DKI Jakarta Memiliki Kas Daerah Tertinggi

0

KARET,PJ – Hingga Juni 2016 uang kas DKI yang berada di perbankan mencapai Rp 13,9 triliun, sehingga menjadikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi provinsi yang memiliki uang kas daerah tertinggi.

Presiden RI, Joko Widodo hadir untuk membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas)  VII dengan materi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (4/8/2016), dan Jokowi meminta pemerintah daerah segera menggunakan anggarannya. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

“Ini 10 terbesar provinsi yang menyimpan dananya di bank. Kami mulai buka-bukaan saja,” kata Jokowi, saat membuka Rakornas, di Hotel Sahid, Kamis (4/8/2016).

Ke-10 provinsi yang memiliki dana terbesar adalah DKI Jakarta sebesar RP 13,9 triliun, Jawa Barat Rp 8,034 triliun, Jawa Timur Rp 3,9 triliun, Riau Rp 2,86 triliun, Papua Rp 2,59 triliun, Jawa Tengah Rp 2,46 triliun, Kalimantan Timur Rp 1,57 triliun, Banten Rp 1,52 triliun, Bali Rp 1,4 triliun, dan Aceh Rp 1,4 triliun.

“Ini yang 10 besar simpanannya masih gede. Sekarang kita blak-blakan. Biar semuanya juga ngerti. Pak Basuki, duitnya memang gede tapi nyimpennya juga gede,” ujarnya.

Pada Mei tercatat uang APBD provinsi serta kabupaten/kota tercatat masih sebanyak Rp 246 triliun yang belum digunaan. Nilai tersebut turun menjadi Rp 214 trilin pada Juni. Namun tetap dinilai masih terlalu tinggi anggaran yang belum terserap.

“Ini namanya keterlambatan, realisasi jangan terus-terusan berhenti harus segera dikeluarkan. Kalau uang dikeluarkan akan menambah pertumbuhan ekonomi daerah,” tandasnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here