Rabu, 28 Juni 2017 WIB

Close
Close

D_Amos, Tas Denim yang Kuat dan Fashionable

Oleh : Aqila Zafira | Rafi Adam | Jumat, 25 Nopember 2016 | 20:34 WIB


HAMIDAH Salsabilah, satu dari sekian banyak enterpreneur muda yang jeli melihat peluang usaha. Dengan bendera D_Amos, dia hadir menawarkan tas denim yang trendi, berkualitas dan fashionable.

Dari sekian banyak pilihan usaha, gadis yang akrab disapa Billa ini mantap memilih produk tas bukan tanpa alasan rasional. Dalam melakoni kehidupan sehari-hari, manusia modern tidak bisa lepas dari tas. Tas bagi manusia sudah menjadi semacam kebutuhan hidup, untuk sekolah, kerja bahkan hanya untuk melengkapi penampilan saja.

“Kini tas juga sudah menjadi fesyen, terutama untuk wanita. Keragaman bentuk tas membuat banyak orang ingin memiliki lebih dari satu, untuk penampilan atau sekedar koleksi,” papar Billa yang memilih berwira usaha ketimbang jadi broker saham ini.

Meski belum genap dua tahun melakoni bisnis ini, namun Billa merasa usahanya mengalami progres yang positif. “Alhamdulillah, semua berkat kerjakeras dan team work yang solid,” ungkap Billa yang kini sudah mempekerjakan 6 orang karyawan.

Hebatnya, Billa menganggap semua karyawannya adalah team work yang satu sama lain saling membutuhkan. “Termasuk saya ada di dalam team work itu. Kami memproduksi tas mulai dari merancang desain sampai proses produksi hingga pemasaran merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan,” jelas Billa mendefinisikan team work di tempat usahanya.

Hasilnya, kini D_Amos sudah memiliki 23 model tas yang dipasarkan melalui cara online dan tersebar di beberapa kota lewat 25 reseller yang selalu repeat order. “Selain Jakarta dan bandung, reseller saya tinggal di Kediri, Malang dan Solo. Bahkan melalui online, ada pembeli yang tinggal di Malaysia dan Saudi Arabia,” jelas Billa yang sedang kejar stok untuk ikut pameran JakCloth di Parkir Timur, Senayan, Jakarta pada 30 November mendatang.

Karyawan adalah team work /ist

Billa berkisah, JakCloth nanti merupakan pameran perdana D_Amos. Sebelumnya dia sempat beberpa kali gagal ikut pameran lantaran tidak bisa memenuhi stok produk untuk pameran. “Saat mau pameran, saat itu juga order online dan reseller sedang tinggi, akhirnya saya tidak bisa stok barang untuk pameran. Nah, untuk JakCloth nanti saya sudah prepare jauh-jauh hari,” ujar Billa yang akan “pajang” semua model tas denim produksinya.

Kuat dan Awet

Jangan menggarami lautan, mungkin itu filosofi Billa sehingga dia memilih bisnis tas denim. Pemilihan bahan denim sebagai ciri khas produknya membuat D_Amos tampil beda diantara brand-brand yang sudah ada.

“Saya pilih bahan denim setelah diskusi dengan calon suami. Bahan denim selain kuat dan awet juga sudah familiar dengan kita. Hampir semua orang pernah menggunakan denim untuk baju dan celana, tapi masih jarang yang gunakan denim untuk tas,” kilah Billa.

Awalnya tidak mudah menggunakan denim untuk berkreasi melahirkan model-model tas yang menarik. Selain warna dan coraknya yang terbatas, mencari bahan baku denim juga butuh usaha keras. “Tapi lama-lama saya semakin menguasai, ternyata dengan keterbatasan itu justru melahirkan ide-ide bagus untuk mendesain tas. Salah satu keunggulan denim, bahannya bisa dipakai bolak-balik dengan corak menarik,” jelas Billa.

Dari 23 model tas yang sudah diproduksinya, menurut Billa semuanya didesain simple dan fun. Jika diklasifikasi model tas D_Amor ada 4 “genre”, vintage, casual, unik dan etnik. “Semua koleksi D_Amos bisa didapatkan di JakCloth nanti dengan penawaran dan promosi khusus. Saya akan beri diskon sampai 30 persen,” promo Billa.

