WNA Diperbolehkan Miliki E-KTP

0

DEPOK,PJ – Warga Negra Asing (WNA) yang menetap dan sudah mengantongi izin tinggal di Indonesia dari kantor imigrasi sekarang sudah dapat mengurus E-KTP yang berlaku selama satu tahun.

“Pembuatan E-KTP untuk WNA tentunya hanya untuk mereka yang telah resmi mengantongi izin tinggal tetap di Indonesia sesuai peraturan dari kantor Imigrasi , jika tidak tentunya tak diberikan,”  ujar Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok Diarmansyah, Selasa 10/1/20176

Diarmansyah mengatakan, masa berlaku E-KTP untuk WNA berlaku hanya satu tahun dan jumlah yang sudah mendapatkan E-KTP di Kota Depok hingga tahun 2016 tercatat sekitar 735 orang. Mereka mendapatkan E-KTP karena telah memiliki izin tinggal tetap dari Imigrasi atau sudah mengantongi KTP Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Menurut Diarmansyah, mereka yang telah mengantongi izin tetap dari kantor Imigrasi maupun memiliki SIAK dapat melaporkan diri ke Disdukcapil untuk dibuatkan E KTP dengan melakukan perekaman diri agar tercatat seperti lainnya.

Ditambahkannya, umumnya E KTP yang diterbitkan untuk WNA memiliki blanko yang sama dengan E KTP untuk WNI yang membedakannya hanya jangka waktu berlaku yang satu tahun dan asal warga Negara. “ Jika di E-KTP untuk WNI mencantumkan masa berlaku seumur hidup untuk E-KTP WNA disesuaikan dengan izin tinggal yang dimiliki,” jelasnya.

Semua itu tertuang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia , yakni Pasal 63 Undang – undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang adminitrasi kependudukan . Dan untuk WNA yang ingin memperpanjang masa berlaku E-KTP diwajibkan juga memperpanjang Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) dari imigrasi. ‘’ Umumnya SKTT hanya berlaku satu tahun jadi jika masa berlaku SKTT tentunya masa berlaku E-KTP juga habis,’’ pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here