survei tentang Pilkada DKI 2017, di Jakarta, 20 Oktober 2016. Penelitian opini publik itu sendiri dilakukan pada 1-9 Oktober 2016, dengan jumlah responden 648 orang , yang ditarik secara multistage random sampling.

Tantangan bagi Agus dan Anies untuk mengejar ketertinggalan mereka akan menjadi sulit antara lain karena survey ini menunjukkan bahwa sekitar 70% masyarakat menyatakan, kemungkinan besar tidak akan mengubah pilihannya pada Pilkada nanti.  Hanya sekitar 29% yang menyatakan mungkin untuk mengubah pilihan.

Kuatnya dukung terhadap Ahok ini nampaknya terkait erat dengan tingkat kepuasan warga DKI yang terus meningkat terhadap kerja Ahok. Sekitar 75% warga masyarakat menyatakan cukup/sangat puas dengan kinerja Ahok, yang merupakan peningkatan 5% dari kepuasan terjadap kinerja Ahok pada  Survei Agustus 2016. Sementara yang kurang/tidak puas hanya mencapai 22%.

Kepuasan masyarakat ini juga tercermin dalam hal penilaian mereka terhadap kondisi sarana dan prasarana yang ada di DKI saat ini.  Mayoritas warga menilai bahwa kondisi rumah sakit/puskesmas ((92%), pelayanan di kecamatan/kelurahan (90%), gedung sekolah (90%),  air bersih (89%), jaringan listrik (89%), kondisi jalan (88%), kebersihan dan pengelolaan sampah (80%) berada dalam kategori ‘baik/sangat baik’. Yang rendah hanyalah kondisi kelancaran transportasi (49%).

Langkah-langkah Ahok membenahi Jakarta juga diapresiasi warga. Sekitar 70% persen warga menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani banjir,  79% puas dengan kinerja Pemda DKI menangani sampah,  dan 51% menyatakan yakin bahwa program bea siswa bagi keluarga miskin berjalan dengan baik. Yang masih rendah adalah dalam hal kinerja pemerintah menangani kemacetan. Hanya 22% warga yang menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani kemacetan.

Tingginya dukungan terhadap Ahok terlihat dalam isu konroversial seperti penggusuran/relokasi. Survei ini menunjukkan bahwa 66% warga mendukung kebijakan Ahok dalam hal penggusuran/relokasi tersebut. Walaupun demikian, ketika ditanya soal keputusan reklamasi, ternyata 46% warga menentangnya sementara 37% menyatakan mendukung.

Masyarakat  menyatakan bahwa empat sifat kepemimpinan yang paling penting dimiliki seorang Gubernur DKI adalah: jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi (44,7&), mampu memimpin (17,2%), perhatian pada rakyat (16,2%) serta tegas dan berwibawa (14,5%).

Ternyata di keempat kriteria tersebut, Ahok selalu dinilai lebih unggul daripada kedua calon lainnya. - 66% warga menilai Ahok jujur dan bersih, sementara yang menilai hal tersebut ada dalam diri Agus hanya 44% dan Anies 52%.  - 75% warga menilai Ahok mampu memimpin DKI Jakarta, sementara hanya 46 % warga menilai Agus memiliki kemampuan itu dan Anies 53% - 66% warga menilai Ahok perhatian pada rakyat, sementara hanya 31% warga menyatakan Agus memiliki karakter itu dan Anies 54%. - 88% warga menyatakan Ahok tegas dan berwibawa, sementara 75% warga menyatakan Agus juga memiliki sifat itu dan Anies hanya 58%.  

Ade Armando (0818179479)


Komentar


Bodetabek - 3 menit yang lalu

Sudah Berakhir, Kunjungan Khusus Idul Fitri di Lapas Cikarang

BEKASI, PJ - Kunjungan khusus bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 3 Cikarang di Jalan..
Jakarta Timur - 1 jam yang lalu

Dikeluarkan Surat Edaran Kemenhub: Truk Beroperasi 3 Juli 2017

CAWANG, PJ – Truk pengangkut barang yang seyogianya mulai beroperasi tanggal 30 Juni 2017, ditunda menjadi..
Jakarta Timur - 2 jam yang lalu

Kualitas Udara Jakarta Membaik Ditinggal Mudik Warganya

CAWANG, PJ – Kualitas udara di Jakarta sepekan terakhir membaik, saat banyak warga Jakarta mudik ke kampung..
Jakarta Selatan - 2 jam yang lalu

Antisipasi Macet, Kakorlantas Berharap Truk Beroperasi Usai Arus Balik

KEBAYORAN BARU, PJ – Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa berharap para pengusaha baru mengoperasikan angkutan..
Jakarta Utara - 3 jam yang lalu

Empat Preman Pemalak Sopir Taksi Online di Ancol Diringkus Tim Tiger

PADEMANGAN, PJ – Libur Lebaran membuat tempat-tempat wisata di Jakarta membludak dijungjungi wisatawan,..
Jakarta Timur - 4 jam yang lalu

Dishub Siagakan Petugas dan Mobil Derek Atur Lalu Lintas di Lokasi Wisata

CAWANG, PJ - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiagakan 500 petugas di sejumlah tujuan wisata di wilayah..
Jakarta Timur - 5 jam yang lalu

Mengantisipasi Arus Balik, Menhub Minta Truk Beroperasi 3 Juli 2017

CAWANG, PJ - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sedang dikoordinasikan agar operasional truk di jalan..
Jakarta Pusat - 6 jam yang lalu

Hari Ini Jabodetabek Dilanda Hujan Antara Siang Hingga Malam

KEMAYORAN, PJ – BMKG hari ini Kamis 29 Juni 2017, memberi peringatan adanya potensi hujan disertai kilat/petir..
Kongkow - 7 jam yang lalu

Homey Cafe Tempat Tongkrongan Murmer Anak Muda-Mudi

CIRACAS, PJ - Bepergian ke pusat kota tentunya bagi yang berada di timur Jakarta, membutuhkan waktu yang cukup lama..
Nusantara - 8 jam yang lalu

Saat Arus Balik Mudik, Jika Tol Cikampek Macet Exit GT Cikarang Utama Gratis

CIKARANG, PJ – Beberapa pemudik sudah mulai kembali ke Jakarta menjelang Libur Lebaran yang berakhir tinggal..
Lihat Semua

Close
Close
Close




Indeks

Close
Close
Close