Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Wisata Alam Kekinian yang Lagi Hits dan Viral

0
Air Terjun Sedudo atau Sedudo Waterfall (Foto/Dok-Alfan Cell)

POROSJAKARTA.COM, NGANJUK – Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan objek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Nganjuk.

Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Kini Air Terjun Sedudo atau Sedudo Waterfall menjadi destinasi kekinian wagi warga Nganjuk.Sentuhan ciamik perpaduan konsep wisata alam dan sentuhan tangan manusia yang Hits dan Intragamable…

Unggahan Badrus Syafak Sawahan di Grup Facebook “Sawahan My Love” yang mendapat respon luar biasa dari warganet (Foto/Secreenshoot-Facebook- Badrus Syafak Sawahan)

Salah satu anggota grup Facebook,  Badrus Syafak Sawahan membagikan video ke grup “Sawahan My Live” Vidieo ini Viral dengan mendapat Like 3 ribu dan 4.805 Kali Dibagikan.

“Sedudo pagi ini…… dengan tampilan baru semoga bisa meningkatkan kecintaan kita pada keindahan sawahan. Terlepas pada proyek pembangunan yang mungkin belum memuaskan. salam SML,” tulis Badrus Syafak Sawahan di laman Facebooknya di posting ke grup Sawahan My Love, Jumat (9/2/2018).

Meski, masyarakat di sekitar Air Terjun Sedudo masih mempercayai, air terjun ini memiliki kekuatan supra natural dan lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa).

Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Setiap Tahun Baru Jawa, Air Terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Namun, hingga saat ini, Air Terjun Sedudo mendapat tempat di hati masyarakat luar, dari banyaknya wisatawan yang dari luar Nganjuk, untuk menikmati keindahan alam Sedudo Waterfall yang makin Hits dan kekinian. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here