Debat Pertama Cagub-Cawagub Membahas Masalah Nyata di Jakarta

0

SALEMBA, PJ – Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, mengatakan tema debat pertama pasangan calon gubernur dan calon gubernur DKI Jakarta tema debat pertama terkait dengan masalah pendidikan dan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat, lingkungan dan transportasi, serta masalah sosial ekonomi.

“Alur debat pertama pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada 13 Januari 2017 nanti akan dibagi menjadi enam segmen,” kata Sumarno di Kantor KPU, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2017).

Dijelaskan, segmen pertama, semua pasangan calon akan menyampaikan visi, misi, dan program mereka. Kedua, ada pendalaman visi misi berupa pertanyaan kepada calon yang akan didengar jawabannya.

Pada segmen ketiga, pasangan cagub-cawagub akan diberi pertanyaan tentang permasalahan yang aktual dan faktual, sesuai dengan tema debat. Di segmeb berikutnya, setiap kandidat akan memberikan pertanyaan kepada kandidat lainnya.

“Segmen kelima ada perdebatan, saling menyela, saling mendebat, tapi diatur tidak seperti debat kusir,” jelas Sumarni.

Setelah itu, debat akan ditutup dengan segmen terakhir berupa closing statement dari para kandidat.

Dikatakan, tema pertama mengenai isu lingkungan dan transportasi mencakup soal penanggulangan banjir, pengelolaan sampah, masalah kemacetan, transportasi publik, dan lainnya.

“Masalah sosial ekonomi itu akan mengungkap tentang masalah lapangan kerja, tentang masalah kemiskinan, kesenjangan sosial, masalah keamanan, dan segala macamnya,” ujarnya.

Tema debat pertama sebelumnya diberitakan yakni pembangunan demokrasi dan pemerintahan yang efektif. Namun, Sumarno mengatakan tema tersebut merupakan draft awal yang kembali dikaji.

“Itu baru draf awal, itu tema langit. Kan ngomong misalnya pembangunan demokrasi dan pembangunan yang efektif opo toh itu. Tapi kalo soal sampah, lingkungan, pendidikan, kesehatan, kemacetan, itu real,” tutur dia.

Debat pertama pasangan cagub-cawagub akan diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, (sebelumnya disebut Hotel Borobudur, Jakarta Pusat), mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00 WIB. Debat pertama akan disiarkan langsung oleh TV One, Net TV, dan Jawa Pos TV.

KPU DKI Jakarta akan menggelar tiga kali debat pada masa kampanye. Setelah tanggal 13 Januari, debat berikutnya 27 Januari dan 10 Februari 2017. Setiap debat akan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi secara bergantian.[]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here