Selain potongan harga, setiap pengunjung D_Amos di JackLoth yang menempati both 23 ST di Blue Area pameran akan mendapat T-shirt cuma-cuma. “Setiap transaksi senilai Rp 150 ribu mendapat satu potong T-shirt. Pembeli bisa memilih T-shirt-nya sendiri. Jika beli tas seharga Rp 300 ribu bisa bawa pulang dua T-shirt,” janji Billa.

Strategi berani itu dilakukan Billa karena menurutnya, hampir semua pengunjung JakCloth datang ingin membeli pakaian, salah satu jenisnya T-shirt. “Nah, jika beli tas D_Amos, selain dapat tas juga dapat T-shirt sesuai selera,” papar Billa sumringah.

Satu hal lagi yang menarik dari cara bisnis D_Amos ini, Billa menyisihkan Rp 5.000 dari setiap penjualan satu unit tas untuk didonasikan kepada kaum dhuafa dan anak yatim. Bentuk kepeduliannya itu diharapkan menjadi jalan keberkahan bisnisnya. “Bulan Ramadhan kemarin D_Amos menyumbangkan 80 paket kebutuhan sekolah berupa tas ransel, buku dan alat tulis kepada sebuah yayasan,” ujarnya.




Komentar


Jakarta Timur - 45 menit yang lalu

Ayook, Segera Daftar Program Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut

CAWANG, PJ – Mudik merayakan Lebaran di kampung halaman tentu saja menguras energi. Untuk keselematan dalam..
Bodetabek - 1 jam yang lalu

Pemkot Bekasi Bakal Gelar Operasi Yustisi Pasca Idulfitri

BEKASI, PJ - Pasca hari raya Idulfitri 1438 H atau tepatnya pada saat arus balik dimulai pemerintah Kota Bekasi akan..
Jakarta Pusat - 2 jam yang lalu

Tugu Monas Dibanjiri Ribuan Pengunjung

GAMBIR, PJ - Ribuan pengunjung memadati kawasan Tugu Monumen Nasional (Monas) yang terletak di daerah Jakarta Pusat...
Jakarta Utara - 3 jam yang lalu

Libur Lebaran, Wisata Religi di Makam Mbah Priok Ramai Dikunjungi Peziarah

KOJA, PJ – Libur Lebaran dimanfaatkan warga Jakarta untuk berkunjung ke tempat-tempat rekreasi. Namun, warga..
Jakarta Selatan - 3 jam yang lalu

Seorang Pria Mau Melompat Pagar Mapolda Jateng Ditangkap

KEBAYORAN BARU, PJ - Aparat kepolisian menangkap seorang pria berinisial MR (32) lantaran hendak melompati pagar..
Bodetabek - 4 jam yang lalu

Bocah Perempuan Tenggelam Berenang di Sungai Cikeas

BOGOR, PJ - Dua bocah perempuan asal Jakarta tenggelam saat berenang di aliran Sungai Cikeas, Desa Cijayanti,..
Bodetabek - 5 jam yang lalu

Macet Total Antrean Kendaraan Dari Pacet Hingga Puncak

CIANJUR, PJ - Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, macet total dengan antrean kendaraan mencapai belasan kilometer..
Jakarta Selatan - 5 jam yang lalu

Pelaku Penyerangan Polda Sumut Bertambah Satu

KEBAYORAN BARU, PJ - Firmansyah Putra Yudi (32) ditetapkan menjadi tersangka kasus penyerangan ke Markas Polda..
Jakarta Utara - 6 jam yang lalu

Wakapolda Metro Mengecek Pengamanan Kawasan Wisata di Ancol

PADEMANGAN, PJ - Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana mendatangi kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta..
Bodetabek - 6 jam yang lalu

Bus Pariwisata di Rest Area Tol Ciawi di Razia Satlantas Polres Bogor

CIAWI, PJ - Puluhan bus pariwisata di rest area KM 45 Jalan Tol Ciawi yang hendak melintasi Jalur Puncak di razia..
Lihat Semua

Close
Close
Close




Indeks

Close
Close
Close