Bandar Usus Berformalin Dibekuk Polisi

0

Kembangan, PJ – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menggerebek industri rumahan pembuatan usus ayam berformalin yang berlokasi di Jalan Swadarma Raya, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Dari sana, petugas berhasil meringkus tersangka sekaligus pemilik industri usus berformalin berinisial CTW alias Y (30), yang mengaku baru satu tahun beroperasi.

“Berdasarkan informasi dari masyarakat, diketahui bahwa tersangka dengan sengaja membuat atau mengolah usus menggunakan formalin,” kata Kasubdit Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Agung Marlianto di Polda Metro Jaya, Selasa (16/2/2016).

Sebelum dapat dipasok ke pasar, CTW terlebih dahulu mencampur usus ayam tersebut dengan formalin di dalam tong plastik. Setelah tercampur, lalu direbus dan didinginkan beberapa saat menggunakan es batu.

“Maksudnya agar usus ayamnya menjadi awet, tekstur lebih kenyal dan bau amis berkurang,” ujar dia.

Barulah, CTW dapat memasok usus yang sudah dicampur formalin melalui pasar di wilayah Jakarta Barat. Biasanya tersangka menjual usus tersebut seharga Rp 10 ribu per kilogram, dengan untung Rp 5 ribu per kilogram.

“Dengan produksi 70 kilogram per hari, tersangka dapat meraup untung sekitar Rp 6-7 juta per bulan,” jelas Agung.

Dari penggeledahan yang dilakukan, petugas berhasil menyita beberapa barang bukti, diantaranya 70 kilogram usus ayam formalin siap edar, empat tong plastik isi air formalin dan dua unit timbangan.

Atas perbuatannya, tersangka akan disangkakan dengan Pasal 136 huruf b Jo, Pasal 75 ayat (1) UU RI No 18 Tahun 2012 tentang pangan.

“Tersangka akan diancam hukuman pidana maksimal lima tahun penjara atau denda Rp 10 miliyar,” kata Agung.[inl]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here