Mulai Bulan Ini, Sebagian Wilayah Indonesia Masuki Musim Kemarau

0
15

KEMAYORAN, PJ – Bulan April 2018, sebagian wilayah di Indonesia memasuki musim kemarau, yang ditandai dengan berakhirnya La Nina di Samudera Pasifik bagian tengah.

“Iklim di wilayah Indonesia bersifat normal dengan berakhirnya La Nina. Memasuki musim kemarau, BMKG memprediksikan dan menginformasikan kepada masyarakat bahwa sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau awal bulan April 2018,” kata Deputi Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Herizal dalam keterangannya, Selasa (17/4/2018) malam.

Dikatakan, awal musim kemarau tidak terjadi secara seragam di tiap daerah. Wilayah Indonesia tengah seperti NTT, NTB, dan Bali yang pertama memasuki musim kemarau.

“Daerah yang pertama kali memasuki kemarau adalah NTT, NTB dan Bali, kemudian secara perlahan ke arah barat dan utara ke Pulau Jawa, sebagian Sulawesi, sebagian Kalimantan dan Sumatera yang memasuki awal kemarau bulan Mei. Demikian juga sebagian Papua,” ujar Herizal.

Hingga awal April, sirkulasi angin regional sudah didominasi angin monsun Australia (timuran) hampir di sebagian besar wilayah Indonesia bagian selatan khatulistiwa. Angin timuran membawa massa udara kering dari Benua Australia yang mengalami transisi menuju musim dingin.

BMKG memberi penjelasan terkait suhu permukaan yang terasa panas. Ini dikarenakan angin timuran yang membawa udara dengan tingkat kelembaban yang kurang dan mempengaruhi hingga dekat permukaan.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here