Hasto : Pers di Indonesia Diharapkan Berperan Aktif Sebagai Pilar Demokrasi

0
24
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto/Ist)

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Pers di Indonesia diharapkan berperan aktif sebagai pilar demokrasi. Hal tersebut, diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

Hasto menuturkan, pers telah berperan penting dalam setiap fase perjuangan bangsa Indonesia. Hal itu berlangsung sejak era perebutan kemerdekaan hingga menghadapi masa-masa rezim yang represif pasca-kemerdekaan.

“PDI Perjuangan berharap pers dalam situasi demokrasi politik yang diwarnai oleh kompetisi tidak sehat, liberal, dan penuh dengan ambisi kekuasaan, diharapkan mampu hadir sebagai oase demokrasi bagi hadirnya kehidupan sosial kemasyarakatan,” ujar Hasto seperti dilansir Kompas.com, Jumat (9/2/2018).

Menurutnya, di era indistrialisasi media saat ini, pers diharapkan konsisten dalam membela kepentingan nasional dan tak terjebak dalam pragmatisme. Karena itu, pers diharapkan terus bekerja dengan landasan nilai-nilai Pancasila sehingga terbebas dari praktek-praktek pragmatisme.

Hasto menambahkan, diharapkan ada upaya serius dari berbagai pihak untuk menyejahterakan insan pers.

“PDI Perjuangan juga berharap adanya upaya serius untuk peningkatan kesejahteraan insan pers,” tandasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here