Close
Timnas Vietnam U16 Dibungkam Timnas Indonesia U16 dengan skor 1-2 membuat nasib Timnas Vietnam diprediksi hampir pasti tidak lolos kesemifinal dan tersingkir dari gelaran AFF U-16 2022

Nyesek! Kalah Dari Indonesia, Nasib Vietnam Hampir Pasti Tersisih Di AFF U16 2022

Oleh : Merwyn Golan | Merwyn
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 23:42 WIB


POROSJAKARTA.COM, JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 melakukan comeback terbaik saat menuntaskan laga pamungkas penyisihan fase Grup A Piala AFF U-16 2023 dengan menggilas Vietnam 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam.

Sepanjang 90 menit pertadingan berlangsung sengit. Garuda Asia langsung menggebrak pertahanan Timnas Vietnam. Namun, Timnas Indonesia belum juga mampu menjebol gawan Vietnam. Justru sebaliknya, berkat adanya hadiah penalti, Timnas Indonesia U16 tertinggal lebih dulu 0-1 dari Vietnam. Gol penalti Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41, eksekusinya berhasil.mengecoh kiper Timnas Andika Fathir.

Namun, kerja keras tanpa putus asa tim Garuda Asia ini akhirnya mampu comeback, membalikan keadaan di babak kedua.

Gol Arkhan Kaka dan Nabil Asyura di babak kedua membawa Timnas Indonesia U16 mengalahkan Vietnam 2-1.

Atas kemenangan ini Timnas Indonesia U-16 tidak hanya berhasil keluar sebagai jura grup A, namun juga menyapu bersih 3 laga pertandingan Grup A, termasuk membungkam Vietnam.

Kemenangan Garuda Asia ini sekaligus membuat Vietnam harus menggantungkan nasib ke negara lain. Karena hanya juara grup di tiga grup (A,.B dan C) yang berhak lolos langsung ke semifinal, satu tempat lagi diambil dari tim runner up terbaik.

Vietnam, mereka harus menunggu hasil dari Grup C untuk memastikan mereka lolos atau tidak ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Sekadar diketahui, selain juara Grup A, B dan C, hanya satu runner-up terbaik yang diizinkan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Saat ini, tinggal Vietnam dan tiga kontestan dari Grup C, yakni Malaysia, Myanmar dan Kamboja yang masih berpeluang finis sebagai runner-up terbaik. Setelah melewati dua laga di Grup C, Malaysia dan Myanmar menempati posisi satu dan dua Grup C dengan 4 angka.

Sementara itu, Kamboja duduk di posisi tiga dengan tiga angka. Yang membuat Timnas Vietnam nyaris tidak lolos adalah Malaysia dan Myanmar tidak saling bertemu di laga pamungkas grup C.

Malaysia dan Myanmar akan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 sebagai juara Grup C dan runner-up terbaik asalkan sama-sama menang di laga pamungkas.

Di laga pamungkas fase grup C, Malaysia bersua Australia, sedangkan Myanmar bentrok Kamboja. Jika mereka sama-sama menang, Malaysia dan Myanmar menutup fase grup dengan koleksi tujuh angka, sekaligus menggagalkan Vietnam ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Selamat pulang kampung Vietnam. [PJ/Mer]


Terkini