Kemenperin Pacu Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Tengah

0
18
Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto Airlangga saat memberikan kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018). (Foto/Dok-Kemenperin)

POROSJAKARTA.COM, CAWANG – Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto memberikan kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018). Di hadapan mahasiswa Airlangga sempat memaparkan tentang kesuksesan salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah, yakni Morowali. Di wilayah tersebut, saat ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang meningkat pesat.

“Pertumbuhan di Morowali mencapai 60 persen atau 12 kali dari pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena ditopang oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawasan industri Morowali. Jadi, ada nilai tambah yang tinggi. Kita punya tambang nikel yang diolah menjadi stainless steel,” kata Airlangga dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Airlangga mengatakan, industri smelter nikel di Morowali telah dikenal hingga mancanegara dengan kualitas produknya nomor satu di Asia Tenggara. Untuk itu, Airlangga berharap, generasi muda ikut berperan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kami mendorong agar mahasiswa menyiapkan diri menjadi pemimpin di masa depan dengan aspirasi Industri 4.0 sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0,” jelasnya.

Menurutnya, Kemenperin telah membangun Politeknik Industri Logam Morowali agar menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten sesuai kebutuhan industri di kawasan tersebut, sehingga mudah melakukan penyerapan tenaga kerja.

“Kami berharap juga para mahasiswa Universitas Tadulako dapat menjadi entrepreneur yang mengisi KEK Palu, terutama usaha yang berbasis furnitur karena kami telah membangun Pusat Inovasi Rotan Nasional (PIRNas),” tandasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here