Mudik Lebaran Tahun Ini, Jakarta-Semarang Bisa 6-7 Jam

0

CAWANG, PJ – Dibukanya 3 ruas tol baru secara fungsional pada mudik tahun ini bisa memangkas lamanya waktu perjalanan menuju kampung halaman. Tiga ruas jalan tol Jakarta-Semarang yang bisa dilalui secara fungsional pada mudik Lebaran tahun ini, antara lain Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Pada mudik Lebaran mendatang, pengemudi bisa menempuh waktu perjalanan Jakarta-Semarang sekitar 6-7 jam. Perhitungan ini dengan perkiraan jarak tempuh Jakarta-Brebes Timur 3-4 jam, kemudian disambung melewati tiga ruas jalan tol fungsional sepanjang 150 km selepas Brebes Timur dengan kecepatan rata-rata 40-50 km per jam.

“Kalau sekarang belum lah, kalau fungsional ada jalan yang mudah. Kecepatan rata-rata tapi nggak bisa 80 km per jam, 40-50 km per jam bisa, dari situ dikira-kira waktunya,” kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna di Semarang, Senin (9/1/2017).

Pembangunan tol Batang-Semarang dimulai Juni 2016, groundbreaking secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pembangunannya sudah mencapai 12,4% per 31 Desember 2016. Angka ini lebih cepat dari target di kontrak yang ditargetkan 4,8%.

Pengoperasian tol Batang-Semarang secara penuh ditargetkan pada 2018 mendatang. Dengan demikian, waktu tempuh Jakarta ke Semarang bisa dipangkas menjadi hanya sekitar 6 jam.

Para pengguna jalan bisa menggunakan jalan tol mulai dari Cikampek hingga Semarang tanpa harus ke luar melewati jalan nasional.

Menurut perhitungan, Jakarta-Brexit (Brebes Timur)kilometernya sekitar 280. Kalau dibagi dengan kecepatan 100 km per jam, dapat ditempuh sekitar 3-4 jam. Kalau ke Semarang tambah 150 km, kalau 150 itu bisa ditempuh 80 km per jam bisa satu setengah jam, ya 5-6 jam Jakarta-Semarang.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here