Ganjil Genap Tol Bekasi Lancarkan Lalu Lintas 20%

0
18

BEKASI BARAT, PJ – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan sistem ganjil genap yang diterapkan di gerbang tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat, akan membuat jalan tol lebih lancar sekitar 20%.

“Kebijakan di Bekasi Timur dan Bekasi Barat akan menurun atau naik level of service atau lebih lancar sekitar 20%. Di Kalimalang akan ada peningkatan sedikit untuk awal-awal ini,” kata Royke Lumowa di Pintu Tol Bekasi Barat 1, Senin (12/3/2018).

Menurut Royke, hari ini seharusnya sudah dilakukan penegakkan hukum, tetapi anggota Satlantas masih melihat situaai di lokasi sebelum melakukan penindakan hukum. Pelanggar hanya diarahkan untuk memutar kendaraanya sebelum masuk ke Tol Bekasi Barat.

“Sebenarnya sudah dilakukan penegakan hukum, tapi kami kan tidak menjebak. Kami mengarahkan. Masih ada satu dua yang lupa tidak tahu dan kita masih beri kesempatan untuk berputar balik jadi tidak masuk ke dalam lajur larangan, kita beri kesempatan,” kata Royke.

Dikatakan, antisipasi petugas untuk menangani kemacetan di jalur-jalur arteri sudah dilakukan. Sebanyak 310 anggota polisi lalu lintas disebar di titik-titik krusial seperti di Jalan Kalimalang.

Royke berharap masyarakat mulai berpindah ke mode transportasi umum. Kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan ganjil genap bisa memarkir kendaraannya di Mega City Bekasi untuk beralih menggunakan mode transportasi umum yang disediakan.

“Lambat laun masyarakat akan beralih ke angkutan umum. Itu harapan kami. Kita rangsang awal-awal dengan persiapkan bus premium dengan tarif  Rp 20 ribu. Tidak boleh berdiri, semua dapat tempat duduk,” kata Royke.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here