Dewan Transportasi Kota Jakarta Rekomendasikan Perluasan Pelarangan Sepeda Motor

0
14

CAWANG, PJ – Guna mendaorong peningkatan pengguna angkutan umum di Ibukota. Perluasan pelarangan jalan untuk kendaraan roda dua direkomendasikan oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Selain pelarangan melintasi Jalan Merdeka Barar dan MH Thamrin, DTKJ juga merekomendasikan untuk diberlakukannya pelarangan melintasi sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Ketua DTKJ, Iskandar Abubakar mengungkapkan, perluasan pelarangan jalur kendaraan roda dua ini untuk mendorong peningkatan pengguna angkutan umum. Diharapkan, nantinya warga yang bekerja di kawasan tersebut dapat beralih menggunakan angkutan umum.

“Kita rekomendasikan ditambah ke Jalan Sudirman. Mulai dari Bundaran HI hingga Senayan harus bebas roda dua,” ujar Iskandar, Selasa (1/8/2017).

Saat ini, kata Iskandar, separuh dari pengguna kendaraan pribadi adalah premotor. Agar target 40 persen trip perjalanan menggunakan angkutan umum bisa tercapai pada 2020 mendatang. Iskandar juga berharap rekomendasi ini bisa segera diberlakukan.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mendukung rekomendasi itu. Sebab, berdasar data yang dimilikinya, pertumbuhan roda dua sekitar 15 ribu per hari.

“Jumlahnya sekarang mencapai 7-8 juta unit. Ini harus diatur agar tidak memicu kemacetan,” tandas Djarot. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here