Standar Keamanan Bus PT Transjakarta Diseragamkan

0

BALAI KOTA, PJ – PT Transjakarta akan membuat standar khusus untuk bus yang dipesan, dilengkapi dengan tombol darurat demi meningkatkan sistem keamanan bus.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono di Jakarta, Rabu (14/12/2016) mengatakan PT Transjalkarta tengah menyiapkan standar keamanan untuk semua bus. Salah satunya terkait dengan perkabelan dan sistem pemutus daya.

“Kami akan membuka suatu standar wiring system yang terintegrasi dengan mesin, bodi, dan AC. Ini sedang dirancang melibatkan beberapa pabrikan dan karoseri,” kata Budi, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Dikatakan, setiap bus nantinya harus ada tombol darurat untuk pemutus daya. Sehingga jika terjadi sesuatu bisa diminimalisir dampaknya. Tombol darurat akan diletakan di tempat yang mudah dijangkau oleh awak bus, baik pramudi maupun petugas on board.

“Kami desain ada beberapa sistem kontrol tersebut. Sementara tombol darurat akan ada di ruang kabin, ruang mesin, dan sumber daya aki untuk memutuskan arus listrik,” tambahnya.

Standar ini dibuat karena bus Transjakarta dipesan dari berbagai merek dan karoseri. Sehingga nantinya letak tombol darurat di semua bus sama. “Kalau tidak dibuat standar nanti karoseri bisa berimprovisasi,” tandasnya.

Standar ini juga akan diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Diharapkan ke depan tidak hanya menjadi standar untuk bus Transjakarta saja, tetapi juga untuk bus lainnya.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here