Dibangun Gerbang Tol Baru di Cipularang Atasi Macet Akibat Cisomang

0

CISOMANG, PJ – Mengatasi kemacetan yang parah akibat perbaikan Jembatan Cisomang di Km 100 +700, PT Jasa Marga membangun gerbang tol baru di Km 99+400 Tol Cipularang.

Pilar dua (P2) Jembatan Cisomang mengalami pergeseran (deformasi) hingga 57 sentimeter. Selama perbaikan, kendaraan sumbu dua tidak boleh melewati jembatan dan dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Jatiluhur untuk kendaraan dari Jakarta, sedangkan kendaraan dari Bandung dialihkan ke GT Cikamuning. Akibat pengalihan ini, arus lalu lintas di jalur arteri Purwakarta macet total.

“Kami dapat perintah minggu kemarin untuk membersihkan, memperbaiki, dan memperlebar jalan ini. Rencananya akan dibangun gerbang tol baru di sini,” ujar pelaksana Jasa Marga, Hendi, di Purwakarta, Senin (9/1/2017).

Dijelaskan, gerbang tol tersebut dibangun untuk mengatasi kemacetan yang akhir-akhir ini terjadi di jalur arteri Purwakarta.

“Untuk kendaraan dari Jakarta, nanti bisa keluar di (Km) 99 dan masuk setelah Cisomang. Begitupun kendaraan dari Bandung, bisa keluar Cikamuning dan masuk di Km 99,” jelasnya.

Sebenarnya, sambung Hendi, jalur yang akan dijadikan GT di Km 99 sudah lama. Awalnya, jalur tersebut akan digunakan untuk jalur evakuasi bila terjadi sesuatu.

Saat ini, jalur tersebut akan diperbesar menjadi dua lajur seluas 8 meter x 600 meter. Rencananya, perbaikan selesai dalam sebulan dengan fasilitas dua gardu tol.

“Ada beberapa tahapan, mulai dari pembersihan, penggalian, pengerasan, pemasangan gardu, dan lampu-lampu. Saat ini, perbaikan baru memasuki tahap pembersihan,” katanya.[]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here