2.712 Rumah di Depok Tak Layak Huni, 2.151 Akan Terima Bantuan

0

DEPOK, PJ – Di Depok tercatat 2.712 rumah tidak layak huni (RTLH) tersebar di 11 kecamatan dan dari jumlah tersebut yang memenuhi kriteria menerima bantuan 2.151 rumah.

Kepala Sub Bidang Pertanian, UMKM dan Koperasi Bapeda Yuli Puspita Anggraini di Depok, Kamis (15/12/2016) mengatakan baru selesai merampungkan pendataan RTLH di Depok, untuk diperbaiki tahun depan.

Dikatakan, Pemerintah Kota Depok juga telah menggelontorkan Rp 36 miliar untuk memperbaiki 2007 RTLH sampai akhir tahun 2016. Pemerintah memberikan bantuan stimulus Rp 15 – Rp 20 juta.

Dikatakan, adanya pendataan RTLH yang baru, ke depan pemerintah bisa mengukur pemberian bantuan kepada mereka yang benar-benar berhak menerimanya. Syarat rumah yang bisa dibantu di antaranya luas lantai perkapita kurang dari 8 meter persegi, sumber mata air tidak sehat dan akses memperoleh air bersih terbatas.

Selain itu, rumah tidak mempunyai akses MCK, serta bahan bangunan tidak permanen atau dinding dari bambu dan papan. Rumah tidak mempunyai pencahayaan matahari, ventilasi, tidak mempunyai pembagian ruangan, lantai dari tanah atau plesteran dan letak rumah tidak beraturan. “Yang mendapat bantuan harus dicek dulu dan harus sesuai kriteria,” jelasnya.

Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman Bidang Pemukiman dan Tata Bangunan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Suwandi menambahkan tahun ini dibangun 733 unit RTLH di Depok.

Selain Distarkim, pembangunan RTLH juga dianggarkan oleh program nasional penanggulangan kemiskinan, oleh Bappeda. “Dari Distarkim bantuan hanya Rp18 juta per unit,” ujarnya.

Pembangunan telah dilakukan sejak Agustus sampai Desember 2016. Pemerintah mempunyai Pekerjaan Rumah agar Depok terbebas dari RTLH tahun 2021, seperti yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021.

Tahun ini, prosentase RTLH tinggal 1,04 persen. “Tahun 2017-2019 ditargetkan perbaikan 3.000 RTLH,” jelasnya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Depok Mazhaf H.M mengatakan dewan menargetkan Depok, terbebas RTLH tahun 2019. Untuk itu, dewan selalu mendorong anggaran untuk menuntaskan permasalahan RTLH di Depok.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here