Proyek Underpass Tambun Selesai Maret 2017

0

BEKASI, PJ – Masyarakat Kecamatan Tambun Selatan tidak gembira dengan selesainya proyek underpass di Stasiun Kereta Api Tambun. Pasalnya, proyek tersebut sudah dikerjakan selama lima tahun. Mestinya selesai 2015, tetapi justru di tahun tersebut pengerjaannya terhenti.

Demikian sejumlah warga yang diwawancarai di seputar Stasiun KA Tambun pada Rabu (11/1/2017). Menjawab pertanyaan, apakah anda senang proyek ini akan selesai pada Maret 2017, Sejumlah pemuda yang berada di seputar stasiun tidak antusias mejawab senang.

Mereka malah “ngoceh”, “Pak, siapa yang senang. Gara-gara, proyek itu belum selesai seluruh warga Tambun Selatan sangat dirugikan sekali. Bayangkan selama lima tahun kami tidak lewat jalan itu, dan harus bermacet-ria pada jalan-jalan tikus dari rumah untuk menempuh jalan utama di Pasar Tambun. Siapa yang senang pak,” tukasnya.

Proyek underpas sendiri sempat terhenti cukup lama. “Mudah-mudahan selesai tepat waktu pada Maret nanti,” kata Evi Mutia, Kepala Subbidang Tata Ruang dan Infrastuktur pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, proyek tersebut sempat mangkrak sejak Mei 2015 silam, lantaran pemerintah pusat gagal melakukan lelang, sehingga tahun ini kembali dilelang. Ia mengatakan, keberadaan proyek tersebut cukup vital, sebab selain akses menuju Stasiun Tambun, yaitu menuju Pasar Tambun maupun jalur pantai utara.

Otomatis jalur tersebut setiap hari cukup padat, apalagi tak lama kemudian kereta commuter line akan melintas. Sehingga, otomatis rawan terjadinya kecelakaan kereta. Menurut Evi, pemerintah telah membebaskan lahan seluas 1,2 hektar sebagai penunjang pembangunan underpass.

Lahan itu berada di sisi selatan dan utara rel kereta api yang notabene merupakan pemukiman warga. Pemerintah menghabiskan anggaran sebesar Rp 15 miliar pada APBD 2014 lalu. “Makanya cukup disayangkan bila sempat mandek,” kata dia.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Joice Hutajulu, membenarkan kalau proyek pembangunan underpass itu sempat mangkrak sejak 2015 silam. Namun, kata dia, tahun ini pembangunannya dilanjutkan. “Tahun ini dilanjutkan, mudah-mudahan akhir tahun selesai,” kata Joice. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here