Ahok Paparkan Program Kerja Jika Terpilih Kembali Jadi Gubernur DKI

0

MENTENG, PJ – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan jika terpiih kembali maka program yang akan dilaksanakan pada 2017 adalah membangun 200 RPTRA, vila untuk lansia, RS Kanker di bekas lahan Sumber Waras serta berbagai program lainnya.

“Kalau kami masuk lagi, kami langsung akan kejar beberapa hal,” kata Ahok di Rumah Lembang, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Menurut Ahok, program yang pertama adalah membangun 200 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Seperti dalam membangun RPTRA sebelumnya, akan dibiayai melalui dana APBD dan CSR perusahaan swasta.

Juga akan dibangun villa untuk lansia seluas 92 hektar di kawasan Ciangir, Tangerang. Pemprov DKI Jakarta juga akan melanjutkan pembangunan rumah sakit khusus kanker di lahan bekas RS Sumber Waras. Rumah sakit kanker itu akan dilengkapi dengan 500 unit apartemen untuk penderita kanker yang tidak mampu.

“Tahun ini, Jakarta akan memiliki dua perkulakan untuk barangnya dijual ke pedagang. Perkulakan itu berlokasi di Terminal Pulogebang dan Pasar Kramat Jati,” jelasnya.

Pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan masyarakat berpenghasilan upah minimum provinsi (UMP) nantinya dapat menjadi anggota perkulakan. Mereka bisa membeli bahan pokok sesuai harga pabrik.

Dalam perkulakan ini, pemerintah hanya mengambil untung 1 persen saja. Untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga, Ahok akan menyalurkan kredit kepada pelaku Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Bank DKI.

“Kami juga ingin menjadikan rumah susun sebagai pusat industri kecil. Kami masukkan mesin jahit, nanti rusun jadi pabrik konveksi dengan penghasilan Rp 75.000 per hari,” kata Ahok.

Penghasilan tersebut dapat ditabung untuk kebutuhan hidup lainnya. Pada kesempatan itu, Ahok juga berencana membangun pengolahan sampah yang mampu mengolah 3.000 ton sampah per hari.

Adapun pengolahan sampah yang dimaksud adalah Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Jakarta Utara. Pengolahan sampah di sana dilakukan dengan pembakaran melalui teknologi incenerator.

Terakhir, dalam bidang transportasi, direncanakan penambahan rute busTransjakarta, hingga nantinya dapat menjangkau perumahan warga. Dengan demikian warga kelas menengah dapat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Warga lanjut usia juga akan digratiskan biaya menggunakan bus Transjakarta. Kemudian menambah bus Transjakarta dan membangun trotoar yang ramah penyandang disabilitas.

“Bus Transjakarta yang terbaik memang belum bisa penuh tahun ini. Tapi trotoar kami pasti bereskan,” kata Ahok.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here